Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien

  • Ni Putu Ayu Surya Arnika Putri Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia Indonesia
Keywords: Trust, Service Quality, Satisfaction

Abstract

This research was conducted with the aim of knowing the effect of Trust and Service Quality on Outpatient Patient Satisfaction at Karya Prima Clinic in Denpasar. The population in this study were Karya Prima Clinic patients in 2022 as many as 1907 people with a total sample of 95 respondents. Data analysis techniques used in this study were validity, reliability, classical assumptions, multiple linear regression, coefficient of determination, t test and F test. Based on the results of the study it can be seen that trust and service quality have a positive and significant effect partially and simultaneously on satisfaction outpatient. The magnitude of the influence of independent variables on patient satisfaction is 57.4%. Seeing the results of the research, the Karya Prima Clinic in Denpasar in the future must provide a suggestion box at the reception so that later the patient can provide suggestions and input to the hospital if there are deficiencies that the patient feels while undergoing treatment at the Karya Prima Clinic in Denpasar.

References

Apriyani, Sunarti. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Konsumen The Little A Coffe Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 51 No.2

Aziz Saputri.2019. Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jne Express di Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau [Skripsi]

Chariri, A. 2009. LANDASAN FILSAFAT DAN METODE PENELITIAN KUALITATIF. Paper disajikan pada Workshop Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Laboratorium Pengembangan Akuntansi (LPA), Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, 31 Juli – 1 A gustus 2009.

Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertai ilmu manajemen (5th ed). Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, 1. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed). Semarang Universitas Diponegoro.

Gunartik, Nainggolan. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan (Di Politeknik Negeri Batam). Jurnal Akuntansi Barelang. Vol.3 No. 2, e-ISSN 2580-5118

Harfika, Abdullah. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Jurnal Balance Vol. XIV No. 1

Hermawan, E. dan Amirullah.2016. Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Media Nusa Creative : Malang

Krismantara, K. H., Suartina, I. W., & Mahayasa, I. G. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di UD. Paon Kembar Desa Peguyangan Kangin Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 3(4), 790-798.

Kuncoro, M. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi : Bagimana Meneliti & Menulis Tesis?. Edisi Empat.Jakarta : Penerbis Erlangga

Kurniawati, Irawan dan Prasodjo. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pizza Hut Cabng Jember.e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi. Volume VI (1) : 147-151 ISSN : 2355-4665

Malhotra, N.K. 2007. Marketing Research : An Applied Orientation.Fifth Edition. Pearson Prentice Hall, United States Of America.

Prakoso. 2017. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas. Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah

Pramesti, G. 2018. Mahir Mengolah Data Penelitian Dengan SPSS 25. Jakarta : PT. elex Media Komputindo

Rahyuda, K. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Edisi Revisi 2017. Denpasar : Udayana University Press.

Ramadhayanti, A. 2019. Aplikasi SPSS Untuk Penelitian dan Riset Pasar. Jakarta : PT. elex Media Komputindo

Ridha, N. 2017. Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, Vol. 14, No. 1, pp. 62-70

Rosalia, Purnawati. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rsu Surya Husadha Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 5 ISSN: 2302-8912

SANTOSO, s. 2018. Menguasai Statistik Dengan SPSS 25. Jakarta : PT. elex Media Komputindo

Saputra. 2018. Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol. 03 No. 02,72-89

Setyawati, Rifa’I dan Sasmito. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Pasien. MADANI Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan. Vol 10 No. 2 e-ISSN 2620-8857

Situmeang. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Sujarweni, W., dan Utami, L.R.2019. The Master Book of SPSS: Pintar Mengolah Data Statistik Untuk Segala Keperluan Secara Otodidak. Yogyakarta : Penerbit STARTUP.

Published
2023-10-01
How to Cite
Arnika Putri, N. P. A. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(10), 1992-2001. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24