Pengaruh Harga dan Celebrity Endorsement terhadap Keputusan Pembelian Produk

  • Ni Kadek Diah Pratiwi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Putu Herny Susanti Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Made Risma M.Arsha Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Price, Celebrity Endorsement, Purchase Decision

Abstract

This study was conducted to determine the impact of price and celebrity endorsements on product purchase decisions at Sing Demen Ruet Clothing Distro. This study was conducted at clothing distribution Sing Demen Ruet located on Jl. Nusa Indah No. 18, Denpasar. The population of this study was Sing Demen Ruet clothing distribution visitors. The sample used in this study was 100 respondents identified by random sampling method. Data analysis techniques used in this study are validity, reliability, classical assumptions, multiple linear regression, coefficient of determination, t test and F test. Based on the research results, it can be seen that: (1) Price has a positive and significant effect on a purchase decision (2) Celebrity endorsements have a positive and significant impact on a purchase decision (3) Awards and endorsements by Celebrities have a positive and meaningful impact on purchasing decisions. The level of influence of the independent variables on the purchase decision is 54.2%. 

References

Abdullah, Thamrin, Tantri, & Francis. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Amstrong, G., dan Kotler , P. (2012). Dasar - Dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.

Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk, Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis.

Artini, I. R. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Kecantikan Sunsilk Cro-Creations Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Fildzah dkk, (2017), Pengaruh Celebrity Endorser dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Sweater Online Shop di Media Sosial Instagram, Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, Vol. 11, No. 2.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Juliana dkk, (2018), Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Produk Kosmetik Etude House Pada Mahasiswi Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan Karawaci, Jurnal Ilmiah Skylandsea, Vol. 2, No. 2.

Keller, K. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

------ (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Alfamart Di Kota Medan). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah.

Ngaisah, S. (2020). Manajemen Pemasaran. Bekasi: Pustaka Abadi.

------ (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Natasha Skin Care (Studi Kasus Konsumen Natasha Skin Care Lippo Cikarang). Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Ilmu Sosial Universitas Pelita Bangsa Bekasi.

Peter, J., Paul, Olson, dan Jerry, C. (2010). Consumer Behavior And Marketing Strategy 9th . New York, Usa: Graw Hill.

Rayan, F. M. (2004). Marketing Celebrities. Jakarta: Pt. Elex Media Komputindo.

Riyono, & Budiharja, G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal Stie Semarang.

Rusmawati, D. J., dan Yunny. (2019). Pengaruh Harga Kamar Dan Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Konsumen Di Shangrila Hotel Surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen.

Samosir, Legia, & Stephani. (2016). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dewi Sandra Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Bandung. Jurnal Sosioteknologi.

Sari, Diana, & Yunita. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kapur Barus Merek Bagus (Studi Pada Konsumen Giant Bsb Semarang). Jurnal Ekonomi.

Schiffman, dan Kanuk. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Septiani, Yerita, Oentoeng, & Irvan, F. C. (2020). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Baju Bayi Di Instagram @Preloved1402. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, Dan Manajemen Tri Bisnis.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sudodo, Yandri, (2019), Analisis Pengaruh Harga dan Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 04, No. 01.

------ (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sunny. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Oleh Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.

Tjiptono, F., & Anastasia, D. (2016). Pemasaran, Esensi, Dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

------ (2016). Pemasaran Esesi Dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Wang, C., Wang, Y., Wang, J., Xiao, J., & Liu, J. (2021). Factors Influencing Consumers' Purchase Decision-Making In 020 Business Model: Evidence From Consumers' Overall Evaluation. Journal Of Retailing And Consumer Services.

Wirawan, N. (2017). Cara Mudah Memahami Statistika Ekonomi Dan Bisnis. Denpasar: Keraras Emas.

Published
2023-12-01
How to Cite
Diah Pratiwi, N. K., Susanti, P., & M.Arsha, I. M. (2023). Pengaruh Harga dan Celebrity Endorsement terhadap Keputusan Pembelian Produk. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(12), 2374-2384. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24