Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UD. Candi Bali Di Ubud, Gianyar
Abstract
This study was conducted to determine the impact of service and product quality on UD customer satisfaction. Bali temple Ubud. The population of this survey is 2021 UD, Bali Ubud temple consumers, more than 32.541 people, a total of 100 respondents determined by sampling method using random sampling. Data for this study were collected using questionnaires and analyzed using data analysis techniques such as validity, reliability, classical assumptions, multiple regression, coefficient of determination, t-test, and F-test. Service quality and product quality work have been found to have a significant positive impact on customer satisfaction. The magnitude of the independent variable's effect on consumer satisfaction is 63.1%. The results of the research will be reflected in future UD staff. Balinese temples are expected to provide courteous services to all consumers such as B. Smiles, greetings, and salutes that make the following consumers feel comfortable and satisfied when doing business with UD: Balinese temple.
References
Arumsari, D., & Khasanah, I. (2012). Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promositerhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) Merek Aqua (Studipada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah) (Doctoraldissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Ambarwati, I. A. T., Kawiana, I. G. P., & Mahayasa, I. G. A. (2022). Mediasi Kepuasan Konsumen Pada Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Pada PT Prisma Elektrika Bali. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(3), 832-843.
Ammerin, T. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Klinik Kecantikan Nadindra di Bandar Lampung.
Arifki, A. F., Nurtjahjan, F. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Alfabeth Store Pasuruan. Jurnal Aplikasi Bisnis, Politeknik Negeri Malang. Vol. 4, No. 1. Hal. 281 - 285. Diakses pada 15 Maret 2021.
Aditia,Wadud,Kurniawan (2020). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen sepeda motor Nmax pada PT. Yamaha A. Rivai Palembang.
Candrianto, S. M. 2021. Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Malang, Jawa Timur: Literasi Nusantara.
Diza., Moniharapon, S., dan Ogi, I. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepercayaan Terhadap
Dwi Aliyyah Apriani,Sunarti (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan konsumen ( Survei pada Konsumen The Little A Coffe Shop Sidoarjo ).
Ehsani, Zahra dan Mohamad Hossein. 2015. Effect of quality and price on customer satisfaction and commitment in Iran auto industry. International Journal of Service Science, Management and Engineering, Vol. 1, No. 5.
Fandy, T.(2016).Service, Quality & Satisfaction.Yogyakarta : ANDI.
Fandy Tjiptono, Ph. D dan Gregorius Chandra. (2015). Service Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi offset.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.
Kotler, Philip and Garry Amstrong. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited.
Kotler, Philip dan Amstrong Gary. 2014. Prinsip-Prinsip Pemasaran Alih bahasa Bob Sabran Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler, Philip and Amstrong. 2015. Principle of Marketing. 15th edition, New Jersey: Prentice-Hall Published.
Krismantara, K. H., Suartina, I. W., & Mahayasa, I. G. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di UD. Paon Kembar Desa Peguyangan Kangin Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 3(4), 790-798.
Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3).
Nurfalah,Zara,Tabrani (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Kedai Kopi Mustafa 85 Pandeglang Banten.
Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265-289.
Purwasih, R., Yuliana, Y., & Suyuthie, H. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kafe Batavia Padang. E- Journal Home Economic and Tourism, 16(1)
Puspitasari, A. N., & Ferdinand, A. T . (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Mendorong Minat Beli Ulang (Studi pada Pengguna Nokia di Semarang).
Pramesti, WW. 2018. Gambaran Kadar Kolesterol Total Pada Serum yang Dibuat Menggunakan Tabung Vacutainer Dengan dan Tanpa Gel Separator. Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta : Poltekkes Kemenkes Yogyakarta