Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Ud. Bagas Bagus Kerambitan Tabanan
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of service quality and store atmosphere partially and simultaneously on customer satisfaction. The research location is at UD. Bagas Bagus Kerambitan Tabanan. The sample used was 96 respondents with the Slovin formula method. Data was collected through observation, interviews, literature study, document study, and questionnaires. The data analysis technique used is Multiple Linear Regression. Based on the results of the study, the results obtained: (1) service quality has a significant positive effect on customer satisfaction, where the t value is 4.583 and sig 0.000. (2) store atmosphere has a significant positive effect on customer satisfaction, where the t value is 4.141 and sig 0.000. (3) simultaneously service quality and store atmosphere have a significant effect on customer satisfaction, where the F value is 53,556 and the significance is 0,000. The magnitude of the influence of the independent variables on consumer satisfaction is 52.5%. Suggestions in this research is UD. Bagas Bagus Kerambitan Tabanan is expected to provide training to employees and supervise employees at work, expand parking spaces, always offer quality and varied products.
References
Astuti, W. W. 2012. Analisis Kepuasan Pelanggan Mengenai Kualitas Pelayanan Service Excellent Komputer Semarang. Management Analysis Journal, Volume 1 No.1 Hal.1–6.
Diwangkoro E. 2016. Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Kopi dan Kualitas Pelayanan di Café Kopi Garasi Candi Winangun Ngaglik Sleman Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Erfiana, Widya Ika, Sucipto dan Dhita Morita Ikasari. 2014. “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Restoran Jepang Saboten Shokudo Malang”. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. Malang: Universitas Brawijaya.
Fajriah, Siti. 2015. Pengaruh Store Atmosphere dan Dimensi Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di Waroeng Taman Bogor. Skripsi tidak diterbitkan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Ferdian, Franky Budi. 2006. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Pada Cafe Embargo Di Bandung. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.
Ferdinand, A. 2011. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gautama, V., Surjani, R. M., dan Hidayat, M. A. 2012. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan di Papaya Fresh Gallery Margorejo Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Volume 1 No.1 Hal.1–15.
Hadiati, Sri dan Sarwi Ruci. 2006. Analisis Kinerja Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Telkomsel Malang Area. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 1 (1) . 56 - 64.
Haryanto Avita Resty. 2013. Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mc’donalds Manado. Universitas Sam Ratulagi Manado.
Henry Eko Siagian, Rudi Wahono dan Meta Erlita. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Di Bravo Resto. Syntax Idea : p–ISSN: 2684-6853 e-ISSN : 2684-883X Vol. 2, No. 5 Mei 2020
Irena, F., Listiono, S., M, D. S. S. M., Pemasaran, P. M., Petra, U. K., dan Siwalankerto, J. 2015. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Variabel Intervening Di Libreria Eatery Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Volume 1 No.1 Hal.1–9.
Isra Sumayyah. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Pada 404 Eatery And Coffe, Jakarta Timur”. Jurnal Administrasi Bisnis
Julius, Yosandi. 2012. Analisis Pengamh Kualitas Pelayanan dan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Berbelary'a Di Supermarket. Jumal Ekonomi dan Keuangan. Vol. 16 (3): 294-312.
Lishanti, Winda. 2013. Pengaruh Store Atmosphere, Store Location, dan In-Store Emotional Experiences Terhadap Store Attitude Pada Speciality Store “STROBERI” Tunjungan Plaza Surabaya. journal.wima.ac.id
M.A.R. Satrya dan N.L.W.S. Telagawathi 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan KFC. Bisma: Jurnal Manajemen, Vol. 7 No. 2, Bulan Oktober Tahun 2021
Maria Kristiana. 2017. “Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya”. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN).
Nofiawaty, dan Yuliandi, B. 2014. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Outlet Nyenyes Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, Volume 12 No.1 Hal.1–19.