Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Banten pada Griya Upakara Bali

  • Ida Bagus Oka Yudi Pramana Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Promotions, product quality, purchasing decisions

Abstract

The purpose of this study was to determine the impact of advertising and product quality on consumer purchasing decisions at Griya Upakala Bali, Denpasar. The population used in this study was a sample of 85 respondents in total who were Griya Upakala Bali consumers who made two or more purchases and were identified using targeted sampling methods. Data were collected through observations, interviews, documentation, literature searches, and questionnaires. The data analysis technique used in this study is the multiple regression analysis technique. Based on the research results, we can say: Promotions and product quality have a partial, positive and significant impact on purchasing decisions at Griya Upakara Bali. Given these results, Griya Upakara Bali will be conducting more advertising through social media in the future to increase consumer purchasing decisions and to make it easier for consumers to find information about the products that Griya Upakara Bali sells. You have to be proactive.

References

Anggoro, Dwi Kurniawan, 2012, Analisis Pengaruh Produk, Promosi, Hargadan Tempat terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus pada Kedai Amarta Semarang), Semarang, Universitas Dipenogoro.

Canon, Joseph. P, dkk, 2008, Pemasaran Dasar, Buku I Ed. 16, Salemba Empat, Jakarta.

Diana, Novia Prastiwi, 2016, Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 5, Nomor 3, Maret 2016 ISSN: 2461-0593

Djarwanto, dan Subagyo, Pangestu. 2000, Statistik Induktif, Edisi 4, BPFE, Yogyakarta.

Ghozali, Imam, (2016), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dr. Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.

Habibi, Mukhamad, 2013, Pengaruh dimensi gaya hidup terhadap keputusan pembelian blackberry di Purworejo.

Heri, Setiawan dkk., 2015, Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Nasabah dan Keputusan pembelianNasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen. Vol 2 No. 2. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang.

Hurryati, R. 2008. Bauran Pemasaran dan Keputusan Pembelian Konsumen. Edisi Kedua. Bandung: CV. Alfabeta.

I Gusti Ayu Putri Wahyuniari, Ni Luh Adisti Abiyoga Wulandari, Gusti Alit Suputra. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng SunCo (Studi Pada Toko Retail dan Grosir di Kabupaten Tabanan). Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata. Vol.3 (No.1): Hal 85 - 96

Ikhwanuddin,Mochammad, Gatot Isnani dan Djoko Dwi Kusumajanto, 2011, Pengaruh Persepsi Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Rokok Merek Gudang Garam Surya Professional Mild (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2011/2011 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang).

Kotler, Philip dan Armstrong, Gery. 2004. Dasar Dasar Pemasaran. Jilid 1. Dialihbahasakan oleh: Alexander Sindoro. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ketigabelas Jilid 1. Dialihbahasakan oleh: Bob Sabran. Jakarta: Eirlangga.

Kotler, Philip. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kurniawati, D., Suharyono., Kusumawati, A (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Keputusan pembelianPelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 14 Nomor 2 September 2014.

Lupiyoadi Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. (Teori dan Praktik). Edisi Pertama. Depok: Salemba Empat.

Mangore, I.I., Lumanauw, B. dan Tielung, M. 2015. Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan pembelian konsumen Tupperware Manado. Jurnal EMBA, Juni 2015 Volume 3 Nomor 2, hal. 616-627.

Saidani, B. dan Arifin, S. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Volume 3 Nomor 1, 2012.

Sembiring, J.I., Haryono., dan Kusumawati, A (2014). Pemharuh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan dalam Membentuk Keputusan pembelianPelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 15 Nomor 1 Oktober 2014.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi OFFSET. Widjoyo,S.P., Hatane,S., dan Brahmana,R.K. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dan Keputusan pembelian konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Volume 2 Nomor 1.

Published
2023-08-01
How to Cite
Pramana, I. B. O. Y. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Banten pada Griya Upakara Bali. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(8), 1644-1654. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24