Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi Pada Restoran The Little Korean Kitchen di Munggu, Badung

  • Ni Made Parsini Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Ida Ayu Putu Widani Sugianingrat Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Komang Ary Pratiwi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Repurchase Intention, Service Quality, Brand Image, Customer Satisfaction

Abstract

The aim of this research is to determine the influence of customer satisfaction in mediating the relationship between the influence of service quality and brand image on repurchase intention. This research was conducted by The Little Korean Kitchen Restaurant with a sample size of 96 people using the purposive sampling method. The results of the respondents' answers were continued with validity and reliability tests, then continued with hypothesis testing using path analysis and Sobel test. The results of the analysis show that 1) service quality has a positive and significant effect on repurchase interest, 2) brand image has a positive and significant effect on repurchase interest, 3) service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, 4) brand image has a positive and significant effect on customer satisfaction, 5) customer satisfaction has a positive and significant effect on repurchase interest, 6) customer satisfaction plays a positive and significant role in mediating service quality on repurchase interest, 7) customer satisfaction plays a positive and significant role in mediating brand image on repurchase interest.

References

Alamudi, F. F., & Utomo, S. B. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Warung Jumbo Secara Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(12), 1–14.

Albi, M., Parlyna, R., & Hidayat, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Aplikasi Belanja Online X. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(3), 6.

Ali Hasan. (2018). Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Media Pressdindo.

Andari, D. S., & Mathori, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Mie Gacoan Yogyakarta Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 468–489.

Bimaria, N. P. P. R., Kulu, M. P., & Peridawaty, P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Sendy’s Swalayan Palangka Raya. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 1(3), 181–191.

Deby, Santyo Rusandy (2018) Pengaruh Brand image Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Kepuasan pelanggan Pada Rumah Makan Titin Trenggalek. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 2(1). 1-11.

Fakhrudin, A. (2020). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Penumpang Maskapai Garuda Indonesia Di Bandar Udara Adi Soemarmo. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 102.

Feri, F., Karnadi, K., & Praja, Y. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Ulang Kopi Kapal Api pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 2(9), 2077–2096.

Gummelar, B. D. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Percieved Price Fairness, Strategi Diferensiasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Tugu Chocolate Di Kotagede Yogyakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(2), 129–136.

Gunardi, C. G., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku. Prologia, 3(2), 456.

Herdiansyah, C., Welsa, H., & Cahyani, P. D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Management Development, 4(2), 83–89.

Jananuraga, P. G., & Ni Putu Nina Eka Lestari. (2020). Iklan, Citra Merek, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis, 17 (1)(1), 133–149.

Mulyana, Adi (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Shao Kao Kertajaya Melalui Kepuasan pelanggan. Agora. 7(2). 1-8.

Nyarmiati & S. R. Tri Astuti. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Brand image Dan Perceived Value Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Rumah Makan Pondok Bandeng BaBe Kabupaten Pati). Diponegoro Journal of Management, 10(2). 1-14.

Olimsar, F., & Tialonawarmi, F. (2023). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Kembali Di Aplikasi Shopee Serta Dampaknya Pada Keunggulan Bersaing. Journal Of Economic, Bussines And Accounting (Costing), 6(2), 2446–2456.

Rinaldi, Adhitya & Santoso, Suryono Budi (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem Dan Kualitas pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Traveloka di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, vol. 7(2). 1-14.

Riyadi, Sugeng. (2020). Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja, Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Promosi Jabatan Pt. Bambi. Jurnal Syntax Admiration, 1(4), 434–447.

Salsabila, A. N., Saidani, B., & P, A. K. R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus Pada Pelanggan Gen Z. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(1).

Salsabila, C., Umbara, T., & Setyorini, R. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Somethinc. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(4), 668–679.

Saraswati, K. D., Sanjaya, P. K. A., & Trarintya, M. A. P. (2021). Pengaruh Variasi Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Repurchase Intention. Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2).

Sriandani, L., Lie, D., Efendi, & Halim, F. (2018). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Fifgroup Pos Spektra Pematangsiantar. Jurnal Maker, 4(1), 1–9.

Sugiyanto, & Maryanto, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Esa Unggul Pengguna Iphone. PAPATUNG: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan Dan Politik, 4(2). 10-23.

Suryani, R., & Ramdhani, F. N. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Brand Image Toko Terhadap Niat Beli Ulang Di Online Marketplace Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Medikonis, 13(1), 62–69.

Susanti, N., & Syahrian, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Pada Pt. Bank Syariah Mandiri Cabang Pondok Pinang). Jurnal Ilmiah Feasible (Jif), 1(1), 55.

Tripathi, G. (2018). Customer Satisfaction And Word OfMouth Intentions: Testing The Mediating Effect Of Customer Loyalty. Journal of Services Research. 17(2). 1–16.

Ummi, F. K. F. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Sepatu Adidas Di Malang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Toko Sport Station Dinoyo , Malang ). Jurnal Ilmu Manajemen (Jimmu), 4(2), 221–234.

Wicaksono, Ahmad Prayogi, dkk. (2019). Pengaruh Kepuasan pelanggan terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan di Toko Distortion Merch Malang. E- Jurnal Riset Manajemen. 8(18). 130-139.

Widyatmoko, & Wibowo, A. D. (2020). Peran Kualitas Kerja Dan Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cv. Pare Center Kediri. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1505–1512.

Wijayanti, H. T., & Almaidah, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang D’fresco Donut melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Pemediasi. Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 18(2), 225–238.

Yulianti, Ni Kadek Ayu dan Ida Ayu Putu Widani Sugianingrat. (2023). Dampak Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Berkunjung Kembali Melalui Kepuasan Pelanggan. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 3(4), 672-686

Published
2024-06-01
How to Cite
Parsini, N. M., Putu Widani Sugianingrat, I. A., & Pratiwi, K. A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi Pada Restoran The Little Korean Kitchen di Munggu, Badung. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(6), 1240-1252. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24