Meningkatkan Kepuasan Nasabah Koperasi

  • Ni Luh Made Dwinda Parwati Universitas Hindu Indonesia
  • Dewa Nyoman Benni Kusyana Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: product quality, service quality, customer satisfaction

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of product quality and service quality on customer satisfaction. This research was conducted at the Bali Rice Barn Savings and Loan Cooperative in Tabanan Regency. Until the end of 2022 this cooperative has 1,607 customers for savings, deposits and credit products. Using the Slovin formula, a sample of 94 people was determined using a proportional stratified random sampling. The research data were collected by questionnaire. The analysis technique uses multiple linear regression. The results of multiple linear regression analysis prove that service quality is more dominant in influencing customer satisfaction. The results of the determination analysis prove that the influence of product quality and service quality on customer satisfaction is 81.3 percent. Simultaneous test results prove that the proposed regression model meets the eligibility requirements of the model. The results of the partial significance test prove that product qual  ity and service quality have a positive and significant effect on customer satisfaction.

References

Agung, V., Widayanto, W., & Waloejo, H. D. (2022). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Inovasi Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan PT PLN (Persero) Kota Semarang.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 694–700.

Anasrullah, M., Sri W. H, M. A., & Nurhana, F. (2022). “Pengaruh Persepsi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasca Pembelian Pengguna Aplikasi Online Shop.” Jurnal Ilmiah Ecobuss, 10(1), 7–15.

Azhar, F., Ibrahim, A., & Riza, A. (2022). “Pengaruh Teknologi Informasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Banda Aceh.” JIMEBIS – Scientific Journal of Students Islamic Economics and Business, 3(1), 7–15.

Azkiya, B. M., Tanjung, H., & Gustiawati, S. (2022). “Pengaruh Kinerja Karyawan, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(1), 84–95.

Dayuwati, N., Rahadhini, M. D., & ... (2020). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Mediasi.” Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 20(April), 20–30.

Diarto, D., & Chaerudin, C. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Rumah Makan Seafood Zonatri.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 86–98.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). “Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan.” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171–180.

Hastuti, I. N. D., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk , Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Bakso Tukul Arwana Cabang Season City Jakarta Barat.” 5(1), 124–133.

Jayananda, I. M. W., & Suarmanayasa, I. N. (2022). “Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam Dharma Sari Bumi Pagutan.” Bisma: Jurnal Manajemen, 8(1), 53–62.

Khusaini, F., & Fairliantina, E. (2022). “??ngaruh kualitas ?r?duk , kualitas ??layanan , dan persepsi harga t?rhadap k?puasan ??langgan di Botany R?st?ran Hotel Holiday Inn Kemayoran.” Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 268–277.

Kurnaeli, K., Kurniawan, D. A., & Fathoni, I. (2022). “Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Perusahaan Distro di Kabupaten Garut.” Jurnal Wacana Ekonomi, 21(2), 82–88.

Kusyana, D. N. B., & Pratiwi, K. A. (2019). Skala Pengukuran Kualitas Layanan: Sebuah Kajian Literatur. Widya Manajemen, 1(2), 21–39.

Kusyana, D. N. B., Purwaningrat, P. A., & Sunny, M. P. (2020). “Peran Kualitas Layanan Dalam Menciptakan Loyalitas Mahasiswa.” Widya Manajemen, 2(1), 10–27.

Loo, P., & Kristina, K. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Pasar Swalayan Maju Bersama Glugur.” Jurnal Ilmiah Kohesi, 6(1), 68–78.

Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome.” KORELASI : Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 1267-1283.

Nanincova, N. (2019). “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro.” Agora, 7(2), 1–5.

Pradiptya, I. G. M., & Yuliantini, N. N. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Kedai yang Coffe Singaraja.” GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 43–50.

Putra, J. P., & Sitinjak, T. J. R. (2022). “Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan Kopi Starbucks di Summarecon Mall Kelapa Gading 3.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(8), 2022.

Rizkulillah, C. A., Devy, H. S., & Pratama, V. Y. (2022). “Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Citra Perusahaan Dan Promosi Dalam Mempengaaruhi Minat Menabung Anggota Koperasi.” Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 138–151.

Suwastawa, I. P. A., & Lindia, A. A. I. T. (2022). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Janar Vape Batubulan.” Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 17(1), 28–39.

Zagladi, L., & Syahputra, D. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Iconnet Bandung.” Economics and Digital Business Review, 3(2), 89–105.

Zulkarnaen, W., & Amin, N. N. (2018). “Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Terhadap Rema Laudry Dan Simply Fresh Laundry di Jalan CIkutra Bandung).” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 2(1), 106–128.

Published
2023-05-01
How to Cite
Parwati, N. L. M. D., & Benni Kusyana, D. (2023). Meningkatkan Kepuasan Nasabah Koperasi. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(5), 985-994. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24