Peranan Kualitas Pelayanan, Promosi dan Citra Destinasi terhadap Kepuasan Pengunjung

  • Ni Putu Andini Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Luh Adisti Abiyoga Wulandari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Wayan Wina Premayani Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Quality of Service, Promotion, Destination Image, Visitor Satisfaction

Abstract

Visitor satisfaction is a key factor for every tourist destination to be able to continue to run its operations. Visitors who feel satisfied will have various good impacts on the sustainability of tourist attractions in a sustainable manner. This study tested the role of service quality, promotion and destination image on visitor satisfaction at the Subak Teba Majalugu Educational Tour in Denpasar. The population of this study was all visitors to the Subak TeBA Majalgu Education Tour during 2022, namely 2,942 people with a total sample obtained using the slovin formula of 80 people. Testing for the proposed hypothesis was carried out by means of multiple linear regression analysis. The results were found after testing, namely both partial tests and simultaneous tests of service quality, promotion and destination image showing a positive and also significant influence on visitor satisfaction. It is suggested to managers to improve service quality, promotion and destination image so that visitor satisfaction increases.

References

Andriani, N. W. T., Suartina, I. W., & Mahayasa, I. G. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Intervening. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 3(7), 1424-1436.

Ardiansyah, R. A., & Wibowo, T. S. (2020). “Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Susu Indomilk Di Kecamatan Wonokromo Surabaya.” Journal Of Sustainability Bussiness Research (Jsbr), 1(1), 338–346.

Azhar, A., & Iskandarsyah. (2019). “Pengaruh Ekspektasi, Persepsi Kualitas, Persepsi Nilai Dan Citra Tujuan Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Pulau Weh Sabang.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(4), 562–574.

Budiono, A. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian.” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15.

Daffa, K. Van, & Ratnasari, I. (2022). “Pengaruh Citra Destinasi Dan Promosi Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Puncak Sempur Kabupaten Karawang.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 362–372.

Dewa, C. B. (2018). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Wisatawan Di Yogyakarta).” Perspektif, 16(1), 1–6.

Ekawati, D. L. (2019). “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Citra Lembaga Terhadap Loyalitas Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Siswa Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Di Palembang.” Jurnal Adminika, 5(2), 112–123.

Hendrison, & Husda, N. E. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt Asuransi Reliance Indonesia.” Jurnal Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 34–42.

Herawati, S., Saktiendi, E., & Raihanah, A. (2022). “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Kai Access Terhadap Kepuasan Konsumen Pt Kereta Api Indonesia (Persero).” Fjmr?: Formosa Journal Of Multidisciplinary Research, 1(6), 1391–1406.

Hutasoit, A. H., Ginting, S. O., & Eric. (2020). “Kualitas Layanan, Promosi, Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt Bank Btpn Tbk Cabang Medan.” Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(4), 474–481.

Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 72–78.

Juliani, N. P., & Kawiana, I. G. P. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen.” Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(1), 129–138.

Krismantara, K. H., Suartina, I. W., & Mahayasa, I. G. A. (2023). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Ud. Paon Kembar Desa Peguyangan Kangin Denpasar.” Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(4), 790–798.

Kusmadeni, D. (2021). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus: Hotel Di Pangkalpinang.” Jem?: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Stie Pertiba Pangkalpinang, 7(2), 69–79.

Lestari, A. D., & Hidayat, I. (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Globat Jet Express (J&T) Surabaya.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(7), 1–19.

Ngajow, M. T., Tawas, H. N., & Djemly, W. (2021). “Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Citra Objek Wisata Terhadap Minat Berkunjung Pada Objek Wisata Bukit Kasih Kanonang, Dengan Pandemi Covid 19 Sebagai Variabel Moderator.” Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 92–100.

Putra, I. P. A. D., Suartina, I. W., & Wulandari, N. L. A. A. (2023). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Biro Jasa Travel Red Rice Di Denpasar.” Widya Amrita?: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(7), 1446–1456.

Septiandari, W., Hidayatullah, S., Alvianna, S., Rachmadian, A., & Sutanto, D. H. (2021). “Pengaruh Citra Destinasi Wisata Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Pantai Tiga Warna.” Competence?: Journal Of Management Studies, 15(2), 134–148.

Setiawan, D. A., Husen, I. A., Yuliansyah, R., & Wasif, S. K. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek (Studi Kasus Ini Di Wilayah Kelurahan Cipinang Besar Utara). Jip?: Jurnal Inovasi Penelitian, 2(9), 31131–33148.

Sianipar, G. J. . (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Pelanggan Grabbike Di Kota Medan).” Jmb?: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 19(2), 183–196.

Soehardi, S., Gobel, D., Soejatmiko, B., & Syofiansur, M. (2020). “Pengaruh Bunaken Brand, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Turis Domestik Dan Asing Di Provinsi Sulawesi Utara.” Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(1), 9.

Suyono, Purwati, A. A., & Cutan, M. (2020). “Peran Kualitas Pelayanan, Total Quality Management Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Invest?: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 45–56.

Wulandari, S., Rakmawati, S., & Budiasih. (2020). “Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Transportasi Ojek On-Line Di Tangerang.” Ug Journal, 14(3), 31–44.

Yanti, N. W. E., & Puja, I. M. S. (2021). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Percetakan Ud. Wipra Print Karangasem.” Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(3), 943–953.

Published
2024-03-01
How to Cite
Andini, N., Wulandari, N. L., & Premayani, N. W. (2024). Peranan Kualitas Pelayanan, Promosi dan Citra Destinasi terhadap Kepuasan Pengunjung. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(3), 429-442. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24