Pengaruh Fitur Layanan Mesin EDC, Transaction Fee, dan Kualitas Jaringan terhadap Kepuasan Nasabah

  • I Gusti Ayu Sri Pebrianti Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Putu Sri Hartati Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: features, transaction fees, network quality, customer satisfaction

Abstract

One of the important things that every company needs to do and pay attention to is customer satisfaction. Considering the importance of customer satisfaction, it is very necessary to pay attention to the factors that influence it, including EDC machine service features, transaction fees and network quality. Likewise, the BRI Link 2D Mesari Agent, Blahkiuh Village, Abiansemal, in an effort to increase customer satisfaction in transactions, always pays attention to the EDC machine service features, transaction fees and network quality. “The method of collecting data in this research was carried out by means of observation, interviews, documentation, literature study and questionnaires. Questionnaires were given to 99 respondents, and then analyzed using multiple linear regression, determination, t test and F test. The results of this research are that the influence of EDC machine service features on customer satisfaction is positive and significant. The effect of transaction fees on customer satisfaction is positive and significant. The effect of network quality on customer satisfaction is positive and significant.” The influence of EDC machine service features, transaction fees and network quality on customer satisfaction at the BRI Link 2D Mesari Agent, Blahkiuh Village, Abiansemal is positive and significant.

References

Agustinus, Numberi. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Papua Kantor Cabang Pembantu ABEPURA. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih.

Andriani, N. W. T., Suartina, I. W., & Mahayasa, I. G. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Intervening. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 3(7), 1424-1436.

Artina, N. 2021. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan Dan Fitur Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan E-Money di Kota Palembang. Forbiswira Forum Bisnis Dan Kewirausahaan-Sinta 4, 11(1), 120–131.

Attamimi, F. M., Hufron, M., & Rahman, F. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen JNE Kota Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 2010, 27–39.

Aulia, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen E-ISSN : 2461-0593, 6(5).

Choiriyah, Wizdan. 2018. Pengaruh Presepsi Harga dan Kualitas Jaringan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Mahasiswa UNY Kampus Wates yang Menggunakan Kartu Internet Indosat). Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen dan Bisnis. Vol. 1, No. 2, pp. 47-57.

Inayatullah, M. Rifai . 2023. Pengaruh Kualitas Jaringan Internet, Biaya Dan Fitur Layanan Mesin EDC Terhadap Kepuasan Pelanggan Agen Brilink Di Kota Parepare. Jurnal Pendidikan dan Teknologi. Vol. 1. No. 1. Hal : 65-81.

Iryanie, E., & Handayani, M. 2019. Akuntansi Biaya. Poliban Press

Erlinda, L., & Kurniawan, P. H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bauran Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Duta Karya Indo Perkasa Batam. Jurnal Ekuivalensi, 6(1), 1–15.

Kasanti, N., Wijaya, A., & Suandry. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard pada PT AIM Safety Indonesia. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(1), 43–51. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/download/12470/8992

Muis, A., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. M. M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Pengguna Tranportasi Go-Jek Di Semarang. Jornal Ekonomi Dan Bisnis, 4(4), 1–18.

Meileny, F., & Wijaksana, T. I. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Linkaja Di Indonesia. Jurnal Ecodemica, 4(2), 201–202

Rahmawati. 2022. Pengaruh Kualitas Jaringan, Kualitas Pelayanan, Emosional, dan Biaya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Kartu Telkomsel. Jurnal Humaniora, Vol. 6 No. 2. Hal : 73-80

Rahmawati, A., & Arifin, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kapal Penumpang Km. Napoleon Rute Perjalanan Kendari-Wanci (Studi Kasus Pt. Aksar Saputra Lines). E-Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, 2(1), 82–94.

Riadi, M., Kamase, J., & Mapparenta, M. (2021). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Toyota (Studi Kasus Pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin). Journal of Management Science (JMS), 2(1), 41–60. https://doi.org/10.52103/jms.v2i1.320

Sitepu, Jhoni Hendra. 2021. Pengaruh Perubahan Transaksi Konsumen Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen EDC (Electronic Data Capture) Yokke Yang Dimediasi Oleh Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pengguna EDC Yokke PT. Mitra Transaksi Indonesia).

Syahputri, Juli, 2023. Pengaruh Lokasi, Biaya Dan Fitur Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Bertransaksi Pada Aplikasi Toko Modern Fastpay”. Jurnal Riset Manajemen, Vol. 10, No. 2, Juli 2023, 132–150.

Tambah, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Traveloka. Jurnal Ekobis 45, 1(1), 1–7.

Ulfa, M., & Selviani, S. (2022). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada Usaha Travel Mobil. Jurnal Al-Muqayyad, 5(1), 20–32.

Vlachos, P., Vrechopoulos, A. P., & Doukidis, G. (2018). Exploring Consumer Attitudes Towards Mobile Music Services. International Journal on Media Management, 5(2), 138-148.

Wang, B, Li, JW, Zhang, ZB, Wang, RR, Ma, YL, Blystad, DR, Keller, ERJ & Wang, QC 2014, ‘Three Vitrification-Based Cryopreservation Procedures Cause Different Cryo-Injuries To Potato Shoot Tips While All Maintain Genetic Integrity In Regenerants’, J. of Biotech., vol. 184, p. 47-55

Published
2024-06-01
How to Cite
Sri Pebrianti, I. G. A., & Hartati, P. S. (2024). Pengaruh Fitur Layanan Mesin EDC, Transaction Fee, dan Kualitas Jaringan terhadap Kepuasan Nasabah. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(6), 1080-1090. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24