Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Pada Koperasi Bayu Sudana di Tabanan

  • I Gede Agus Prananda Kusuma Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Gede Putu Kawiana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Luh Adisti Abiyoga Wulandari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Corporate Image, Quality of Service, Member Satisfaction

Abstract

This study aims to determine the influence of corporate image on the satisfaction of members of the Bayu Sudana Cooperative in Tabanan, to determine the effect of service quality on customer satisfaction, and to determine the influence of corporate image and service quality on the satisfaction of members of the Bayu Sudana Cooperative in Tabanan. The number of samples in this study was 78 people. The data collection method was carried out by interviewing, observing, and distributing questionnaires to respondents. The data analysis techniques used are Classical Assumption Test, Multiple Linear Regression, Determination Analysis, T-Test, and F-Test. The results obtained in this study are: 1) the company's image has a positive and significant effect on member satisfaction with a calculated t value (2,040) > t table (1,990) and a sig value of 0.045<0.05. 2) Service quality has a positive and significant effect on member satisfaction with a calculated t value (3,039) > t table (1,990) and a sig value of 0.003 <0.05. 3) Company image and service quality have a positive and significant effect on member satisfaction with F calculated values (24,885) > F table (3.11) and GIS values 0.000<0.05. Suggestions that can be given so that the company adds relationships or open sponsors to support activities in the cooperative, improve responsive services for members and provide important information for all members of the Bayu Sudana Tabanan cooperative.

References

Adha, R. A., & Joesoaf, I. E. (2020). Penerapan Relaksasi Kredit Bagi Lembaga Pembiayaan Terkait Pandemi Corona di Indonesia. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(2), 370-376. doi:10.31604

Ainun, K., & Ismail, I. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Anggota Pada PT Bank BNI Syariah KC Bima. Ekonomi Syariah, 2(2), 110-134.

Aldila, S. A., & Ibdalsyah. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Menggunakan Modal Carter di BPRS Amanah Ummah Leuwiliang Bogor. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), 53-72. doi:https://doi.org/10.21274/an.2018.4.2.53-72

Ambarwati, I. A. T., Kawiana, I. G. P., & Mahayasa, I. G. A. (2022). Mediasi Kepuasan Konsumen Pada Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Pada PT Prisma Elektrika Bali. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(3), 832-843.

Asari, M., & Rubiah , S. (2017). Pengaruh Kepercayaan Image Terhadap Kepuasan Anggota Pada Bank Pemerintah (Studi Kasus pada Mahasiswa STIE IPWIJA Jakarta). Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 18(3), 233-242. doi:http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v18i3.54

Astutik, D. (2017). Pengaruh Aktivitas Rasio Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Industri Manufaktur). Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik). Jurnal STIE Semarang, 9(1), 32-49.

Gunardi, C. G., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku. Propologia, 3(2). doi: http://dx.doi.org/10.24912/pr.v3i2.6387

Harwida, G., Novilia, E., & Oktaviani, D. E. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Citra Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota. Comprehensive Journal of Islamic Social Studies, 1(3), 180-187. doi:https://doi.org/10.28926/sinda.v1i3.369

Hendrayati, & Syahrial. (2019). Desain Penelitian dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian. 1-11.

Iffah, L. (2018). Persepsi Anggota Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Bank Syariah Cabang Malang. Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 79-96. doi:https://Doi.Org/10.22219/JES.V3I1.5836

Iriyanti, E., Qomariah, N., & Suharto, A. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Depot Mie Pangsit Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 2(1), 1-15.

Jayananda, W., & Suarmanayasa, N. (2022). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam Dharma Sari Bumi Pagutan. Jurnal Manajemen, 8(1), 53-62.

Juri, M., & Sailawati. (2020). Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kasus Pada Masyarakat Sekitar PT Rea Kaltim Plantations). Jamdi (Jurnal Akuntansi Multi Dimensi), 3(2), 432-440. doi:https://Doi.Org/10.96964/ JAMDI.V3I2.558

Kaharu , D., & Budiarti, A. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cosmic. Ilmu dan Riset Manajemen, 5(3), 1-24.

Marpaung , E. I. (2019). Pengaruh Leverage, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Kualitas Laba. Journal Of Accounting, Finance, Taxation, And Auditing (JAFTA), 1(1), 1-14. doi:https://Doi.Org/10.28932/Jafta.V1I1.1524

Muljono, B., & Satradinata, D. (2020). Analisis Hukum Relaksasi Kredit Saat Pandemi Corona Dengan Kelonggaran Kredit Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 11/PJOK.03/2020. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 613-620. doi:10.22437

Nafisa, J., & Sukresna, M. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harapan Kinerja Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1-27.

Ndruru, T., & Sitorus, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Koperasi Dan Citra Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota Pada Koperasi Serba Usaha Mitra Karya Lubuk Pakam. Journal of Management Science (JMAS), 1(4), 111-114. doi:https://doi.org/10.35335/jmas.v1i4,%20Oktober.20

Nisa, I. C., Rooswidjajani, & Fristin, Y. (2018). Pengaruh Komunikasi Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 198-203. doi:https://Doi.Org/10.26905/JBM.V5I2.2663

Nugraheni, V. A. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Layanan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Koperasi Setia Bhakti Wanita Surabaya Jawa Timur. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 8(11), 1-16.

Nugroho, B., & Sibagjo, I. K. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Anggota PT. Bank Perkreditan Rakyat Gracia Mandiri Pada Bekasi Timur. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 28-47.

Rahmawati, D. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Insentif Terhadap Kinerja Pegawai. DINAMIKA : Jurnal Manajemen Akuntansi, Bisnis, dan Kewirausahaan, 5(2), 117-129.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312-318.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitative Reseach Approach . Yogyakarta: Deepublish.

Safrizal, & Mardhatillah, A. (2019). Servqual Pada BPR Syariah Adeco Kota Langsa. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi, 3(2), 1-15. doi:https://doi.org/10.33060/jensi.v3i2.1879

Published
2023-06-01
How to Cite
Prananda Kusuma, I. G. A., Putu Kawiana, I., & Adisti Abiyoga Wulandari, N. (2023). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Pada Koperasi Bayu Sudana di Tabanan. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(6), 1168-1177. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24