Pengaruh Kualitas Produk dan Kewajaran Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Arj.88 Store Cabang Penatih Denpasar

  • I Putu Aditya Pratama Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Wayan Suartina Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Wayan Wina Premayani Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Product Quality, Fairness of Price, Customer Satisfaction

Abstract

This study aims to determine the effect of product quality and price fairness on customer satisfaction of ARJ.88 Store Penatih Denpasar branch. The research method used is quantitative. The research location is in Payangan Village, Marga, Tabanan. The sample used was 95 respondents. The data analysis techniques used are Validity Test, Reliability, Classical Assumptions, Multiple Linear Regression, Coefficient of Determination, Test t and Test F. Based on the results of the study, it was found that product quality has a significant positive effect on customer satisfaction, price fairness has a significant positive effect on customer satisfaction, and simultaneously product quality and price fairness have a significant effect on customer satisfaction. The magnitude of the influence of the independent variable on customer satisfaction was 53.2%. The suggestion in this study is that ARJ.88 Store should make quality products with attractive designs, increase product durability, by improving the quality of raw materials used and making competitive price policies

References

Amryyanti, R., Sukaatmadja, I P. G., dan Cahya, K. N. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan, Produk, Dan Kewajaran Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Lnc Skin Care Singaraja. Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Vol. 2, No. 1, pp 22-29.

Anggi Dwi Permata, A. (n.d.). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Pekanbaru.

Arianty, N. (2016). Pengaruh Kualitaspelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2).

Asy’ari, Abul Hasan, and A. J. K. (n.d.). “Pengaruh Kualitas Produk, Kewajaran harga, Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Merek Samsung di Banjarmasin.”

Asy’ari, Abul Hasan, and F. J. (n.d.). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Merek Handphone Merek Samsung di Kalimantan Selatan.

Atmaja, N. P. C. D. (2016). Pengaruh kewajaran harga, citra perusahaan terhadap kepuasan dan loyalitas pengguna jasa penerbangan domestik garuda indonesia di Denpasar. Prosiding, 197–209.

Curatman, A., dan Hermansyah. (2015). Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kewajaran harga dan Merk Pribadi (Survey Pada Konsumen Giant Kota

Dwiwinarsih, R. (n.d.-a). “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Bakmi Aisy Di Depok.”

Dwiwinarsih, R. (n.d.-b). “Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada majestyk bakery & cake shop cabang HM Yamin Medan.”

Fransiscus, Daniel, Hoetomo Lembito, and A. B. S. (n.d.). Analisis Dampak Logistics Service Quality dan Perceived Kewajaran harga Terhadap Service Loyalty di PT. Mitra Jelajah Solusindo.

Maramis, Freekley Steyfli, Jantje L. Sepang, and A. S. S. (n.d.). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Air Manado.”

Konuk, F. A. 2019. The Influence Of Perceived Food Quality, Kewajaran harga, Perceived Value And Satisfaction On Customers’ Revisit And WordOf-Mouth Intentions Towards Organic Food Restaurants. Journal of Retailing and Consumer Services , 103-110.

Krismantara, K. H., Suartina, I. W., & Mahayasa, I. G. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di UD. Paon Kembar Desa Peguyangan Kangin Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 3(4), 790-798.

Marisa, Oktafalia, and J. R. (n.d.). Pengaruh Kewajaran harga terhadap Repurchase Intention High End Make Up dan Skin Care pada Generasi Milenial Di Jakarta.

Nurdiansah, Cepi, and S. B. S. (n.d.). Analisis Pengaruh Kewajaran Harga, Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan „Angkringan Cekli? Kudus.

Nurfalah, Aldi An, Surti Zahra, and M. B. T. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus Kedai Kopi Mustafa85 Di Pandeglang Banten.

Nyonyie, Riska Asnawi, Johnny AF Kalangi, and L. F. T. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado.

Rahayu, E. (n.d.). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan T-Mart Express Indonesia.

Razak, Ismail, N. Nirwanto, and B. T. (n.d.). “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan.”

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan minat beli pada ranch market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1–22.

Sari, A. A. R. P., & Yasa, N. N. K. (2020). Kepercayaan pelanggan di antara hubungan citra perusahaan dan kewajaran harga dengan loyalitas pelanggan mapemall. com. Penerbit Lakeisha.

Sari, Meida Ramita, and R. L. (n.d.). “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang Konsumen Keretaapi Kelas Eksekutif ArgoParahyangan.”

Savitri, I. A. P. D., and I. M. W. (n.d.). “Pengaruh citra merek, kualitas produk dan persepsi harga terhadap kepuasan dan niat beli ulang.”

Wulandari, Rizky Desty, and D. A. I. (n.d.). “Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik.

Yuliantoro, N., Gracia, E., & Novia, J. (2021). Pengaruh Kualitas Makanan Dan Kewajaran Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial Selama Masa Pandemi Covid-19. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 4(1), 9–16.

Published
2023-09-01
How to Cite
Pratama, I. P. A., Suartina, I. W., & Premayani, N. W. W. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Kewajaran Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Arj.88 Store Cabang Penatih Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(9), 1678-1687. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24