Pengaruh Gaya Hidup Hedonis, Brand Image, Dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Pada Smartphone Merek Samsung Di Kota Denpasar

  • I Gusti Ayu Diah Parameswari Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • Ida Ayu Putu Widani Sugianingrat Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Luh Adisti Abiyoga Wulandari Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Hedonic Lifestyle, Brand Image, Product Knowledge, Purchase Decision

Abstract

The hedonic lifestyle, brand image, and product knowledge are aspects that are thought to influence purchasing decisions. The purpose of this study was to determine the effect of a hedonic lifestyle, brand image, and product knowledge on purchasing decisions for Samsung brand smartphones in Denpasar City. The sample size was determined 10 times the number of indicators so that a sample of 150 respondents was obtained. The sampling technique used is purposive sampling. To test the hypothesis is done with multiple linear regression. From the results of the analysis it can be concluded that: 1) hedonic lifestyle has a significant effect on purchasing decisions, 2) brand image has a significant effect on purchasing decisions, 3) product knowledge has a significant effect on purchasing decisions, 4) hedonic lifestyle, brand image, and product knowledge have a significant effect on purchasing decisions.

References

Agustino, & Syaifullah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt Long Time. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 627–636.

Auliannisa Gifani, & Syahputra. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Bisnis Dan Iptek, 10(2), 84.

Budiono, A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian. Equilibrium : Jurnl Pelatihan Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15.

Fitria, I. J., & Qurohman, T. (2021). Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Smartphone Oppo Taufik Qurohman. Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 26–37.

Harmadi, D. N., & Rizal, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Positive Word Of Mouth, dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dessert Box. Inovator, 11(1), 26–34.

Haryanti, I., & Nurdin, H. (2021). Trend Fashion Fashion Trends And Hedonic Lifestyle Towards Purchase Decisions For Hijab Clothing In Bima City. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 11(2), 124–135.

Herdiansyah, C., Welsa, H., & Cahyani, P. D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Management Development, 4(2), 83–89.

Herdinata. (2017). Pengaruh Product Knowledge Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian. 1–9.

Jananuraga, P. G., & Ni Putu Nina Eka Lestari. (2020). Iklan, Citra Merek, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis, 17 (1)(1), 133–149.

Jennyya, V., Pratiknjo, M. H., & Rumampuk, S. (2021). Gaya Hidup Hedonisme Di Kalangan Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Holistik, 14(3).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Marketing an Introduction (Edisi 11). Perason.

Kurniawan, M., & Hildayanti, S. K. (2019). Analisis Citra Merek, Harga, Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Palembang (Studi Kasus Konsumen Grab). Jurnal Ecoment Global, 4(2), 86. https://doi.org/10.35908/jeg.v4i2.757

Lazuardi, M. I. (2021). Pengaruh Variasi Produk , Product Knowledge Dan Content Marketing Terhadap Minat Beli Butuhbaju. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 6(4).

Limoputro, K. R., & Waney, G. (2018). Pengaruh Product Knowledge dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ngohiong Merek M&B. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(6), 707–716.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83.

Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2), 1–20.

Narottama, N., & Moniaga, N. E. P. (2022). Pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(2), 190–199.

Natsir, N., & Ernawati, S. (2020). Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Pengguna Handphone Oppo Di Kota Bima. Jurnal Ilmiah Manajemen “E M O R,” 4(1), 1.

Nugraha, S., & Nuraeni, D. (2021). Peran Teknologi Internet Dalam E-Commerce. Journal Civics & Social Studies, 5(2), 181–191.

Nurhasanah, E., & Karyaningsih, K. (2021). Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality terhadap Minat Beli Pada Website Sophie Paris. YUME: Journal of Management, 4(1), 177–186.

Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1374.

Priyono, A. (2017). Analisis pengaruh trust dan risk dalam penerimaan teknologi dompet elektronik Go-Pay. Jurnal Siasat Bisnis, 21(1), 88–106.

Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Kebutuhan Pembekian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 7(1), 1–17.

Ramadani, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Handphone. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2), 36–46.

Riswandi. (2019). Transaksi On-Line (E-Commerce) : Peluang dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.

Sanita, S., Kusniawati, A., & Lestari, M. N. (2019). Pengaruh Product Knowledge Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Business Management Journal, 1(3), 169–184.

Santoso, M. B., & Madiawati, P. N. (2018). Pengaruh Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Processor Intel Di Kota Bandung Tahun 2018 Pada Konsumen Pc & Laptop. E-Proceeding of Management, 5(3), 3965–3973.

Schiffman, L. dan L. L. K. (2014). Perilaku Konsumen (Z. Kasip (ed.); Edisi 7). Indeks.

Septiano, R. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Padang. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2(9), 3097–3106.

Sriwahyuni, N., & TeIagawathi, N. L. W. S. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 152.

Suhartanto, D. (2017). Ritel pengelolaan dan Pemasaran. ALFABETA.

Thorfiani, D., & D, T. E. S. (2019). Penerapan Personal Selling Dan Product Knowledge Tenaga Penjual Terhadap Keputusan Pembelian Produk Multimanfaat Pada Bank Tabungan Negara (Persero) Kantor Cabang Syariah Cirebon. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 9(2), 52–62.

Vivian, S. (2020). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z pada Produk Starbuck. Jurnal Transaksi, 12(1), 51–66.

Published
2023-05-01
How to Cite
Parameswari, I. G. A. D., Putu Widani Sugianingrat, I. A., & Adisti Abiyoga Wulandari, N. L. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis, Brand Image, Dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Pada Smartphone Merek Samsung Di Kota Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(5), 964-976. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24