Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Jasa Wah Laundry

  • I Gusti Putu Ngurah Wiranata Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Ida I Dewa Ayu Yayati Wilyadewi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Dewa Nyoman Benni Kusyana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Service quality, Price, Customer loyalty

Abstract

Customer loyalty is an important aspect that is of great concern to service provider companies, because it can be considered a very valuable asset. There are also important aspects related to customer loyalty, namely service quality and price. The aim of this study is to investigate how service quality and pricing impact customer loyalty towards Wah Laundry services. This research was carried out at Wah Laundry, involving 130 participants selected through accidental sampling. Data was gathered through interviews and questionnaires. The analysis employed multiple linear regression using the SPSS software to examine these relationships. The analysis findings indicate that: 1) Service quality strongly influences customer loyalty towards Wah Laundry services in a positive manner, 2) Price also positively impacts customer loyalty to Wah Laundry services, and 3) The combined effect of service quality and price significantly enhances customer loyalty to Wah Laundry services.

References

Alintani, Z. W., & Dupri, M. D. (2022a). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Jasa Laundry Happy Wash 21 Di Metro Lampung. Jurnal Manajemen Diversifikasi, 2(3).

Alintani, Z. W., & Dupri, M. D. (2022b). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Jasa Laundry Happy Wash 21 Di Metro Lampung. Jurnal Manajemen Diversifikasi, 2(3).

Andriani, N. W. T., Suartina, I. W., & Mahayasa, I. G. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Intervening. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 3(7), 1424-1436.

Aprileny, I., Rochim, A., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 60–77.

Bahri, R., & Hj. Naharia, Hj. N. (2019). Pengembangan Usaha Jasa Laundry dalam Meningkatkan Pendapatan Marginal rumah tangga dalam Perspektif Ekonomi Islam di Watampone (Studi Pada Octa Laundry). Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah, 1(2), 180–201.

Dakhi, D., Duha, T., & Halowo Fau, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Pada Ud. Desta Jaya Hilisimaetano. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4(2), 21–35.

Dewi, M. P. (2020). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Konsumen Pada RM. Wongsolo Malang. Iqtishoduna, 16(2), 167–190.

Fauzi, M. R., & Mandala, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6741.

Firmansyah, D., & Prihandono, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Perceived Value terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan. Management Analysis Journal, 7(1), 120–128.

Hamzah, S. A., & Hasanah, Y. N. (2023). Pengaruh Harga dan Promo terhadap Loyalitas Konsumen Shopeefood Di Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(2), 119–134.

Hastomo, M. D., & Haryanto, B. (2019). Bagaimana Loyalitas Terhadap Hewlett Packard Di Indonesia Dibentuk? Jurnal Bisnis & Manajemen, 18(1), 27–40.

Karuniatama, I. H., Barata, D. D., & Suyoto, Y. T. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Ritel Di Indonesia. Widyakala: Journal of Pembangunan Jaya University, 7(1), 28.

Kurniawan, M., & Hildayanti, S. K. (2019). Analisis Citra Merek, Harga, Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Palembang (Studi Kasus Konsumen Grab). Jurnal Ecoment Global, 4(2), 86. https://doi.org/10.35908/jeg.v4i2.757

Mandong, I. S. et al. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank BNI (PERSERO) Tbk Kantor Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 3210–3219.

Mirza, M., & Ali, H. (2020). Strategi E-Commerce Shoppe: Dalam Konteks Bisnis Etik. Jurnal Manajemen, 10(2), 99–104.

Musdalifah, & Hasan, F. (2020). Pengaruh Kualiat Pelayanan Terhadap Loyalitas Dengan Variabel Kepuasan Sebagai Mediasi Di KPRI Makmur Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Jurnal Agriscience, 1(4), 166–185.

Ningrum, Y. W., & Dwiridotjahjono, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Jasa Pengiriman Paket Pada J&T Express Dp Sugio Lamongan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 04(01), 27–39.

Pratama, I. G. A., Susanti, P. H., & Purwaningrat, P. A. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan (studi di PT. Sejahtera Indobali Trada Benoa). Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1388–1397.

Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98–104.

Putri, F. K., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Matahari Department Store Di Mantos 2. Jurnal EMBA, 9(1), 1428–1438.

Saepudin, A., & Widodasih, R. R. W. K. (2023). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan, Motivasi Usaha Dan Kemandirian Pribadi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Umkm Laundry Di Kabupaten Bekasi. SEIKO?: Journal of Management & Business, 6(2), 354–362.

Saputri, R. S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. Journal of Strategic Communication, 10(1), 316–327.

Saragih, L. S., Yasmin, A., Hasibuan, H. F., Tarigan, K. B., Sitorus, S. A., & Silaban, Y. B. (2022). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Keberhasilan Penjualan pada Usaha Home Industri “Donatawa” Kec. Medan Tembung, Kota Medan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 1365–1371.

Sholikhah, A. F., & Hadita. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan Di Bekasi Timur. JURNAL ECONOMINA, 2(2).

Sigalingging, O. P. (2020). Tanggung Jawab Pelaku Usaha Laundry Menurut UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Jurnal Rectum, 2(1), 102–109.

Sompie, G. P., Worang, F. G., & Mandagie, Y. (2022). the Influence of Price Perception and Quality of Service on Customer Loyalty J.Co Donuts & Coffee Manado Town Square During the Covid-19 Pandemic. Jurnal EMBA, 10(4), 1030–1049.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 61.

Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran (Edisi Empat). Andi Offset.

Zatalini, S., M, A., & Haryati, R. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada SJS Plaza Padang. Jurnal Matua, 4(1).

Zuhdi, S., & Irawanti, S. (2020). Pengaruh Diferensiasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Di Restoran Roast Chicken & Pizza Meteran). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 4(1), 022–027.

Published
2024-10-01
How to Cite
Wiranata, I. G. P. N., Wilyadewi, I. I. D. A. Y., & Benni Kusyana, D. N. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Jasa Wah Laundry. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(10), 1908-1918. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24