Anteseden Niat Beli Ulang Pelanggan Café

  • Ni Wayan Rika Yanti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis, dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Dewa Nyoman Benni Kusyana Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis, dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: price perception, product quality, service quality, repurchase intention

Abstract

One type of business that is currently growing rapidly is the business in the food and beverage sector such as cafes and this condition has resulted in increasingly fierce competition so it is very important to know customer repurchase intentions. This research was conducted with the aim to determine the effect of perceived price, product quality, and service quality on repurchase intentions. This research was conducted in a café in Payangan District, Gianyar Regency. The size of the population is not known with certainty so that the number of sample members is set at 90 people by accidental sampling technique. The Likert scale is used to get responses from respondents to the statements contained in the questionnaire as a data collection method. Multiple linear regression was chosen as a data analysis technique with SPSS software. The results of the determination analysis prove that 77.2 percent of repurchase intentions are formed by a combination of perceived price, product quality, and service quality. The results of the partial analysis prove each of the price perceptions. Product quality and service quality have a positive and significant effect on repurchase intentions.

References

Adiantari, N. W. P., & Seminari, N. K. (2022). “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Atmosfer Toko Terhadap Niat Beli Ulang Pada Konsumen H&M.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(7).

Adinata, K. J., & Yasa, N. N. K. (2018). “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, Dan Sikap Terhadap Niat Beli Kembali Di Situs Lazada.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(8), 4153.

Aditya, I. W. S., & Jatra, M. (2019). “Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Pengalaman Belanja Online, Dan Akses Informasi Terhadap Niat Beli Ulang ( Studi Pada Pembelian Online Sepatu Sepak Bola Merek Specs Di Kota Denpasar).” E-Jurnal Manajemen, 8(4), 2524–2554.

Adixio, R. F., & Saleh, L. (2013). “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Nilai Yang Dirasakan Terhadap Niat Pembelian Ulang Melalui Mediasi Kepuasan Pelanggan Restoran Solaria Di Surabaya.” Journal of Business and Banking, 3(2), 151.

Adriani, N. N., & Warmika, I. G. K. (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Nilai Terhadap Kepuasan Dan Niat Menggunakan Kembali.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(4), 1956.

Ain, N., & Ratnasari, R. T. (2015). “Pengaruh Citra Merek Melalui Sikap Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang Pada Produk Busana Muslim Zoya di Surabaya.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 2(7), 553.

Aryadhe, P., & Rastini, N. (2016). “Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang Di PT. Agung Toyota Denpasar.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(9), 254291.

Denniswara, E. P. (2016). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Intensi Membeli Ulang Produk My IDEAS.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(4), 480–488.

Ekaprana, I. D. G. A., Jatra, I. M., & Giantari, I. G. A. K. (2020). “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(8), 2895.

Fernando, K., & Djatmiko, T. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Program Triple Play Indihome Terhadap Niat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Pelanggan Indihome Di Bandung).” EProceedings …, 5(1), 330–338.

Florensia, Kl., & Haryadi, B. (2019). “Dampak Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Pada Niat Membeli Ulang Di Kidz Station Tunjungan Plaza Surabaya.” Agora, 7(1).

Herawati, V. (2020). “Pengaruh Persepsi Kualitas Produk Terhadap Niat Pembelian Ulang Pada Private Label Carrefour Di Carrefour Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(3), 110–121.

Izdhihar, A. N. (2018). “Pengaruh Experiential Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Pembelian Ulang Di Waroeng Spesial Sambal Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi.” Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 3(1), 243–251.

Jaber, L., Basamalah, M. R., & Wahono, B. (2021). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Suasana Toko Dan Keragaman Produk Terhadap Niat Beli Ulang Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Study Pada Sardo Swalayan Kota Malang).” E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(9).

Jusfarani, R. (2020). “Pengaruh Citra Toko dan Persepsi Harga Terhadap Niat Beli Ulang dengan Citra Produk Private Label Sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris pada Hypermart dan Indomaret di Kota Pontianak).” Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 8(2), 127–136.

Kusdyah, I. (2012). “Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, Dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya).” Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 25–32.

Kusyana, D. N. B., Purwaningrat, P. A., & Sunny, M. P. (2020). “Peran Kualitas Layanan Dalam Menciptakan Loyalitas Mahasiswa.” Widya Manajemen, 2(1), 10–27.

Lorena, E. Y. M., & Martini, S. (2019). “Menilai Pengaruh Citra Merek, Keragaman Menu, Suasana Toko Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Niat Beli Ulang (Studi Pada Konsumen Society Coffee House Purwokerto).” Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(2).

Masitoh, M. R., Wibowo, H. A., & Sunaryo, D. (2018). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan, dan Kepercayaan Merek terhadap Niat Pembelian Ulang di Toko Online Tokopedia.” Manajemen, 8(1), 60–77.

Miranda, R., & Nurdasila. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang Jasa Transportasi P.O Simpati Star Di Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(2), 310–321.

Nathadewi, K. S., & Sukawati, T. G. R. (2019). “Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen Lion Air.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6658.

Nusarika, L. A. K., & Purnami, N. M. (2015). “Pengaruh persepsi harga, kepercayaan, dan orientasi belanja terhadap niat beli secara online (studi pada produk fashion online di Kota Denpasar).” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(8), 2380–2406.

Pinaria, N. W. C., Sukaatmadja, I. P. G., & Setiawan, P. Y. (2018). “Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Dan Nilai Terhadap Niat Beli Ulang Produk Hijau (Studi Pada Produk Kopi Merek Starbucks).” E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(2), 449–476.

Pratiwi, A. A. N. E., Giantari, I. G. A. K., Yasa, N. N. K., Ekawati, N. W., & Setini, M. (2020). “The Role of Prestige in Mediating the Influence of Perceived Quality and Price Fairness on the Intention to Repurchase Online-base Fashion Products.” Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems, 12(5), 1507–1514.

Purbasari, D. M., & Purnamasari, D. L. (2018). “Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap pembelian ulang.” Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 43–54.

Putri, M. N. A., & Sukaatmadja, I. P. G. (2018). “Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Ulang.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 5983.

Rahmawati, D., Rahadhini, M. D., & Rahadhini, M. D. (2022). “Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada Konsumen Marakez Café Di Surakarta).” Chemistry and Industry of Forest Products, 42(6), 64–68.

Raihana, Z., & Setiawan, P. Y. (2018). “Anteseden Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Niat Pembelian Ulang.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(4), 1892–1919.

Resti, D., & Soesanto, H. (2016). “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Melalui Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Rumah Kecantikan Sifra Di Pati.” Diponegoro Journal of Management, 5(1), 1–12.

Romahtin, I., & Andjawati, A. L. (2019). “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kemudahan Penggunaan terhadap Niat Beli Ulang dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi.” Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 104–112.

Sandy, N. F., & Aquinia, A. (2022). “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Beli Ulang.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 801–809.

Sanjaya, K. D. A., & Ardani, I. G. A. K. S. (2018). “Pengaruh Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Ulang.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 6156.

Santika, K. J., & Madala, K. (2019). “Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Ulang.” E-Jurnal Manajemen, 8(10), 6139–6158.

Santikayasa, I. M. A., & Santika, I. W. (2018). “Peran Citra Toko Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(2), 1144.

Saputri, I. A., & Tjahjaningsih, E. (2022). “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Niat Beli Ulang.” SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 18–26.

Savitri, I. A. P. D., & Wardana, I. M. (2018). “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5748.

Sutrisna, I., & Yasa, N. N. K. (2021). “The Role of Brand Image in Mediating the Effect of Product Quality Towards Repurchase Intention at Umah Lokal Coffee Shop.” American International Journal of Business and Management, 4(2), 1–17.

Tajudinnur, M., Fazriansyah, F., Ferdian, R., Iskandar, I., & Ilham, I. (2022). “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Pemasaran Digital Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening.” Sebatik, 26(2), 673–687.

Tejantara, A., & Sukawati, T. G. R. (2018). “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Niat Pembelian Ulang (Studi Pada Oli Sepada Motor Merek Eni di Kota Denpasar).” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5686.

Wicaksono, A., & Nurseto, S. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Fitur Produk dan Harga terhadap Niat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Smartphone Xiaomi di Kota Semarang).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(1), 1–9.

Widanti, A., Abdillah, W., & Murni, T. (2022). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Ulang Pada Konsumen Hypermart.” Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 17(2), 172–186.

Yudisthira, B. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Niat Beli Ulang Sepatu Olahraga Nike Di Surabaya. STIE Perbanas Surabaya.

Zamit, Z. (2013). “Manajemen Kualitas Produk & Jasa.” Yogyakarta: Ekonisia.

Published
2023-05-01
How to Cite
Yanti, N. W. R., & Benni Kusyana, D. (2023). Anteseden Niat Beli Ulang Pelanggan Café. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(5), 1007-1020. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24