Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Emas

  • I Putu Surya Dharma Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Dewa Nyoman Benni Kusyana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: product quality; price; promotion; purchasing decisions

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of product quality, price and promotion on purchasing decisions. This research was conducted at CV. Melati Gold Shop Denpasar. The size of the population in this study is not known with certainty. Accidental sampling was used as a sampling technique for 112 respondents who were found at the research location. The Likert scale of five answer choices is used as a measurement scale in the questionnaire. The pilot project was carried out on 30 respondents to test the validity and reliability. The analysis technique used is multiple linear regression using SPSS software. The results of the determination analysis prove that the influence of product quality, price, and promotion on purchasing decisions is 74.2%, where 25.8% of purchasing decisions are caused by other factors. The results of the partial significance test prove that product quality, price, and promotion have a positive and significant effect on purchasing decisions.

References

Abdurrahman, A., & Anggriani, R. (2020). “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian.” Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(4), 224–231.

Afif, M., & Aswati, N. (2022). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perawatan Wajah MS Glow (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Perawatan Wajah MS Glow di Kecamatan Prigen).” JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 4(2), 147.

Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 38–51.

Agita, N., & Meliana, V. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lacoco En Nature.” STREAMING Jurnal Manajemen, 1(2), 84–89.

Alfiah, A., Suhendar, A., & Yusuf, M. (2023). “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco di CV Indosanjaya Kota Bandung.” SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 492–503.

Amalita, R., & Rahma, T. I. F. (2022). “Pengaruh Kemudahan, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Facebook Pada Mahasiswa/I Uinsu Dengan Structural Equation Modeling.” Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (Jmbi Unsrat), 9(2), 593–604.

Anggraini, R., Wulandari, C. D., Sriyanto, S., & Dewita, F. (2023). “Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Direct Marketing Dan Strategi Diferensiasiterhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Motors.” Journal of Business Finance and Economic (JBFE), 4(1).

Arhofa, G. A., & Andarini, S. (2024). “Pengaruh Influencer Marketing dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo Apparel.” Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 11–21.

Arisena, A., Suseno, G. P., & Fahreza, M. (2023). “Peran Penggunaan Website dan Kualitas Produk dalam Keputusan Pembelian pada Produk Fashion.” 14(2), 253–266.

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). “Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.

Dwi, L., & Soebiantoro, U. (2022). “Pengaruh Cita Rasa dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Ayam Yamin Gubeng Kertajaya Surabaya.” Jurnal Manajemen, 12(1), 1–10.

Eltonia, N., & Hayuningtias, K. A. (2021). “Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale 600ml di Kota Semarang).” Jurnal Mirai Manajemen, 6(2), 250–256.

Ernawati, D. (2019). “Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung.” JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17.

Fetrizen, F., & Aziz, N. (2019). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek AICOS Produksi PT. Bumi Sarimas Indonesia.” OSF Preprints, 1, 1–9.

Firmansyah, I. (2019). “Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian Kober Mie Setan di Kota malang.” Management and Business Review, 3(2), 116–123.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). “Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang.” Productivity, 2(1), 1–4.

Hakim, M. A., & Suprihhadi, H. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Jokopi Cabang Dinoyo Surabaya.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(9), 1–14.

Hidayat, R. R., & Rayuwanto, R. (2022). “The Influence of Price and Product Quality on The Purchase Decision Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian.” KEIZAI: Jurnal Kajian Ekonomi, Manajemen, & Akuntansi, 3(2), 241–252.

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). “Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto.” Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42.

Ing, P. G., Zheng Lin, N., Xu, M., & Thurasamy, R. (2020). “Customer loyalty in Sabah full service restaurant.” Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 32(7), 1407–1429.

Ismiatun, D., Budiatmo, A., & Prihatini, A. E. (2022). “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Hangiri Banyumanik Semarang).” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 764–773.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). “Principles of Marketing.” 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.

Kusumawati, O. Y., & Hayuningtias, K. A. (2022). “Kualitas Produk, Resto Atmosphere, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian.” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(2), 187–196.

Lina, R., & Sitohang, S. (2023). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc (Studi Pada Mahasiswa Stiesia Surabaya).” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 12(7), 1–25. https://doi.org/10.37715/jp.v6i2.2029

Lionarto, L., Tecoalu, M., & Wahyoedi, S. (2022). “Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil yang Dimediasi Kepuasan Konsumen.” Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 527–545.

Magdalena, M., & Fauzis, M. (2023). “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada PT. Hayati Pratama Mandiri Padang.” Jurnal Economina, 2(2), 630–640.

Maretiana, R. S., & Abidin, Z. (2022). “Pengaruh harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian.” Jurnal Manajemen, 14(3), 590–597.

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji.” Jurnal Economina, 2(2), 476–490.

Marlius, D., & Mutiara, M. (2022). “Pengaruh Merek, Harga, dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pembelian Smartphone Oppo pada Rindo Cell di Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan)". Jurnal Economina, 1(4), 768–783.

Monica, A., & Bahrun, K. (2020). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kue Bay Tat Chanaya Di Kota Bengkulu.” Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(2), 174–182.

Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Yonita, H. L. (2022). "Analisis Persepsi Harga, Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Umkm Skck (Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah) Metode Structural Equation Modelling (SEM) - Partial Least. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 391–402.

Nasution, S. L., Limbong, C. H. L., & Ramadhan, D. A. N. (2020). “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu)". Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53.

Nuraeni, Y. S., & Irawati, D. (2021). “Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa UBSI).” Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 439–450.

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). “Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif.” Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188.

Nurfitri, R., & Sudartono, T. (2023). “Dampak Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Di Media Sosial Tiktok @Anaira.Official.” Management Studies and Entrepreneursip Journal, 4(3), 2417–2425.

Sari, I. P., & Realize, R. (2023). “Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Di Kota Batam.” Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6(2), 2177–2190.

Selvia, M., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2022). “The Effect of Price and Product Quality on the Purchase Decision of Scarlett Whitening Products on Students of the Faculty of Economics and Business Sam Ratulangi Manado University.” Emba, 10(4), 320–330.

Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). “Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado.” Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).

Siahaan, A. C., Ginting, M., & Br Ginting, L. T. R. (2023). “Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Menantea di Kota Medan.” Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 13(1), 80–91.

Sinaga, A. N. A., Nasution, M. I. P., & Harahap, R. daim. (2023). “Pengaruh Desain Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada UMKM IntanCake’s.” SYARIKAT : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(1), 63–73.

Siswanto, E. P., Agatha, M., & Widyanti, S. (2023). “Pengaruh Brand Image Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Toko Mourish Shoplist Tulungagung.” Jurnal Economina, 2(7), 1816–1828.

Sulistyaningtyas, R., Thalkah, A., & Swasono, E. (2017). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Tupperware Di Iik Bhakti Wiyata Kediri).” JURNAL REVITALISASI Jurnal Ilmu Manajemen, 6(3), 1–8.

Sumilat, S. M. D., Lapian, J., & Lintong, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap “Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada PT. Hasjrat Abadi Yamaha.” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 541.

Sunarmi, & Puspitasari. (2022). “Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Perhiasan Emas di Kota Metro.” FAIR: Financial & Accounting Indonesian Research, 2(1), 25–30.

Susilowati, I. H., & Utari, S. C. (2022). “Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Apotik MAMA Kota Depok.” Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 134–140.

Sutrisno, S., Tannady, H., Wahyuningsih, E. S., Supriatna, D., & Hadayanti, D. (2022). “Analisis Peran Gaya Hidup Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.” Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(6), 4139–4145.

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). “Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta.” Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(2), 113–123.

Tanjung, A. (2020). “Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 05(03), 1–18.

Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2279–2291.

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). “Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran).” JIMT : Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 392–403.

Yusra, I., & Nanda, R. (2020). “Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Kinol Bistro N’Poll Di Kota Padang.” Jurnal Pundi

Published
2023-12-01
How to Cite
Dharma, I. P. S., & Kusyana, D. N. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Emas. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(12), 2505-2518. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24