Pengaruh Desain Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Keben di UD. Sedana Mertha

  • Ngurah Ayu Rinawati Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Putu Yudy Wijaya Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Ida I Dewa Ayu Yayati Wilyadewi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Product design, Service quality, Buying interest

Abstract

In the midst of competition that offers similar products at relatively the same price, entrepreneurs are required to be able to make efforts aimed at attracting consumer buying interest which is expected to have a positive effect on increasing sales. The purpose of this study was to determine the effect of product design and service quality on consumer buying interest in keben products at UD. Sedana Mertha. The population in the study were 600 visitors to UD. Sedana Mertha. The research sample of 86 people was determined by the slovin formula using a non-probability sampling technique, precisely accidental sampling. Data collection was carried out through observation, interviews, documentation, literature, and questionnaires. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis, analysis of the coefficient of determination, t test and F test. The product design positive and significant effect on consumer buying interest. . Tthe quality of service has a positive and significant effect on consumer buying interest. So simultaneously there is a positive and significant influence from product design (X1) and service quality (X2) on consumer buying interest (Y), with an influence contribution of 63%. While the influence of other variables outside of this research variable is equal to 37%. The suggestion in this research is that businesses can foster consumer buying interest by making efforts such as improving product design and service quality.

References

Aditya Wardana, Luthfi. Analisis Kelengkapan Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Kepuasan Konsumen Pada Cv. Mantep Etan Kraksaan Probolinggo. Repository STIE Mahardhika

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ayu Dwipayanti, Ni Kadek. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan di Nomad Restaurant Ubud. Skripsi Universitas Hindu Indonesia.

Bahtiar Efendi, Akhmad Taufik. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merk, Layanan Purna Jual Dan Desain Produk Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda PCX Di Kabupaten Wonosobo (Studi : Pada Kompo Motor Wonosobo). Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah

Basrah Saidani dan Samsul Arifin. 2012. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 3(1).

Dea Rizki, Nova. 2019. Pengaruh Desain Produk dan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Sepatu Ellen Queen Cibaduyut Bandung), Bandung.Repository @unpas.ac.id

Eka Satriani, Ni Luh. 2018. Pengaruh Diferensasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Wisatawan pada Ubud Inn Cottages di Ubud Gianyar. Skripsi Universitas Hindu Indonesia.

Elvita Sirma, Rinida Piscis. 2020. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Physical Evidence Terhadap Minat Beli Pada Produk Pembiayaan Modal Usaha Di Perbankan Syariah. Repository.ianbengkulu.ac.id

Ermawati; Putri Utami, Riza; dan Irham Pakkawaru. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Nasi Kuning Puput Di Kayumalue. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam – JIEBI

Graciela Tanuli, Miranda. 2019. Pengaruh Desain Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Generasi Z. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis

Ihsan, Dede; Sudarijati; Andari, Titiek Tjahja. 2022. Pengaruh Kualitas, Desain, Dan Harga Terhadapkeputusan Pembelian Produk Batik Bogor Tradisiku Di Kota Bogor. Karimah Tauhid

Indra Permana,Ade. 2020. Pengaruh Kualitas Website, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Pelanggan Di Situs Belanja Online Bukalapak. Jurnal Ekonomi Bisnis

Irvanto, Ogy dan Sujana. 2020. Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger (Survey Persepsi Komunitas Pecinta Alam di Kota Bogor). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan

Ketut Mia Tiara, Trianadewi, Doni Tirtayasa. 2022. Pengaruh Tata Ruang Toko, Variasi Produk, Desain Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Zero Outlet Singaraja. Journal of Economic, Business and Accounting

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi 13, di alih bahasakan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kustiono Putra, Valentinus. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Desain, Dan Kemasan Terhadap Minat Beli Calon Konsumen Remile. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis

Marlena, Eka. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Kereta Api dalam Perspektif Ekonomi Islam. repository.radenintan.ac.id

Ninik Masfiah, Nadirotul. 2022 Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Gemilang Logam Tulungagung. Instutional Repository of UIN SATU Tulungagung

Oktavia Santoso, Nadya; dan Yuniati, Tri. 2018. Pengaruh Citra Merek Kualitas Produk Desain Produkdan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen

Prakarsa, Sean. 2020. Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Di Optic Sun’S. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan

Priangani, Ade. 2013. Memperkuat Manajemen Pemasaran dalam Kontex Persaingan Global. Jurnal Kebangsaan, 2(2).

Rohana Alfiani, Siti. 2019. Pengaruh Desain Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Tuneeca (Studi Kasus Di Jameela Moslem Style Ponorogo). Electronic Theses Institut Agama IslamNegeri Ponorogo

Rosita, Nita & Tahmat. 2021. Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Tong Tji Tematik Di Supermarket Borma Dago Dan Borma Cikutra. Prosiding Seminar Sosial Politik, Bisnis, Akuntansi dan Teknik (SoBAT) ke-3

Schiffman & Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta : Prentice Hall.

Sehani. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rumah Makan Warung Buk’Dedi Gomongmataram. Etheses UIN Mataram

Siti Fatimah, I Putu Artaya, IGA. Sri Deviyanti. 2021. Pengaruh Kualitas Desain Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Membeli Melalui Situs Web Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Pada Agen Perjalanan An-Nahl Surabaya. Spirit Pro Patria

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif &RND. Bandung : Alfabeta.

Tri Marinda. 2021. Pengaruh Desain Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Mobil Honda Di PT. Honda Maju Mobilindo Cabang Palembang. Repository Universitas Tridinanti Palembang

Tria Devi, Firda. 2021. Pengaruh Kulitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Home Industri Kerupuk Rambak. Instutional Repository of UIN SATU Tulungagung

Vanessa. 2020. Pengaruh Desain Produk dan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen di PT. Istana Deli Kencana Medan. STIE Eka Prasetya Digital Repository

Walizer, M. 1987. Metode dan Analisis Penelitian. Jakarta: Erlangga.

Wibisaputra, A. 2011. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 Kg (di PT. Candi Agung Pratama Semarang). Penelitian Universitas Diponegoro.

Widayat, Wisnu; dan Purwanto, Heri. 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Keberagaman Produk, Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE)

Yehuda. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli. COMSERFA Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Published
2023-10-01
How to Cite
Rinawati, N., Wijaya, P., & Wilyadewi, I. I. D. (2023). Pengaruh Desain Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Keben di UD. Sedana Mertha. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(10), 1895-1907. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24