Pengaruh Kredibilitas Endoser dan Daya Tarik Iklan terhadap Minat Beli Konsumen
Abstract
This study aims to determine the partial and simultaneous effect of endorser credibility and advertising attractiveness on consumer buying interest in e-commerce Shopee in Badung Regency. The population in this study were all Shopee e-commerce consumers/users in Badung Regency. Determination of the sample using the Roscoe method as many as 120 respondents who were taken using the accidental sampling method. After carrying out the instrument test and classical assumption test, then data analysis was carried out using multiple linear regression analysis, determination, t test, and F test. The results of the analysis show that endorser credibility has a significant positive effect on consumer buying interest in e-commerce Shopee in Badung Regency . Advertising attractiveness has a significant positive effect on consumer buying interest in e-commerce Shopee in Badung Regency. Simultaneous endorser credibility and advertising attractiveness on consumer buying interest in Shopee e-commerce in Badung Regency.
References
Aisyah, N. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Produk Indomie (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Bekasi). Jurnal Khatulistiwa, 3(2), 1–15.
Alkatiri, S., Tumbel, A. L., & Roring, F. (2017). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Matahari Departement Store Manado Town Square. Jurnal Ekonomi, 5(2), 1–14.
Efendi, J., & Kusnawan, A. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Kredibilitas Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Konsumen Brand X.Eight Pada Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma Program Studi Manajemen). Jurnal Ekonomi dan Bisnis2, 2(1), 1–15.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. BP-UNDIP.
Jackson, H. N. T., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Potongan Harga Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Penggunaan Aplikasi Belanja Shopee (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Journal economy, 9(3), 1–6.
Kalele, B., Oroh, S. G., & Sumarauw, J. (2015). Pengaruh Word Of Mouth, Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Motor Suzuki Satria Fu Pada Pt. Sinar Galesong Mandiri. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3), 1–15.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing Managemen (15 ed.). Prentice-Hall Published.
Mubarok, D. A. A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung). Jurnal Indonesia Membangun, 15(3), 25–36.
Puspita, R., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Iklan, Harga, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 418–425.
Sartika, B., & Sukirno, I. (2014). Pengaruh Kredibilitas Endorser Agnes Monica Dalam Iklan Kartu Prabayar Simpati Di Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen. Journal article MODUS, 26(2), 145–156.
Shimp, T. (2018). Komukasi Pemasran Terpada Dalam Periklanan Dan Promosi (8 ed.). Salemba Empat.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Triwardhani, D. (2020). Pengaruh Promosi Digital Pada Keputusan Pembelian Agensi Iklan Online. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Informatika, 16(3), 284–296.
Wijaya, P. (2015). Pengaruh pesan iklan, keterlibatan iklan, kredibilitas, dan kecocokan endorser pada minat beli melalui sikap konsumen. Jurnal Siasat Bisnis, 19(1), 1–14.
Yunita, P. A. (2020). Pengaruh Komitmen Pimpinan, Moralitas Individu, Penegakan Hukum, dan Pengendalian Internal Terhadap Kecenderungan Kecurangan (Fraud). E-Jurnal Akuntansi, 1(1), 1–12.