Analisis Minat Beli Ulang pada Sektor Usaha Kuliner
Abstract
This study aims to determine the effect of product quality and service quality on customer satisfaction and repurchase interest. This research was conducted at the Sentana Jahen Restaurant located in Penatih Village, East Denpasar District, Denpasar. The population in this study was 13,446 customers and by using the Slovin formula, the sample size was determined to be 99 people using the accidental sampling technique. Data was collected by interview and questionnaire method using a five-choice Likert Scale. After testing the instrument, it is continued with partial hypothesis testing using path analysis and Sobel test to test the role of customer satisfaction as a mediating variable. The results of the analysis prove that all the hypotheses proposed are acceptable and customer satisfaction can increase the influence of product quality and service quality on repurchase interest.
References
Dennisa, E. A., & Santoso, S. B. (2016). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang).” Diponegoro Journal of Management, 5(3), 997–1009.
Dewi, P. S. A., & Suprapti, N. W. S. (2018). “Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Yang Dipengaruhi oleh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merek (Studi Pada Produk Smartphone Merek Oppo).” Matriks: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(2), 87–98.
Fauzi, M. R., & Mandala, K. (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan.” E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6741–6761.
Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. (2019). “Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan).” Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(1), 24–31.
Hoe, L. C., & Mansori, S. (2018). “The Effects of Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty: Evidence from Malaysian Engineering Industry.” International Journal of Industrial Marketing, 3(1).
Imron, I. (2019). “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang.” Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28.
Indraswari, I. G. A. I., & Ardani, I. G. A. K. S. (2019). “Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Honda Denpasar Agung.” E-Jurnal Manajemen, 8(5), 3166–3192.
Juniantari, N. L. P., & Anggraini, N. P. N. (2020). “Pengaruh Service Quality Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pengguna Jasa Transportasi Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Ganesa Transport.” JUIMA :Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 1–16.
Kusyana, D. N. B., Purwaningrat, P. A., & Sunny, M. P. (2020). “Peran Kualitas Layanan Dalam Menciptakan Loyalitas Mahasiswa.” Widya Manajemen, 2(1), 10–27. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v2i1.546
Mustapa, A., Paramita, P., & Hasiholan, L. B. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk, Dan Keragamaan Produk Sparepart Toyota Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pelanggan PT. New Ratna Motor Semarang).” Journal of Management, 4(4).
Pratiwi, K. A., Suartina, I. W., Kusyana, D. N. B., & Dewi, I. A. M. S. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pada Ratu Hotel (Ex. Queen Hotel) Denpasar Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Intervening.” Bisma: Jurnal Manajemen, 6(1), 17–30.
Ramaputra, B., & Ds, A. H. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada E-Cinema Entertainment Plaza Semarang).” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(1), 100–107.
Rinaldi, A., & Santoso, S. B. (2018). “Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Traveloka di Kota Semarang).” Diponegoro Journal of Management, 7(2), 1–14.
Sari, M. R., & Lestari, R. (2019). “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang Konsumen Keretaapi Kelas Eksekutif Argo Parahyangan.” Oikonomia: Jurnal Manajemen, 15(1).
Sari, R. K., & Hariyana, N. (2019). “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping Pada Remaja Di Situbondo.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(2).
Setiawan, W., & Safitri, K. (2019). “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Beras Batang Gadis Di Agen S. Riyadi Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(3), 223–231.
Subali, I. N., & Suartina, I. W. (2021). “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Grab Di Denpasar (Studi Pada Pelayanan Grab di Kota Denpasar).” Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2), 491–500.