Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Mietime Woah di Kabupaten Badung

  • I Gusti Ayu Maharani Dewi Program Studi Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Hindu Indonesia
  • Putu Yudy Wijaya Program Studi Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Hindu Indonesia
  • Dewa Nyoman Benni Kusyana Program Studi Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: store atmosphere, service quality, social media marketing, purchasing decisions

Abstract

The rise in popularity of processed noodle dishes has opened up a promising avenue for business opportunities, but it has also sparked heightened competition. This study aims to investigate how the ambiance of the store, the quality of service provided, and the effectiveness of social media marketing impact consumer purchasing choices. Conducted at Mietime Woah Restaurant in Badung Regency, the research focused on consumers in 2022, totaling 8,300 individuals, with a sample size of 99 selected through accidental sampling. Data collection methods included interviews, surveys, literature reviews, and document analysis. Findings reveal that the store's ambiance, service quality, and social media marketing all wield a positive and significant influence on purchasing decisions. Recommendations for businesses entail improving signage visibility, diversifying menu options, and cultivating an online community through social media platforms. Future studies could explore additional variables that contribute to consumer purchasing behavior.

References

Ambarwati, I. A. T., Kawiana, I. G. P., & Mahayasa, I. G. A. (2022). Mediasi Kepuasan Konsumen Pada Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Pada PT Prisma Elektrika Bali. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(3), 832-843.

Arianto, N., Sabta, D., & Difa, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt Nirwana Gemilang Property. In Jurnal Disrupsi Bisnis (Vol. 3, Issue 2).

Ayuni, R., & Meirani, M. (2022). Training on The Utilization of Mendeley and Similarity in Increasing The Quality of Students’ Academic Work. Room of Civil Society Development, 1(1), 33–37. https://doi.org/10.59110/rcsd.4

Cut Puspita, O., Anggraini, M., Salsabila, A., Kusuma Wardhana, B., & Muhammadiyah Hamka, U. (2023). MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA DAN HUBUNGANNYA DENGAN BISNIS ONLINE. In JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah (Vol. 2, Issue 6). http://bajangjournal.com/index.php/JCI

Djafar dkk. (2023). (n.d.).

Giovenna, A., Tinggi Ilmu Ekonomi YAI Jl Salemba Raya No, S., & Pusat, J. (n.d.). Pengaruh Social Media Marketing, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Uniqlo (Vol. 5, Issue 1).

Hidayati, L. N. (n.d.). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Iswanto, B., & Handaruwati, I. (2023). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Alat Listrik. Jurnal Maritim, 4(2).

Krismantara, K. H., Suartina, I. W., & Mahayasa, I. G. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di UD. Paon Kembar Desa Peguyangan Kangin Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 3(4), 790-798.

Mafruchati, M., Ismail, W. I. W., Wardhana, A. K., & Fauzy, M. Q. (2023). Bibliometric analysis of veterinary medicine on embryo of animals in textbook in conceptualizing disease and health. Heliyon, 9(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e17019

Mukti, A., Tinggi, S., Bima, I. E., & Aprianti, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kirani Coffee (Vol. 10, Issue 1).

Narottama, N., & Moniaga, N. E. P. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner di Kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 741.

Padmadikara, A., Ariyanti, M., & Tantra, T. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Social Media Marketing, Dan Lifestyle Terhadap Purchase Decisions Di Dejima Kohii (The Effect Of Store Atmosphere, Social Media Marketing, And Lifestyle On Purchase Decisions In Dejima Kohii).

Meithiana Indrasari, 2019. Pengaruh Konservatisme Akuntansi Dan Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Pada.

Rahmawati, S., Martiana, S. J., Andriani, N., Aminah, S., & Setiyadi, B. (2022). Pengembangan Ekonomi Kreatif Jamu Tradisional Herbal Hidayah pada Proses Pembuatan Merek di Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.54082/jamsi.570

Retno, A., Purnama, W., Ika, N., Wardhani, K., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2023). mseThe Influence of Store Atmosphere and Location On Purchasing Decisions At Coffe Shop Tadakopi Surabaya Pengaruh Store Atmosphere dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Coffe Shop Tadakopi Surabayaid 2 *Corresponding Author. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 4).

Rimbasari, A., Widjayanti, R. E., & Thahira, A. (2023). Pengaruh Viral Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Platform Tiktok. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(2), 457.

Salvati, L., Saro, A., Bocquet, S., Costanzi, M., Ansarinejad, B., Benson, B. A., Bleem, L. E., Calzadilla, M. S., Carlstrom, J. E., Chang, C. L., Chown, R., Crites, A. T., Haan, T. de, Dobbs, M. A., Everett, W. B., Floyd, B., Grandis, S., George, E. M., Halverson, N. W., … Williamson, R. (2022). Combining Planck and SPT Cluster Catalogs: Cosmological Analysis and Impact on the Planck Scaling Relation Calibration. The Astrophysical Journal, 934(2), 129.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Seo, E. J., & Park, J. W. (2018). A study on the effects of social media marketing activities on brand equity and customer response in the airline industry. Journal of Air Transport Management, 66, 36–41. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2017.09.014

Syahriyah, A., & Arifiansyah, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Kopi Nako Depok. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(8), 3429–3434. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i8.1061

Tansala, D., Tumbel, T. M., Walangitan, O. F. C., Ilmu, J., & Bisnis, A. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Gramedia Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).

Teguh Afwan, M., & Budi Santosa, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Mebel Madina Di Kota Banjarnegara). Diponegoro Journal Of Management, 8(1), 1–10.

Wayan, I., Sidharta, R., Yana, P., Ayu, G., Darmayani, S., Gde, I., Ganesha, H., Putu, I., & Mayura, B. (2023). Tingkat Kepuasan Dan Kepercayaan Diri Metode Problem-Based Learning (Pbl) Pada Interprofessional Education (Ipe). 12(4).

Zakhra, A., Tannady, H., Septiani, R., Yuniwati, I., Widjaja, W., Batam, S., Banyuwangi, P. N., Kebangsaan, U., & Indonesia, R. (2023). Analysis Of The Influence Of Service Quality And Perceived Price On Electronic Product Purchase Decisions Analisis Pengaruh Service Quality Dan Persepsi Harga Terhadap Purchase Decision Produk Elektronik. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 1).

Zherlina, C. A., & Setiawan, M. B. (2023). Pengaruh Harga, Promosi dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Omah Langit Semarang. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 3

Published
2024-05-01
How to Cite
Dewi, I. G. A., Wijaya, P., & Benni Kusyana, D. (2024). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Mietime Woah di Kabupaten Badung. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(5), 857-871. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24