Peranan Segmentasi Pasar, Advertising, Dan Kualitas Produk Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian

  • I Putu Harry Rusmana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Ida Ayu Sasmita Dewi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Segementasi Pasar, Advertising, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Purchasing decisions are important assets of the company in maintaining its business continuity. Companies that have good purchasing decisions from their consumers will be able to continue to produce and develop their business. The research is aimed at knowing the role of market segmentation, advertising, and product quality in increasing purchasing decisions at PT. International Moon Swing in Kerobokan, Badung. The entire population is 1,887 consumers with a total sample of 95 people. The analysis will use multiple linear regression method. The test results show that market segmentation, advertising, and product quality play a positive and significant role in increasing purchasing decisions. It is recommended that the company further improve market segmentation, advertising, and product quality so that purchasing decisions also increase.

 

References

Ajis, T. M., & Ekowati, S. (2020). “Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, Dan Social Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu.” Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(2), 212–223.

Ayuniah, P. (2017). “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Yang Mengambil Kuliah Di Kampus Depok).” Jurnal Ekonomi Bisnis, 22(3), 208–219.

Dewi, N. L. P. P., & Sanjaya, P. K. A. (2022). “Pengaruh Harga, Brand Image Dan Promosi Instagram Tehadap Keputusan Pembelian Jajanan Tradisional Klepon Crot.” Widya Amrita:Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(1), 111–121.

Hedrati, I. M. (2018). “Membangun Brand Preference Melalui Advertising Dan Celebrity Endorser (Studi Pada Konsumen Produk Lux Di Carrefour-Bg Junction Surabaya).” Prosiding Universitas Wirajaya Sumenep, 1(1), 230–239.

Hidayat, R. S. (2017). “Analisis Pengaruh Strategi Segmenting , Targeting Dan Positioning Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Nu Green Tea.” Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 6(1), 28–44.

Kanitra, A. R., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Country Of Origin Dan Online Customer Review Terhadap Trust Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 Dan 2016/2017 Tahun Akademik 2017/2018 Pembeli Produk Oppo Smartphon. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(1), 64–78.

Krisna, I. P. G. H., Suartina, I. W., & Wulandari, N. L. A. A. (2022). “Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk,Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelianpada Art Shop Surya Silver.” Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(2), 593–599.

Kuspriyono, T. (2018). “Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Meikarta.” Cakrawala, XVIII(1), 59–66.

Lee, N. C., & Anjarwati, A. L. (2017). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro Kemasan Pet 450 Ml (Studi Pada Pengunjung Minimarket Di Surabaya Selatan).” Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(4), 1–11.

Luis, P. C. U., Mandey, S., & Jorie, R. J. (2019). “Analisis Pengaruh Strategi Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Kinerja Penjualan Pada Pt. Astragraphia Tbk Cabang Manado.” Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(2), 2581–2590.

Molyadi, A., Mansur, M., & Millanintyas, R. (2022). “Pengaruh Kualitas Informasi, Advertising Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Olshop (Tokopedia) (Studi Kasus Mahasiswa Feb Jurusan Akuntansi Unisma Angkatan 2018).” Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(15), 114–125.

Nensi, G. R., & Rahmidani, R. (2019). “Pengaruh Segmentasi Pasar Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Simcard Axis Di Kota Padang.” Jurnal Ecogen, 2(4), 822–831.

Nurtjahjani, F., Rachmi, A., & Masreviastuti. (2018). “Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telkom Speedy Di Pt. Telekomunikasi Indonesia Cabang Malang.” Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(2), 107.

Pebriyanti, N. K. L., Hartati, P. S., & Swara, N. N. A. A. V. (2022). “Pengaruh Promosi Online Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian.” Widya Amrita: Jurnal …, 2(1), 73–81.

Prasetyo, L. D., Moniharapon, S., & Loindong, S. (2017). “Pengaruh Faktor-Faktor Segmentasi Demografis Dan Segmentasi Psikografis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Departement Store Mtc Manado.” Jurnal Emba, 5(2), 1337–1347.

Purwati, A. A., Yusrizal, & Ramadhani, I. C. (2019). “Pengaruh Life Style, Kualitas Produk Dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian.” Journal Of Management And Bussines (Jomb), 1(1), 22–36.

Putra, I. G. S., Sugianingat, I. A. P. W., & Astrama, I. M. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(3), 844–864.

Putra, R. V, Machasin, & Nas, S. (2021). “Pengaruh Sales Promotion, Personal Selling Dan Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Produk Buku Terbitan Cv. As Salam Di Kota Pekanbaru.” Jurnal Ekonomi Kiat, 32(1), 57–65.

Sari, E. N., Ichsannudin, & Soeprajitno, E. D. (2021). “Analisis Cita Rasa Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kedai Kopi Di Tell Kopi Kediri.” Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi, 6(1), 90–96.

Situmorang, I., Jushermi, & Marhadi. (2017). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Citra Merek Dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond’s Pada Remaja Di Kota Pekanbaru.” Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 72–86.

Sofyan, S. (2017). “Pengaruh Periklanan, Sales Promotion, Personal Selling Dan Publicity Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aksesoris Mobil (Studi Kasus Kilat Service Medan).” Jurnal Smart, I(1), 48–52.

Sudiastari, N. K. T., & Hartati, P. S. (2022). “Pengaruh Product Quality Dan Price Fairness Terhadap Keputusan Pembelian Reseller Jordan Bakery Pada Pt. Nusa Kahyangan Asri Di Ketewel, Sukawati, Gianyar.” Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(2), 319–330.

Sumiati, & Mujanah, S. (2018). “Persepsi Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tas Sophie Paris Pada Mahasiswa.” Amar (Andalas Management Review), 2(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.25077/Amar.2.2.1-10.2018

Sunarsih, D. A. P., & Nurtjahjan, F. (2018). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Sepatu Invisible Malang.” Jurnal Aplikasi Bisnis (JAB), 4(2), 521–524.

Supangkat, A. H. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9), 1–19.

Umami, R., Rizal, A., & Sumartik, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Warsu Coffe Cafe. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 15(2), 250.

Wahyundari, S. P. D., Suartina, I. W., & Pratiwi, K. A. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Pesan Iklan Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Konsumen Shampo Pantene Di Kota Denpasar Utara). Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(3), 873–881.

Widiyanti, W. (2017). “Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek Dan Media Iklan Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ninebox (Studi Kasus Pada Follower @Tempattasdotcom).” Cakrawala, 17(1), 40–50.

Published
2023-05-01
How to Cite
Rusmana, I. P., & Dewi, I. A. (2023). Peranan Segmentasi Pasar, Advertising, Dan Kualitas Produk Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(5), 890-903. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24