Meningkatkan Keputusan Pembelian dengan Product Bundling, In Store Display, dan Diskon

  • I Kadek Riki Mahardika Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Putu Putra Astawa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Purchase Decision, Product Bundling, In-Store Displays, Discount

Abstract

Efforts to increase company sales greatly impact the continuity of the company in carrying out its production. This can be supported by increasing purchasing decisions from consumers of the products offered. This research was conducted to determine the impact of product bundling, in-store displays, and discounts in increasing purchasing decisions for Oreo products (study at Alfamart Gunung Agung, West Denpasar). The research population is all consumers who are not known with certainty so that a sample of 70 people will be selected using a purposive sampling method. The selected data analysis is multiple linear regression analysis. The results of the study prove that product bundling, in-store displays, and discounts have a positive and significant impact on increasing purchasing decisions. Suggestions are given to companies to improve purchasing decisions by maximizing product bundling, in-store displays, and discounts.

References

Alghifari, A. Y., & Rahayu, T. S. M. (2021). “Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee: Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto.” Derivatif Jurnal Manajemen, 15(2), 223–236.

Astari, I. Y. (2019). “Pengaruh Display, Harga, Promosi, Pelayanan, Dan Interior Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Grosir Pakaian Aziziah Kota Kediri.” Ekuivalensi : Jurnal Ekonomi Bisnis, 5(1), 83–97.

Fauzan, M. I., & Sujana, S. (2022). “Pengaruh Kelengkapan Fitur Aplikasi, Kemudahan Transaksi, Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Pada Aplikasi Tix Id.” Jurnal Informatika Kesatuan, 2(1), 1–14.

Febrianto, D. (2021). “Pengaruh Iklan Di Media Sosial Dan Potongan Harga (Diskon) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Blibli.Com Pada Pengikut Akun Twitter @Bliblidotcom.” Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3), 206–217.

Fortuna, E. Della, Purwanto, H., & Kadi, D. C. A. (2022). “Pengaruh Discount, Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Luwes Supermarket Ngawi.” Simba : Seminar Inovasi Majemen Bisnis Dan Akuntansi 4, 1–11.

Handiyani, N. L., & Kusyana, D. N. B. (2022). “Apakah Keputusan Pembelian Konsumen Akan Meningkat Karena Ewom Dan Gaya Hidup?” Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(3), 767–778.

Iswnto, B., & Handaruwati, I. (2023). “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Alat Listrik.” Jurnal Manajemen Riset Dan Teknologi Universitas Karimun (Jurnal Maritim), 4(2), 178–188.

Kusnawan, A., Diana, S., Andy, A., & Tjong, S. (2019). “Pengaruh Diskon Pada Aplikasi E-Wallet Terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial Di Wilayah Tangerang.” Sains Manajemen, 5(2), 137–160.

Mustikasari, D., Saputri, D., Sari, D. R., Hartini, S., & Ekawaty, N. (2021). “Pengaruh Bundling Produk Dan Inovasi Layanan 4.5g Terhadap Keputusan Pembelian Pada Xl Pascabayar.” Jurnal Ilmiah Manajemen Emor ; (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset), 4(2), 284–296.

Nugroho, A., Ariningsih, E. P., & Prasaja, M. G. (2023). “Pengaruh In-Store Display Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Indomaret).” Jurnal Volatilitas, 5(1), 62–76.

Nugroho, A. P., & Basuki, S. D. R. (2023). “Pengaruh Media Sosial, Kupon, Produk Bundling Dan Diskon Yang Dilakukan Lotte Grosir Cikarang Terhadap Prilaku Pembelian Konsumen.” Prosiding Semanis : Seminar Nasional Manajemen Bisnis, 1(1), 25–28.

Nurwahidah, & Purnama, I. (2021). “Pengaruh In Store Display Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Bolly Bakery ).” Journal Scientific Of Mandalika (Jsm), 2(8), 370–376.

Octhaviani, S., & Sibarani, H. J. (2021). “Analisis Pengaruh Citra Merek Produk, Kualitas Produk, Dan Harga Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Kopi Pada Pengguna Aplikasi Grab Food Di Kota Medan.” Scientific Journal Of Reflection : Economic, Accounting, Management And Business, 4(3), 521–528.

Putra, I. G. S., Sugianingat, I. A. P. W., & Astrama, I. M. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(3), 844–864.

Putri, R. A., & Winarno. (2019). “Pengaruh Price Discount, Bonus Pack Dan In Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Chandra Pringsewu Tahun 2016’’.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen, 10(01), 28–43.

Risnawati, N. P. D., Sadiartha, A. A. N. G., & Sunny, M. P. (2021). “Peran Hedonic Shopping Motivation, Store Atmosphere, Dan Price Discount Dalam Meningkatkan Impulse Buying.” Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2), 530–540.

Safitri, S. N., & Mutmainah, K. (2023). “Price Discount, Bonus Pack, In-Store Display Dan Financial Attitude Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Impulse Buying Behavior Konsumen (Studi Kasus Pada Generasi Z Pengunjung Rita Pasaraya Wonosobo).” Journal Of Economic, Business And Engineering (Jebe), 4(2), 294–306.

Salim, A., & Fermayani, R. (2021). “Pengaruh Potongan Harga, Promosi Penjualan, Tampilan Dalam Toko Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen Matahari Departementstore Padang.” Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 7(3), 1–14.

Sonata, I. (2019). “Pengaruh Price Discount Dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Produk Miniso.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb), 4(1), 46–53.

Sudiastari, N. K. T., & Hartati, P. S. (2022). “Pengaruh Product Quality Dan Price Fairness Terhadap Keputusan Pembelian Reseller Jordan Bakery Pada Pt. Nusa Kahyangan Asri Di Ketewel, Sukawati, Gianyar.” Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(2), 319–330.

Triolita, N. (2022). “Analisis Bundling Produk Baju Muslim Terhadap Keputusan Pembelian Saat Pandemi Covid-19.” Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik Nsc Surabaya ||, 1(1), 19–22.

Warnerin, G., & Dwijayanti, R. (2020). “Pengaruh Diskon Dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying Konsumen Matahari Department Store Gress Mall Gresik.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2), 896–903. Www.Sentrarak.Com

Wijaya, A., & Kinder, L. (2020). “Pengaruh Price Bundling Dan Product Bundling Terhadap Niat Membeli Yang Dimoderasi Oleh Barang Komplementaritas.” Jurnal Manajemen, 17(1), 28–38.

Yoga, Putu Sedana, & Pratiwi, K. A. (2022). “Pengaruh Citra Merek Dan Price Discount Terhadap Minat Beli Konsumen Di Tokopedia.” Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(2), 585–592.

Yosepha, S. Y., Sulhendri, S., & Asmana, S. (2021). “Pengaruh Iklan Di Media Sosial Dan Potongan Harga (Diskon) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Blibli.Com Dengan Pajak Sebagai Variabel Faktual (Studi Kasus Pada Pengikut Akun Twitter @Bliblidotcom).” Jmb : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(1), 238–249.

Published
2023-12-01
How to Cite
Mahardika, I. K. R., & Astawa, I. P. P. (2023). Meningkatkan Keputusan Pembelian dengan Product Bundling, In Store Display, dan Diskon. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(12), 2399-2412. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24