Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Experience Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan E-Commerce Shopee Di Kota Denpasar
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of brand ambassadors and brand experience on purchasing decisions with brand image as an intervening variable. This research was conducted at Shopee e-commerce in Denpasar City. The population in this study are active Shopee users, with a total sample of 110 respondents. The data analysis technique used is validity test, reliability test, path analysis and sobel test. The research results show; Brand ambassador has no significant effect on brand image. Brand ambassador has no significant effect on purchasing decisions. Brand experience has a significant positive effect on brand image. Brand experience has a significant positive effect on purchasing decisions. Brand image has a significant positive effect on purchasing decisions. Brand ambassadors have an indirect effect on purchasing decisions through brand image. Brand experience has an indirect effect on purchasing decisions through brand image.
References
Agustin, K. S., & Warmika, I. G. K. (2019). Peran Trust Memediasi Pengaruh Shopping Experience Terhadap Positive Word Of Mouth (Studi pada Pengguna Shopee Mobile Shopping di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(9), 5825.
Anggraeni, E. D. (2020). Pengaruh Advertising Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image Pada Konsumen Produk Pembalut Charm Di Kota Depok. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3).
Chalil, rifyal dahlawy. (2021). brand, islamic branding, & re-branding (1st ed.). pt rajagrafindo persada.
Chanaya, N., & Sahetapy, W. L. (2020). Pengaruh Brand Experience Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Wedding Organizer Perfect Moment. 8(1).
Edrin, F., & Fhatiyah, N. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Kasus Pada Event Free Photocard BTS Tokopedia ). 78–84.
Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen. CV Budi Utama.
Hidayat, C. N., & Setiawati, C. I. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bhinneka.com. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 308–327.
Huda, N. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha Di Makassar. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 37–43.
Istiyanto, B., & Nugroho, L. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta). 12(1), 1–8.
Junita, V. (2020). Pengaruh Brand Experience , Brand Commitment Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Apple Iphone Di Mitra Anda Cell Tegal Dan Erafone Megastore Pacific Mall Tegal.
Khoirul Aulia, M., & Wardhana, A. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Pada Mamahke Jogja. Photosynthetica, 5(2), 1–13.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. Pearson Education.
Larasari, E., Lutfi, & Mumtazah, L. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Dan Event Sponsorship Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Produk Smartphone Vivo pada Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ). Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 11(1).
Listiawati, E. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kualitas Produk Terhadap Brand Image Pada Jilbab Zoya Broni Kota Jambi.
Liu, K. N., Tsai, T. I., Xiao, Q., & Hu, C. (2020). The impact of experience on brand loyalty: Mediating effect of images of Taiwan hotels. Journal of China Tourism Research.
Marlina, S., & Syamsuar, G. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek , Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1(1), 1–18.
Muhajir, A. (2012). Inilah 10 Fakta Pengguna Internet Bali. Retrieved from
Muhtadin, M. S., & Djatmiko, T. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Shampo Pantene Di Bandung. 5(2), 1797–1804.
Nadia, S. M., & Aulia, P. (2020). Pengaruh Brand Ambassador BTS KPOP Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Banking & Management Review, 10(1), 1369–1385.
Prasetyo, panji eka, & Utama, A. (2018). Brand Ambassador Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Citra Merek (Studi Kasus Pada Xl Axiata Di Pelajar Dan Mahaiswa Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta, 458–466.
Purnama, L. W., & Novitasari, D. (2022). Brand Image Pemediasi Pengaruh Advertising Dan Brand Ambassador Idol K-Pop Pada Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 418–435.
Qomariah Nurul. (2021). Pentingnya kepuasan dan loyalitas pengunjung: studi pengaruh customer value, brand image, dan atribut produk terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung pariwisata pantai: Vol. Volume 1. pustaka abadi.
Sadrabadi, A. N., Saraji, M. K., & Zadeh, M. M. (2018). Evaluating the Role of Brand Ambassadors in Social Media. Journal of Marketing Management and Consumer Behavior, 2(3), 54–70.
Sigar, D., Soepeno, D., & Tampenawas, J. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Viral Marketing dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat. Jurnal EMBA, 9(4), 841–850.
Sriyanto, A., & Kuncoro, A. W. (2019). Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli, Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Situs Jual Beli Online Shop Shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur Periode Februari – April 2018). 8(1), 21–34.
Tarigan, Y. K. K., & Prihatini, A. E. (2019). Pengaruh Brand Experience Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air (Dengan Rute Semarang-Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.