Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Menginap Konsumen pada Hotel Bubu Suite Ubud dengan Dimoderasi oleh E-Commerce

  • I Wayan Gede Andika Putra Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Promotion, E-Commerce, Stay Decision

Abstract

A purchasing decision is a person's attitude to buy or use a product or service that they believe in and suits their needs. This also applies to the sustainability of the tourism industry, purchasing decisions can be in the form of consumer stay decisions. The aim of this research is to determine the effect of promotions on consumers' decision to stay at the Bubu Suite Hotel, Ubud, moderated by e-commerce. The population in this research is all consumers at the Bubu Suite Hotel Ubud with a sample of 100 consumers. Data collection was carried out using observation, interviews, documentation, literature study methods. The data analysis method used is the Simple Linear Regression method and Moderated Regression analysis (MRA). The instrument test was carried out by testing validity and reliability using SPSS software. The results of the analysis show that promotions have a positive and significant effect on consumers' overnight decisions, E-commerce as a moderating variable has a negative and significant effect. Thus, the E-commerce variable weakens the influence of promotions on consumers' overnight decisions.

References

Bahtiar, D., & Marlina, N. (2022). Seberapa Efisien Penggunaan Aplikasi E-Commerce dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian: Studi Kasus Pada Aplikasi Klik Indomaret. Bisman (Bisnis Dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 5(3), 577–593.

Basuki, K. (2022). PENGARUH KUALIITAS PRODUK DAN MINAT BELANJA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG DI MODERASI OLEH E-COMMERCE. MEDIA MANAJEMEN JASA, 10(2).

Efrianto, A., & Suwitho, S. (2016). Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi Dan Layanan Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel The Alana Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(9).

Erdin, A. R., & Kasmita, K. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel New D’dhave Padang. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 1(2), 59–63.

Fahrudin, M. F., & Yulianti, E. (2015). Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya. Journal of Business & Banking, 5(1), 149–162.

Laurensia, A. S., & Listen, G. (2022). Pengaruh E-Commerce dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Lazada. Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 557–566.

Musthofa, M., & Karsudjono, A. J. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Menginap Konsumen (Studi Kasus di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru). Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 10(2), 1–18.

Praptiningrum, D. A., & Talumantak, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Lokasi terhadap Keputusan Menginap di Hotel Mercure Jakarta Gatot Subroto. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional, 4(3), 12–25.

Pratiwi, N. K. A., & Ekawati, N. W. (2020a). Brand Image Memediasi Hubungan E-Commerce Dengan Keputusan Pembelian Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(6), 2268.

Pratiwi, N. K. A., & Ekawati, N. W. (2020b). Brand Image Memediasi Hubungan E-Commerce Dengan Keputusan Pembelian Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(6), 2268.

Putra, E. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Dan Review Produk Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa STIE Pasaman). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 467–474.

Ramdhan, J. M. (2019a). Pengaruh Media Sosial Dan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Distro House of Smith. Almana: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(3), 534–544.

Ramdhan, J. M. (2019b). Pengaruh Media Sosial Dan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Distro House of Smith. Almana: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(3), 534–544.

Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).

Sintyawati, N. P. A., Wijaya, P. Y., & Wulandari, N. L. A. A. (2022). Pengaruh Strategi Promosi dan Fasilitas Pariwisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(3), 760–766.

Syahputra, R. R., & Herman, H. (2020). Pengaruh Promosi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Di Os Hotel Batam. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 62–70.

Published
2024-06-01
How to Cite
Putra, I. W. G. A. (2024). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Menginap Konsumen pada Hotel Bubu Suite Ubud dengan Dimoderasi oleh E-Commerce. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(6), 1195-1205. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24