Pengaruh Harga dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Daging Babi pada Warung Andira Blahkiuh Kabupaten Badung

  • I Putu Eka Darma Putra Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Made Dian Putri Agustina Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Nym Adityarini Abiyoga V.S Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: price, WOM, Purchase Decision

Abstract

The purpose of this study was to determine how the influence of design and brand image. The purpose of this study was to determine the partial and simultaneous influence of price and word of mouth on purchasing decisions of pork at Warung Andira Blahkiuh, Badung Regency. The method of collecting data in this study was carried out by means of interviews, documentation studies and questionnaires. Questionnaires were given to 100 respondents, to be further analyzed using multiple linear regression, determination, t test and F test. The results of this study are that price has a positive and significant effect on pork buying decisions at Warung Andira Blahkiuh. This means that the better the application of prices, the higher the purchasing decision of pork at Warung Andira Blahkiuh. Word of mouth has a positive and significant effect on pork purchasing decisions at Warung Andira Blahkiuh. This means that the better the word of mouth, the higher the decision to buy pork at Warung Andira Blahkiuh. Price and word of mouth have a positive and significant effect on pork purchasing decisions at Warung Andira Blahkiuh. This means that the better the word of mouth, the higher the purchasing decision at Warung Andira Blahkiuh.

References

Anggraini, Melia. 2020. Pengaruh Kelompok Referensi, Media Sosial, Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Milenial. Jurnal Ekonomak Vol. 6 No. 3 Desember 2020, h : 1-8.

Anwar , I., & Satrio , B. 2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian . Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen , 4 (12).

Assauri. S. 2012, Manojenien Pema aran Dasar, Konsep, dan Strategi, Penerbit; PT.Grafido Persada Jakata.

Agustina. 2018. Pengaruh Brand Image, Trust, dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Publikasi Ilmiah. Fakultas Ekonomi Manajemen, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Angipora, Marius P. 2014. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Kedua Cetakan Kedua. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Febrianti, Novita. 2018. Pengaruh Word Of Mouth, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Mio (Studi pada Konsumen yang Membeli Yamaha Mio di PT. Yamaha Mataram Sakti Cabang Purworejo). Diponegoro Journal of Social and Political. Tahun 2018, Hal 1-10

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Erlangga, Jakarta.

Kotler Philip dan Gary Amstrong 2014. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12. Jakarta. Erlangga.

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. 2018. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Di I Cafe Lina Putra Net Bandungan. Journal of Management, 4(4).

Lomboan, Riani. 2020. Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks Manado Town Square. Productivity, Vol. 1 No. 3, 2020, h : 256-260

Mahendra, Arthur I Komang. 2022. Pengaruh Harga, Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada CV. Lagas Jaya Badung. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ) Volume 4, Nomor 2, Agustus 2022; pp. 103-111

Mahdiasukma, Putra, Pengaruh Word Of Mouth Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Coffee Toffee Cabang Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 55 No. 3 Februari 2018. Hal. 55-63.

Mongosidi, Sweetly Jane. 2019. Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus Manado Town Square). Jurnal EMBA Vol.7 No.3 Juli 2019, Hal. 2949 – 2958.

Mustakim, S., 2019. Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Brand Awareness Dan Region Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Di Warung Lesehan Bebek Goreng Asli Gunung Kidul. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 5(1), pp.20-29.

Nurlita, Alma Nanda. 2022. Pengaruh Kualitas dan Harga Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Bajuku Murah. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 6 Nomor 1, h: 2925-2937

Nurrohman, F. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Smartphone Merek Blackberry di Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1), 37–45.

Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit LaksBang Pressindo, Yogyakarta.

Oktavini, Ingga. 2022. Pengaruh Ewom, Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kedai Kopi Jevera Coffee And Eatery. Dimensi, Volume 11 Nomor 2 : 282-297.

Pangestu, Suci Dewo. 2016. Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Pelanggan Peacockoffie Semarang)”. Jurnal Administrasi Bisnis Volume 5 Nomor 1 Maret 2016, h : 63-70.

Peter dan Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Purnamasari, Desy. 2018. Analisis Electroni Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Dengan Brand Image Dan Brand Trust Sebagai Variabel Moderator (Survei pada konsumen Oppo Shop Center Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 54 No. 1 Januari 2018. Hal. 92-100.

Puspaningrum, Rika. 2022. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Batik Danii Gaya Collection. Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 5 No. 2 Mei 2022, h:129-140.

Putri, Andioni Varamita. 2022. Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Tahu Gejrot Mitoha Galak. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR) Vol.1, No.3, 2022: 835-850

Rangkuti. Freddy. 2013. Business Plan (Teknik Membaut Perencanaan Bisnis dan Analisis Kasus). Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rizkia, Delanera. 2021. Pengaruh Perilaku Konsumen, Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aditi Coffee House & Space Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa Vol. 18, No. 1 Maret 2021, h : 71-86

Saphira, Hariati. 2021. “Pengaruh Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Sari, 2020. Prosiding Seminar Nasional, UNS.

Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual &SPSS. Jakarta:Kencana.

Setiadi, Nugroho J. 2018. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikas Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Penerbit Prenada Media, Jakarta.

Solomon. 2010. Orthopedi dan Fraktur Sistem Appley. Jakarta: Widya Medika.

Sunarka, Puji Setya. 2021. Pengaruh WOM, Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Analisis Pada Pelanggan Toko Roti Virgin Cake & Bakery Semarang). JPRO Vol. 2 No. 1 Tahun 2021, h : 64-72.

Silverman, George. 2011. The Secrets of Word of Mouth Marketing 2nd edition. New York: AMACOM.

Sugiyono.2016. Statistika Untuk Penelitian.Bandung:Alfabeta

Sujarweni, Wiratna. 2016. Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi Dengan SPSS. Edisi Lengkap. Pustaka Baru Pres. Yogyakarta.

Sukmana, Fazar Reza. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dapur Cokelat di Kelapa Gading, Jakarta Utara

Tjiptono, Fandy. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Wijaya, Tommi dan Eristia Lidia Paramita, 2014. Pengaruh Electronis Word of Mouth (eWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Kamera DSLR. ISBN: 978-602-70429-1-9.

Published
2023-09-01
How to Cite
Darma Putra, I. P., Agustina, M. D. P., & Abiyoga V.S, N. N. A. (2023). Pengaruh Harga dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Daging Babi pada Warung Andira Blahkiuh Kabupaten Badung. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(9), 1666-1677. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24