Pengaruh Brand, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Thrifting

  • I Wayan Adi Utama Putra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Wayan Suartina Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Komang Ary Pratiwi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Brand, Price, Product Quality, Purchasing Decisions

Abstract

The main objective of this research is to investigate the impact of product brand, price and quality on purchasing decisions for recycled clothing in the city of Denpasar. The sampling method uses a slice target by multiplying the target number 5 times and selecting 100 respondents. Data analysis was carried out using multiple linear regression. The research results shown are that in general, brand, price and product quality have a significant influence on the decision to purchase thrifting clothing. However, when explained separately, it can be concluded that the brand does not have a significant influence on purchasing decisions. The findings show that price influences purchasing decisions, while product quality may not have a significant influence.

References

Anang Firmansyah. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning and Straegy). Surabaya: Qiara Media.

Anang Firmanyah. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Didik Harjadi dan Iqbal Arraniri. (2021). Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial. Cirebon: Insania. 35

Dewi Rara Amiati, Sucipto Sucipto dan M Taufik Ridho (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas (Thrifting) Di Pasar Angso Duo Kota Jambi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. 16-19.

Doni Marlius dan Nadilla Jovanka. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen YOU Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economia , 243-244.

Fetrizen dan Nazaruddin Aziz. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) PT Bumi Sarimas Indonesia. Jurnal: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, 7.

Farisa Hasna Nadiya dan Susanti Wahyuningsih. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol.3) , 1100-1102.

Gitania A. Rorong, Lucky F. Tamengkel dan Danny D. S. Mukuan. (2021). harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pakaian bekas import di pasar baru Lamongan. Journal of Economics and Accounting , 232-233.

Ismi Padillah. (2022). Dampak Penjualan Pakaian Bekas terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang di Pasar Sambu Kota Medan Dalam Prespektif Ekonomi Islam. El-Mujtama : Jurnal Pengabdian Masyarakat , 167.

Lianita Widyaratna dan Ahmad Zainuri. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Preloved Di Thriftshop. Journal of Comprehensive Science (JCS) , 945-946.

Meithiana Indrasari. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Muzammil ilmi Listighfaroh. (2019). Pengaruh kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap KeputusanPembelian Produk Sabun Cair Feira White Shower Milk Di Surabaya. (Doctoral dissertation, Universitas Wijaya Putra) , 9-14.

Nunjiyatul Imaroh dan Novi Marlena. (2022). Pengaruh brand reputation dan harga terhadap keputusan pembelian pakaian branded preloved di thriftshop online instagram. Jurnal Manajemen , 243-244.

Ni Matur Rahmayanti. (2021). Pengaruh brand image, harga, dan fashion lifestyle terhadap keputusan pembelian pakaian branded preloved di thriftshop online instagram: studi kasus pada konsumen@ rilyshop di kota Surabaya. Manajement Business Journal , 848-866.

Novita Sari. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pakaian Impor Second di Pasar Jongkok (PJ) Tembilah Kabupaten Indragiri Hilir Dalam Perspektif Ekonomi Islam. 95-96.

Pingki Permata Sari dan Azis Slamet Wiyono. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Thrift Pada Masyarakat Solo Raya. 55-60.

Rupayana, I. K., Suartina, I. W., & Mashyuni, I. (2021). Ewom Terhadap Keputusan Pembelian 2. Jurnal Widya Amrita, 1(1), 233–247.

Suarningsih, N. K., Nugroho, W. B., & Aditya, I. G. N. A. K. (2021). Thrift Shopping Sebagai Alternatif Konsumsi Fashion Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana. Jurnal Ilmiah Sosiologi , 2.

Sidik Priadana dan Denok Sunarsi. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books. 159

Vica Nadila Narvantinova, Fitriani Latief dan Andi Ircham Hidayat. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Thrift ShopOnline di Kota Makassar (Studi Pada Konsumen @Thriftbuy.me Kota Makassar). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan , 19-21.

Viola Swara Nadaranty Savira dan Ida Yulianti. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Thrift Shop. Jurnal Kewirausahaan dan Inovas , 116-117.

Wisnu Nafiri. (2023). Pengaruh Brand Import, Harga, Dan Fashion Life Style Thrift Shop Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Branded Pada Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember Angkatan 2018. 82-87.

Published
2024-06-01
How to Cite
Putra, I. W. A. U., Suartina, I. W., & Pratiwi, K. A. (2024). Pengaruh Brand, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Thrifting. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(6), 1102-1110. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24