Pengaruh Strategi Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Kosmetik Ve Beauty di Denpasar

  • Ni Luh Diantary Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • Putu Herny Susanti Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • Gde Indra Surya Diputra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Purchasing Decisions, Promotion Strategy, Service Quality

Abstract

Promotion strategy and service quality are suspected to influence the purchasing decisions at VE Beauty Cosmetic Store in Denpasar. The research problem and objectives aim to determine the impact of promotion strategy and service quality on purchasing decisions at VE Beauty Cosmetic Store in Denpasar. The study involved 6976 consumers, with a sample size of 99 people selected using accidental sampling. Data was collected through questionnaires and analyzed using multiple linear regression, t-test, F-test, and coefficient of determination. The analysis results indicate that: 1) promotion strategy has a positive and significant influence on purchasing decisions at VE Beauty Cosmetic Store in Denpasar, 2) service quality has a positive and significant influence on purchasing decisions at VE Beauty Cosmetic Store in Denpasar, 3) product quality and service quality together have a positive and significant influence on purchasing decisions at VE Beauty Cosmetic Store in Denpasar. Recommendations to improve consumer purchasing decisions at VE Beauty Cosmetic Store in Denpasar include providing fast service, prioritizing customer comfort, regularly updating activities and offers on websites and social media, evaluating employee performance, and providing training to improve employees’ knowledge of the offered products.

References

Afif, M. , S. A. , & M. A. F. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Di Toko Buku La Tansa Gontor). Journal of Islamic Economics, 1(2), 1–23.

Amba, V. F. T. , & S. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Awareness Sebagai Mediasi Pada Konsumen ECommerce Shopee. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(1), 69–77.

Andalusi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Instrumen Penunjang Laboratorium (Studi kasus Pada PT Laborindo Sarana Jakarta). Jurnal Madani, 2(3), 1–9.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Dewi, N. M. P. , I. I. G. A. , & R. P. K. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word Of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. 2(3), 1–9.

Herdiansyah, C. , W. H. , & C. P. D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Management Development. 4(2), 83–89.

Jannah, M. , & A. A. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. New Hunteria Depok. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen), 4, 58–69.

Lestari, R. (2015). Strategi Komunikasi Pemasaran Mobil Low Cost Green Car Melalui Sales Promotion Pada Pt. Astra Internasional Tbk Cabang Ciledug Kota Tangerang. Communication. 6(1), 83–107.

Lubis, I. S. , A. R. , J. S. , & K. K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Krispy Kreme Di Supermall Ciledug Tangerang. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(1), 118.

Marpaung, B. , & M. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Studi Pada Konsumen Alat Mesin Pengolah Kopi Di Pt. Karya Mitra Usaha. JIMKES Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(1), 29–38.

Resa, N. A. , & A. A. lestari. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian Online. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(4), 1–9.

Sugiharto, N. A. , & N. N. (2021). Pengaruh Reputasi Dan Online Customer Review Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen (Survey Pengunjung Tokopedia). 11(2), 1–13.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran (Edisi Empat). Andi Offset.

Wibowo, H. O. , & R. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pesan Antar Makanan Gofood Di Kota Solo. Excellent. 8(1), 70–78.

Published
2023-11-01
How to Cite
Diantary, N. L., Susanti, P. H., & Diputra, G. I. S. (2023). Pengaruh Strategi Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Kosmetik Ve Beauty di Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(11), 2293-2300. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24