Dampak Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Berkunjung Kembali Melalui Kepuasan Pelanggan

  • Ni Kadek Ayu Yulianti Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Ida Ayu Putu Widani Sugianingrat Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Revisit Intention, Service Quality, Price, Satisfaction

Abstract

Return visits made by customers are a form of loyalty shown by consumers. This will be very helpful in improving business development in the future. The purpose of this research is to find out how the influence of service quality and price on interest in revisiting through customer satisfaction at the Eva Beauty Salon in Tegallalang Gianyar. The total population is 1,859 people who are all visitors throughout 2021 and the number of samples is 95 people who are obtained by the Slovin formula and will be selected by the purposive sampling method. The test will be carried out using the path analysis method and also the Sobel test. The results found are that directly or indirectly, the quality of service and also the price is able to have a positive and also significant influence on interest in revisiting through papal mediation. It is suggested that companies can improve satisfaction, service quality, and price adjustments to increase consumer interest in visiting again.

 

 

References

Alvianna, S., & Alviandra, R. (2020). “Pengaruh Destinasi Wisata Dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Kampung Wisata Topeng Malang.” Seminar Nasional Kepariwisataan, 1(December), 248–257.

Alvianna, S., & Hidayatullah, S. (2021). “Pengaruh Kualitas Harga Layanan Dan Kepuasan Terhadap Pengaruh Kualitas Harga Layanan Dan Kepuasan Terhadap Kesetiaan Usia Millenial Berkunjung Ke Tempat Wisata.” Media Wisata, 18(1), 69– 80.

Ambarwati, I. A. T., Kawiana, I. G. P., & Mahayasa, I. G. A. (2022). Mediasi Kepuasan Konsumen Pada Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Pada PT Prisma Elektrika Bali. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(3), 832-843.

Baskara, R. F., Mardiatmi, B. D. A., & Argo, J. G. (2021). “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Aplikasi Traveloka.” Korelasi (Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 2(1), 1645–1659.

Berliana, P. N., Suharyati, & Handayani, T. (2020). “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Jne Cabang Corolet, Daerah Tangerang Selatan).” Prosiding Biema, 1(1), 440–546.

Berlianto, M. P. (2018). “Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan, Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Industri Kecantikan Margaretha.” Journal Of Management and Business Review, 15(2), 260–275.

Darojat, I. (2020). “Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Citra Raya Water World).” Dynamic Management Journal, 5(1), 23–37.

Dewi, N. K. A. S., & Wulandari, N. L. A. A. (2021). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hidden Garden Agro Cafe Baturiti Tabanan Bali.” Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2), 717–728.

Dewi, N. L. P. N. S., Agustina, M. D. P., & Kusyana, D. N. B. (2021). Memaksimalkan Kinerja Karyawan Melalui Peningkatan Employee Engagement Dan Budaya Organisasi. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2), 550–560.

Firatmadi, A. (2017). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus PT. Pelita Air Service).” Journal Of Business Studies, 2(2), 80–105.

Firdiyansyah, I. (2017). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam.” Jurnal Elektornik Rekaman (Riset Ekonomi Bidang Manajemen Dan Akuntansi), 1(1), 1–9.

Gofur, A. (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat, 4(1), 37–44.

Gultom, H. C., Sakti, R. D. K., & Prabowo, H. (2021). “Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Hotel Chanti Semarang 2020.” Buletin Bisnis & Manajemen, 7(2), 118–125.

Ichsan, R. N., & Nasution, L. (2022). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Kurnia Aneka Gemilang Tanjung Morawa.” Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (Jehss), 4(3), 1281–1288.

Irfan, A. M. (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Yang Diberikan Kenari Waterpark Bontang Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan.” Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 82–97.

Istikhomah, D., & Susanta, H. (2019). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali Melalui Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Pengunjung Ekowisata Taman Air Indonesia, Tlatar, Kabupaten Boyolali.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 1–8.

Juliani, N. P., & Kawiana, I. G. P. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen.” Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(1), 129–138.

Kusyana, D. N. B., Purwaningrat, P. A., & Sunny, M. P. (2020). Peran Kualitas Layanan Dalam Menciptakan Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Widya Manajemen, 2(1), 10–27.

Marpaung, B. (2019). “Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Keselamatan Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Interventing Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan.” Jurnal Penelitian Manajemen, 1(2), 144–156.

Murwanti, S., & Pratiwi, A. P. (2017). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Service Motor Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Bengkel Motor Ahass Cabang Ums).” Manajemen Dan Bisnis, 207–227.

Novi, H. E., & Sutrisn, E. (2017). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Expedisi Di Pekanbaru (Studi PT. Jne (Jalur Nugraha Ekakurir) Pekanbaru).” Jom Fisip, 4(2), 1–15.

Rahmadani, F., Suardana, I. M., & Samudra, H. (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Ud. Eva Group Mataram.” Jurnal Borneo Cendekia, 3(2), 40–46.

Riyanti, N. K. I., Kusuma, I. G. A. N. T., & Rihayana, I. G. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Niat Berkunjung Kembali Di Villa Rendezvous Bali.” Widya Amerta Jurnal Manajemen Fak. Ekonomi, 7(1), 84–99.

Saputro, W. E., Sukimin, & Indriastuty, N. (2020). “Analisis Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan).” Jurnal Geoekonomi, 11(1), 56–73.

Suartina, I. W., Mahayasa, I. A., Tuty, T. I., & Wilyadewi, I. I. D. A. Y. (2019). Peningkatan Kualitas Layanan, Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Konsumen Melalui Pelatihan Softskill (Program Pengabdian Kepada Masyarakat Pada BKS LPD Ubud). Jurnal Sewaka Bhakti, 2(1), 8-20.

Sukarsih, N. K. O., & Suputra, G. A. (2021). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Habitat Ubud.” Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(3), 861–872.

Waluyo, T. (2020). “Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Membangun Minat Berkunjung Kembali : Studi Pada Hotel X Kota Pekalongan.” Ilmu Dan Budaya, 41(71), 8463–8494.

Yanti, N. W. E., & Puja, I. M. S. (2021). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Percetakan Ud. Wipra Print Karangasem.” Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(3), 943–953.

Published
2023-04-01
How to Cite
Yulianti, N. K., & Sugianingrat, I. A. (2023). Dampak Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Berkunjung Kembali Melalui Kepuasan Pelanggan. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(4), 672-686. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24