Pengaruh Kualitas Layanan dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Anggota Pada Koperasi Danu Artha Tabanan
Abstract
The purpose of this study is to determine the effect of service quality and product innovation on member satisfaction at the Danu Artha Tabanan Cooperative. The total population of the study was 322 people and a sample of 76 people with the slovin technique where the sample determination method was by non probability sampling technique. The data analysis techniques used are research instrument tests, namely validity and reliability tests, classical assumption tests and multiple liner regression analysis (T test and F test). Based on the results of the analysis, it was found that: (1) The quality of service has a positive and partially significant effect on member satisfaction. (2) product innovation has a positive and partially significant effect on member satisfaction. (3) service quality and product innovation have a simultaneous positive and significant effect on member satisfaction.
References
Arianto. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif 1 (2)
Aswin Maulina. 2021. Pengaruh kredit koperasi simpan pinjam terhadap peningkatan pendapatan anggota koperasi simpan pinjam (KSP) damai Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Universitas Muhammadiyah Mataram
Darian Dharmawan dan Berlianto. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusa Pembelian Smartphone. Fakultas Ekonomi Universitas Pelita Harapan Karawaci
Della Aristyana dkk. 2021. Kualitas Layanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi di KSP Putra Jaya Mandiri di Batubulan Kangin, Gianyar. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata 1 (3), 1007-1017, 2021
Demak Claudia dkk. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayana, Brand Equity Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Alfa Scorpii. Jurnal Ekonomi, Sosial Dan Humaniora 3 (10), 65-69
Dewi Sartika dkk. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Keripik Nanas Di Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Probvinsi Riau. INOVASI, 14 (2) 2018, 84-97
Edi Rustanto da Oktavian Syah. 2022. Kualitas Pelayanan Perizinan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelaku Usaha UMKM Di Pulo Gadung Jakarta Timur. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora 8 (2),318-326
Enny Khuswati dkk. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bhakti Lestari Kecamatan Sungai Tebelian. Jurnal Pendidikan Ekonomi 4 (2) 89-98
Haryono dan Marniyati. 2017. Pengaruh Market Orientation, Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing
Ibrahim dan Windarti 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Produk Donut Madu. Jurnal Manajemen Bisnis Vol 1 No 2
Imas Fatimah Hasnatika dan Nurnida. 2018. Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi Vol. 4, No. 3, Desember 2018. ISSN 2460-8211
Jose Muhammad Dan Arlin Ferlina Mochammad Trenggana. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen UBER CAR (Studi Pada Konsumen Uber Car di Kota Bandung). eProceedings of Management 4 (3)
Kurnia Sari dkk. 2021. Pentingnya Inovasi Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Berulang Pada Brand Iphone Di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Manajemen 8 (1), 181-187
Maramis dkk. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 6 (3)
Margareth Aliatul Maimuna. 2020. Pengaruh Harga, Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Toko Handmadeshosby. Universitas Islam Malang