Meningkatkan Keputusan Menginap Dengan Memaksimalkan Kualitas Pelayanan dan Diferensiasi Produk

  • Ni Komang Putri lestari Universitas Hindu Indonesia
  • Gde Indra Surya Diputra Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Kualitas Pelayanan, Diferensiasi Produk, Keputusan Menginap

Abstract

One business sector that is attracting investor interest is the accommodation sector. This condition results in tight competition among accommodation businesses which will ultimately have an impact on the decision to stay. Accommodation managers are now competing to offer quality service and differentiation for tourists' decision to stay. It is hoped that the research will be able to determine the influence of service quality and product differentiation on decision to stay at Sanctoo Suites & Villas in Sukawati District, Gianyar Regency. The population in this study was 22,528 customers recorded in 2022 and the sample size determined was 100 customers using purposive sampling. The data analysis technique used is multiple linear regression. The results of the significance analysis prove that service quality and product differentiation have a significant effect on overnight decisions so that H3 is accepted. The suggestion given is to establish standard operational procedures in handling customer orders and ensure conformity between room facilities and the prices offered.

References

Afridayanti, K. I., Suputra, G. A., & Yoga, G. A. D. M. (2023). “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Tailor Citra Busana).” Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(3), 408–415.

Christ, & Manik, D. E. M. (2023). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Suku Cadang Motor Pada Sinar Jaya Motor.” Manajemen Ekonomi Akuntansi …, 1(1), 1–9.

Danawira, A. (2019). “Pengaruh Differensiasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji Richeese Factory Rempoa.” Jurnal Ilmu Manajemen (Jim), 9(1), 76–87.

Fahreza, S. A., & Sugiat, M. (2022). “Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Teh Botol Sosro.” E-Proceeding Of Management, 9(4), 1857–1867.

Faruq, M. K. Al, Sumowo, S., & Nursaidah, N. (2022). “Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe 67 Kecamatan Kencong Kabupaten Jember.” Budgeting : Journal Of Business, Management And Accounting, 4(1), 107–119.

Gunawan, D., & Maftuchach, V. (2022). “Pengaruh Diferensiasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Smartphone Samsung.” Portofolio: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 17–32.

Irsanni, A. A., & Suhardi. (2023). “Pengaruh Diferensiasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Fashion Thenblank Di Kota Batam.” Scientia Journal : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(3), 1–8.

Jauhari, I. (2020). “Pengaruh Diferensiasi Produk, Ekuitas Merek Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Korea Selatan.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(3), 226–237.

Lestari, D. D., Setyasih, Ashriana, A. N., & Joenarni, E. (2023). “Pengaruh Harga Diferensiasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Hachi Donuts Outlet Surodinawan Kota Mojokerto.” Jurnal Emas, 6(1), 106–114.

Mahendra, I. P. A., Sadiartha, A. A. N. G., & Purwaningrat, P. A. (2023). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Bali Senia Di Denpasar.” Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(11), 2163–2170.

Riana, Z., Tannady, H., Diawati, P., Bambang, & Suhardi, D. (2023). “Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Service Quality Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Makanan Berbasis Ayam Olahan.” Management Studies And Entrepreneurship Journal, 4(1), 547–554.

Ricky, W., Goh, T. S., & Julitawaty, W. (2019). “Pengaruh Diferensiasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Penjualan Pt. Amorindo Mitra Sentosa Medan.” Jurnal Bisnis Kolega, 5(1), 34–41.

Rusdian, S., & Hildayni, N. (2021). “Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Roseberry Cake Shop Garut).” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 132–140.

Sari, K. M., Kawiana, I. G. P., & Astrama, I. M. (2023). “Dampak Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian.” Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(2), 352–363.

Watung, V. A., Wenas, R. S., & Kawet, R. C. (2022). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Diferensiasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Alfamart Cabang Motoling Minsel.” Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 82–95.

Yuvira, I. A., Siregar, M. Y., & Sabrina, H. (2021). “Pengaruh Harga Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria Fupada Suzuki Sunindo Cabang Amplas Medan.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi), 2(1), 81–85.

Published
2024-11-01
How to Cite
Putri lestari, N. K., & Diputra, G. I. S. (2024). Meningkatkan Keputusan Menginap Dengan Memaksimalkan Kualitas Pelayanan dan Diferensiasi Produk. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(11), 2153-2164. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24