Pengaruh People, Process, dan Physical Evidence terhadap Kepuasan Konsumen pada Hydealson Barbershop di Kota Denpasar
Abstract
This research was conducted to determine the influence of people, process, and physical evidence on consumer satisfaction at Hydealson Barbershop. The number of samples used in this study was 90 respondents using the sample determination method, namely purposive sampling. The data collection methods are observation, interviews, literature studies, documentation, and questionnaires. While the data analysis techniques in this study are validity test, reliability test, classical assumption test, multiple liner regression analysis, determination coefficient test, t test, and f test. Based on the results of the study, it can be seen that people, process, and physical evidence have a positive and significant effect on consumer satisfaction. The magnitude of the influence of people, process, and physical evidence on consumer satisfaction is 77.2%. Based on the results of the study, Hydealson Barbershop should pay more attention to customer satisfaction by providing good service, carrying out the hair cutting process according to consumer wishes, and providing a comfortable service environment for consumers, so as to increase consumer satisfaction and be able to increase consumer visits at Hydealson Barbershop.
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Buchari, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Cetakan Kesembelian, Alfabeth.
Effendi, Reza Aditya. 2020. “Pengaruh People Dan Process Terhadap Kepuasan Pelanggan Konsumen Dalam Jasa Make Up Pada Wedding Studio Deni F. Tian Di Jambi.”
Farizky, Yudiatma, Rahayu Triaslisty. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Arfa Barbershop Di Surakarta.” Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan.” 15(3):346–53.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, Dina Fitri. 2019. “Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Sawah Pujon Kidul (Studi Pada Cafe Sawah Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang).”
Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabetha.
Iffan, Muhammad, Raeni Dwi Santy, dan Rengga Radiaswara. 2018. “Pengaruh Proses Dan Bukti Fisik Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hotel Santika Bandung.”
Ismaya, Indah. 2021. “Pengaruh Bukti Fisik (Physical Evidence) Dan Orang (People) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Donat Kentang Syifa Sei Belutu.”.
Karundeng, M. E. and L. F. Tamengkel. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Benteng Resort Batu Putih.” Productivity 2(6):511–17.
Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Lovelock, C, dan John Wirtz. 2011. “Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7”. Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
Maharani, I. Putu Diana. 2023. “Pengaruh Brand Preference Dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian.” 3(3):511–22.
Nugroho. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Layanan, Dan Harga Produk Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Prabayar Telkomsel Dwi.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Priyanto, Dwi . 2014. SPSS 22 : pengolahan data terpraktis,Yogyakarta : Andi Offset.
Radiaswara, Rengga dan Raeni Dwi Santy. 2019. “Pengaruh Proses Dan Bukti Fisik Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hotel Santika Bandung.”
Ramadhan, Arif. 2017. “Pengaruh People, Process Dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Next Salon For Men Di Jalan Dr Mansyur).”
Sanjaya, Sigit and Nila Pratiwi. 2008. “Pengaruh People, Process, Dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Atas Pelayanan Pada Perbankan Syariah Di Kota Padang.”
Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Santosa, Dewa Gede Wahyu dan Ida Ayu Mashyuni. 2021. “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Grab Di Kota Denpasar.” Widya Amrita 1(1):290–302.
Santoso, Singgih dan Fandy Tjiptono. 2001. Riset Pemasaran Jasa, Andi Offset, Yogyakarta.
Setianto, Dendi Yulis, Nur Hidayatullah, dan Ajat Sudrajat. 2020. “Pengaruh People, Process, Dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Konsumen Pt Kereta Commuter Indonesia (Kci).” Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi 22(2):234–42.
Setyaningrum, Ari. 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: CV. AndiOffset.
Setyo, Purnomo Edwin. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen ‘Best Autoworks.’” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis 1(6):755–64.
Simangunsung, Micheal. 2018. “Pengaruh People, Process Dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Brooklyn Barbershop Jln. Letjen S Parman No. 188 A/b Medan).” (188):1–125.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Suliyanto. 2018. Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.
Tryadi, Azwar and Muhajirin. 2021. “Pengaruh Physical Evidence Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di Surf Cafe Kota Bima).” Journal Scientific of Mandalika (JSM) 2(7):1–4.