Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di UD. Paon Kembar Desa Peguyangan Kangin Denpasar

  • Kadek Hary Krismantara Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • I Wayan Suartina Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • I Gede Aryana Mahayasa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Quality of Service, Product Quality, Satisfaction

Abstract

The purpose of this study is to find out how the influence of service quality and product quality on consumer satisfaction both partially and simultaneously. The number of samples taken was 91 respondents. The data analysis techniques are validity test, reliability, classical assumption test, multiple linear regression analysis, multiple correlation, t test (t test), determination, and f test (f test). The test results showed that there was a positive and significant influence between the quality of service on customer satisfaction as seen from the t1-count was 5.236 > t-table 1.671 and the sig value of 0.000 so that the first hypothesis was accepted. There is a positive and significant influence between product quality on consumer satisfaction from the t2-count is 3.231 > t-table of 1.671 and the sig value of 0.001 so the second hypothesis is accepted. There is a positive and significant influence between service quality and product quality on consumer satisfaction as seen from the F-count is 31,969 > 3.11 so the third hypothesis is accepted. This research suggestion is expected that UD Paon Kembar always pays attention to the clothes used when working, taking into account the amount of dose given each portion to be able to meet customer needs.

References

Ambarwati, I. A. T., Kawiana, I. G. P., & Mahayasa, I. G. A. (2022). Mediasi Kepuasan Konsumen Pada Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Pada PT Prisma Elektrika Bali. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(3), 832-843.

Ariani, Ni Wayan Duti dan Suresmiathi, D. AA Ayu. 201). Pengaruh Kualitas Tenaga Kerja, Bantuan Modal Usaha dan Teknologi Teradap Produktivitas Kerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jimbaran. E-jurnal Ep UNUD, vol. 2 no. 2 hal. 102-107.

Ayushinta, Gita 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Ayam Goreng Mbok Berek. Jurnal Universitas Brawijaya Malang.

Dewi,Ni Putu Lilik Ari Rusita 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagi Variabel Intervening Pada Apotek Anugrah II Gatot Subroto Denpasar. Jurnal Ekonomi,Bisnis Dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia.

Diana, Ina Mur 2017.Pengaruh Kualitas Produk,kualitas pelayanan Terhadap kepuasan Konsumen.

Jurnal Ekonomi Universitas Yogyakarta.

Fauzi. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan CV. Bintang Harapan Kurnia di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 11, 2019 : 6741-6761

Ferdinand, Augusty. 2016. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas. Diponegoro. Gaspersz. Vincent. 2018. Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Kristiana dan Kastawan. 2019. Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kewajaran Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 2, 2019: 7576 – 7605.

Kurnia. 2016. Analisis Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Atau Smartphone Samsung Jenis Android (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Lupiyoadi. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik, Jakarta: Salemba. Empat.

Rahmawati, Kartika Nur 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kedaibangsawan Klaten. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.

Sabrina, Elke 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap kepuasan Konsumen (Survey Pada Pengunjun Pasar Santa Jakarta). Jurnal Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Suartina, I. W., Mahayasa, I. A., Tuty, T. I., & Wilyadewi, I. I. D. A. Y. (2019). Peningkatan Kualitas Layanan, Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Konsumen Melalui Pelatihan Softskill (Program Pengabdian Kepada Masyarakat Pada BKS LPD Ubud). Jurnal Sewaka Bhakti, 2(1), 8-20.

Widiarsana, I Made 2019. Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhdap Kepuasan Konsumen Semeton Barbershoop Di Wilayah Desa Peguyangan Kangin Tahun 2018. Jurnal Pendidikan Pengetahuan Sosial Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Bali.

Wijaya., 2017., Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Tokopedia.com), Jurnal Program Manajemen Bisnis Universitas Kristen Petra, Vol. 5, No. 1

Published
2023-04-01
How to Cite
Krismantara, K., Suartina, I. W., & Mahayasa, I. G. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di UD. Paon Kembar Desa Peguyangan Kangin Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(4), 790-798. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24