Peran Sistem Informasi Manajemen dan Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Kinerja

  • I Putu Widiana Putra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Gusti Alit Suputra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Performance, Management Information System, Service Quality

Abstract

Employee performance is demanded not only by non-profit organizations, but also by non-profit organizations whose main mission is to provide public services, such as government agencies. This research was conducted in order to find out the role of management information systems and also the quality of service on employee performance at the Bangli Regency Tourism and Culture Office. The research population totaled 30 people so that all of them were included as samples. Analysis was performed using multiple linear regression. It is known that the results obtained show that the management information system improves employee performance positively and significantly, service quality increases employee performance positively and significantly, and these two variables significantly increase employee performance. It is recommended to continue to improve the management information system and service quality so that performance increases properly

References

Agustian, I., Saputra, H. E., & Imanda, A. (2019). “Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Pt. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu.” Jurnal Professional Fis Unived, 6(1), 42–60.

Alfaini, A. U. ., Wulandari, U. F., & Nadlir. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Guna Meningkatkan Kinerja Sekolah Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Sman 1 Gondang Mojokerto. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11, 202–214.

Amhas, M. (2018). “Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Makassar 01 Selatan.” Jurnal Mirai Management, 3(1), 122–136.

Damayanti, An’ars, M. G., & Kurniawan, A. (2022). “Sistem Informasi Manajemen Berbasis Key Performance Indicator (Kpi) Dalam Mengukur Kinerja Guru.” Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 3(1), 8–18.

Diantari, S., Suartina, I. W., & Oktarini, L. N. (2021). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kenyamanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online (Studi Pada Pelanggan Go-Jek Di Denpasar Barat).” Widyaamrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1321–1329.

Firmansyah, A., Hakim, L., & Tahir, N. (2021). Pengaruh Manajemen Pelayanan Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Sekretariat Dewan Kabupaten Enrekang. Unismuh, 2(5).

Fitriana, B. R. D., Hidana, R., & Parinduri, S. K. (2020). “Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus) Dengan Model Human Organization Technology (Hot)- Fit Di Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor Tahun 2019.” Promotor: Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 3(1), 18.

Ichsan, R. N. (2020). “Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Kinerja Pegawai Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Medan.” Jurnal Ilmiah Metadata, 2(2), 128–136.

Ilyas, A., & Bahagia, B. (2021). Pengaruh Digitalisasi Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Di Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5231–5239.

Kaleb, B. J., Lengkong, V. P. K., & Taroreh, R. N. (2019). “Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dan Pengawasannya Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado.” Jurnal Emba, 7(1), 781–790.

Karlina, E., Rosanto, O., & Saputra, N. E. (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kedisiplin Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Lurah Klender Jakarta Timur.” Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(1), 7–16.

Krismantara, K. H., Suartina, I. W., & Mahayasa, I. G. A. (2023). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Ud. Paon Kembar Desa Peguyangan Kangin Denpasar.” Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(4), 790–798.

Mayasari, A., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2021). “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran Di Smk.” Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.

Nasution, D. A. D., & Agustina, T. (2019). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pengguna Sistem Informasi Manajemen Daerah-Keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.” Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 10(1), 101–114.

Poetri, R. I., Mantikei, B., & Kristiana, T. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Pegawai Pada Kantor Bpprd Palangka Raya.” Journal Of Environment And Management, 1(3), 179–186.

Pramularso, E. Y. (2020). “Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kementerian Ketenagakerjaan.” Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 18(1), 68–74.

Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (Sidjp) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52.

Pratiwi, G. Ay. M. D., Wijaya, P. Y., & Sunny, M. P. (2023). “Pengaruh Sistem Informasi Manajemen, Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Penyidik Dalam Menangani Perkara Pada Satuan Reserse Kriminal Kantor Kepolisian Resor Tabanan.” Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(5), 869–881.

Primawanti, E. P., & Ali, H. (2022). “Pengaruh Teknologi Informasi, Sistem Informasi Berbasis Web Dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan (Literature Review Executive Support Sistem (Ess) For Business) Eka.” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 267–285.

Putra, I. M. B. P. (2021). “Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pizza Hut Cabang Gatot Subroto Denpasar.” Widya Amrita : Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2), 744–756.

Putri, P. A. Y., & Endiana, I. D. M. (2020). “Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Koperasi Di Kecamatan Payangan).” Jurnal Krisna: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 179–189.

Shintia, I. R., & Riduwan, A. (2021). “Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi, Motivasi Kerja Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(3), 2–17.

Siregar, M. P. (2022). “Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Dan Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pegawai Penerima Pendapatan Dikantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Aek Kanopan.” Journal Economy And Currency Study (Jecs), 4(1), 1–13.

Sopian, D., & Wawat, S. (2019). “Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan.” Jsma (Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi), Xi(2), 40–53.

Souhoka, S. (2021). “Analisis Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dan Standar Operasional Prosedur Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Ambon.” Jurnal Ekonomi Peluang, 15(2), 138–149.

Sutisna, A. J., & Noor, J. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Pelayanan Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Kerja. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 283–292.

Utami, N. P. E. W., & Puja, I. M. S. (2021). “Pengaruh Citra Koperasi, Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Serba Usaha Wahyu Artha Sedana Di Gianyar.” Widya Amrita, 1(1), 126–143.

Published
2023-12-01
How to Cite
Putra, I. P., & Suputra, G. (2023). Peran Sistem Informasi Manajemen dan Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Kinerja. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(12), 2471-2482. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24