Pengaruh Penerapan Nilai-Nilai Tri Hita Karana dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Tamu Sanctoo Suites & Villas

  • I Nyoman Adi Swardika Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Dewa Ayu Yayati Wilyadewi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Tri Hita Karana, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Tamu

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of Tri Hita Karana and service quality on guest satisfaction. This research was conducted at Sanctoo Suites & Villas located in Sukawati District, Gianyar Regency. The population in this study is 6,820 people in 2022 with a sample of 99 people using the Slovin Formula using the accidental sampling method. Data collection was carried out using observation, interviews, documentation, literature, and questionnaires as measured by a Likert scale with five answer choices. The instrument test was carried out by testing the validity and reliability. The analysis technique used is multiple linear regression. The results of the partial significance test show that Tri Hita Karana has a positive and significant effect on guest satisfaction, and service quality has a positive and significant effect on guest satisfaction.

References

Apriliani, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Water Garden Hotel Candidasa Bali. Jurnal Emas, 3, 217–230.

Arianto, N., & Patilaya, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Salt N Pepper Pada Pt Mitra Busana Sentosa Bintaro. 6(2), 143–154.

Cahyadi, P. I. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Hotel the Haven Bali Seminyak. Jurnal Mahasiswa Pariwisata Dan Bisnis, 01(04), 800–812.

Dedy, A., & Alfandi, Y. (2022). Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Sari Ater Hot Springs. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 18–25.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. Pearson: Education.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional Ke Digital. PT Gramedia Pustaka Utama.

Krismantara, K. H., Suartina, I. W., & Mahayasa, I. G. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di UD. Paon Kembar Desa Peguyangan Kangin Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 3(4), 790-798.

Manuaba, I. B. M. Y. (2022). Penerapan tri hita karana terhadap kepuasan tamu di pita maha resort & spa.

Mulyapradana, A., & Lazulfa, A. I. (2018). Tata Kelola Administrasi untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi di PT. BAM Kabupaten Tegal. Institusi Politeknik Ganseha Medan, 1, 14–24.

Padet, I. W., & Krishna, I. B. W. (2018). Falsafah Hidup Dalam Konsep Kosmologi Tri Hita Karana. Jurnal Genta Hredaya, 2(2), 37–43.

Puspitadewi, I. D. A., Windia, W., & Astiti, N. W. S. (2015). Analisis Pengaruh Penerapan Tri Hita Karana terhadap Tingkat Kepuasan Wisatawan di Kawasan Agrowisata Ceking , Kecamatan Tegallalang , Kabupaten Gianyar. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Pariwisata. 3(1), 43–52.

Riyanto, A. (2018). Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Pdam Cibadak Sukabumi. Jurnal Ecodemica, 2(1), 117–124.

Sembiring, E., Martini, L. K. B., & Dama, I. N. (2022). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Tamu Yang Menginap Di Samaja Kunti Bali Villas. 5(2), 74–91.

Suhardita, K., Karpika, I. P., Dartiningsih, M. W., & Mentari, R. M. (2020). Tri Hita Karana (Layanan Bimbingan Klasikal untuk Membentuk Karakter Siswa) (Teddy Fiktorius (ed.)). Mahameru Press.

Sumarsid, & Paryanti, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 70–83.

Utari, P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Gowata Sakti Motor.

Yhani, P. C. C., & Supastri, M. (2020). Filsafat Tri Hita Karana sebagai landasan menuju Harmonisasi dan Hidup Bahagia. SRUTI: Jurnal Agama Hindu, 1(1), 36–44.

Yuliana, R. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Little White Cafe Kota Bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Alamana), 2(2), 9–19.

Published
2023-09-01
How to Cite
Swardika, I. N., & Wilyadewi, I. D. A. (2023). Pengaruh Penerapan Nilai-Nilai Tri Hita Karana dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Tamu Sanctoo Suites & Villas. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(9), 1757-1767. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24