Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening

  • Ni Wayan Sulastini Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Luh Adisti Abiyoga Wulandari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Gde Indra Surya Diputra Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, Repurchase Intention

Abstract

This study aims to determine the effect of service quality on customer satisfaction, to determine the effect of service quality and customer satisfaction partially on repurchase intention and to determine the indirect effect of service quality on repurchase intention through customer satisfaction. The location of this research is the customer at Tarukan Photo Studio in Denpasar. The sample in the research is 98 respondents. The research method used is quantitative. The data analysis technique used in this study is the validity test, reliability test, and sobel test. From the results of the study it can be seen that service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, service quality has a positive and significant effect on repurchase intention, customer satisfaction has a positive and significant effect on repurchase intention, and service quality has an indirect effect on repurchase intention through consumer satisfaction. Suggestions that can be given by researchers are that Tarukan Photo Studio in Denpasar is expected to improve the quality of services provided, by providing training to employees and supervising employees in providing services so that employees are able to provide fast, precise and responsive responses to customers

References

Ambarwati, I. A. T., Kawiana, I. G. P., & Mahayasa, I. G. A. (2022). Mediasi Kepuasan Konsumen Pada Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Pada PT Prisma Elektrika Bali. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(3), 832-843.

Chrisharley, Wirko. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan maskapai Lion Air Indonesia/Wirko Chrisharley/21160210/Pembimbing: Tony Sitinjak.

Faradiba, Faradiba, & Astuti, Sri. Rahayu. Tri. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 59-69.

Krismantara, K. H., Suartina, I. W., & Mahayasa, I. G. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di UD. Paon Kembar Desa Peguyangan Kangin Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 3(4), 790-798.

Martin, Krisantus. (2021). "Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen KFC di Jakarta Utara/Krisantus Martin/26150336/Pembimbing: Bilson Simamora."

Masduko, Uko, and Dewi Yulianti Indah. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung. Diss. Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

Pastikarani, Dyah Adhisti, and Rahayu Tri Astuti SRI. (2016). “Analisis pengaruh faktor-faktor minat beli ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (studi kasus pada pelanggan Hest’in Modiste di iJakarta)”. Diss. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Putra, Oryza Yudha Nugroho. (2017). "Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Pemediasi pada Bengkel Jolo Sejahtera Madiun." JRMA (Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi) 5 (1), 70-83.

Putri, Yulia Larasati, and Hardi Utomo. (2017). "Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening (Studi persepsi pada pelanggan dian comp ambarawa)." Among Makarti 10.1.

Saraswathi Maytri Kiara, & Wardana, I. Made. (2021). “Pengaruh Pengalaman Terhadap Niat Menggunakan Kembali Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Grabfood Di Kota Denpasar)”.E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(11).

Sari, Meida Ramita, and Rahayu Lestari. (2019). "Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang Konsumen Keretaapi Kelas Eksekutif Argo Parahyangan." Oikonomia: iJurnal Manajemen 15(1).

Saputri, Dian Mutiara, and Sri Rahayu Tri Astuti. (2016). "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk Customcase Handphone Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Tntshop3 Semarang)." Diponegoro Journal of Management 5(3) 674-683.

Seolistio, Yuwan. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Jasa Paket Pos Indonesia (Studi Pelanggan Pos Indonesia Di Universitas Negeri Yogyakarta)”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wibowo, Sarwo Eddy, Endang Ruswanti, and Unggul Januarko. (2013)."Pengaruh persepsi kualitas pelayanan terhadap niat pembelian ulang pada Toko Buku Gramedia Yogyakarta." iJurnal Ekonomi 4.1: 56-64.

Wulandari, Septian, and Novi Marlena. (2020)."Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada iPengguna Transportasi Migo Di Surabaya." Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

Published
2024-03-01
How to Cite
Sulastini, N. W., Adisti Abiyoga Wulandari, N. L., & Indra Surya Diputra, G. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(3), 417-428. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24