Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Barang Elektronik Melalui Platform Tokopedia
Abstract
This study examines how e-Women, pricing, and product quality influence digital marketing purchases. This research includes 726,800 Denpasar residents who have never bought Tokopedia products. Purposeful sampling and linear regression analysis were employed to test 200 samples. Consumer purchase decisions are significantly and somewhat positively influenced by pricing, e-commerce, and product quality. Cost, quality, and affordability all influence what people decide to buy. Based on what the study found, Tokopedia should constantly be adding new products to its inventory to pique customers' interest in visiting its online store. Tokopedia is expected to display products on the Tokopedia application according to the actual condition of the goods. Tokopedia should be able to re-evaluate the prices it offers, so that it can be more competitive than competitors. Tokopedia should be able to provide answers to every consumer question regarding the products purchased by consumers.
References
Adrianto, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen , 9 (2), 55-61.
Adyanto, BC, & Santosa, SB (2018). Pengaruh kualitas layanan, citra merek, harga dan kepercayaan produk terhadap keputusan pembelian (studi layanan e-commerce Berrybenka.com). Jurnal Manajemen Diponegoro , 7 (1), 1029.
Agustin, M. Y. 2016. Analisis Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Vario (Studi Kasus Pada Tridjaya Motor Dealer Resmi Motor Honda Cabang Girian-Bitung). Jurnal Berkala Ilmiah Efisensi.
Alfiah, A., Suhendar, A., & Yusuf, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek
Taco di CV Indosanjaya Kota Bandung. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 492-503.
Ananta, R., & Saputri, SAYA (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Laptop Merek Asus Pada Mahasiswa Telkom University. eProsiding Manajemen , 9 (4).
Apriastuti, N. M. D., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Electronic Word of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Belanja Online Shopee Di Kota Denpasar. EMAS, 3(10), 71-80.
Arifuddin, A. and Alimuddin, F., 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda di PT Nusantara Sakti. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir , 1 (2), hal.153-161.
Artameviah, R. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ecommerce Shopee (Studi pada Konsumen Shopee di Jakarta)(Disertasi doktoral, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Ayatusifa, SS, Orinaldi, M., & Agusriandi, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee: Studi Pada Masyarakat Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah , 1 (3), 138-155.
Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. (2024, 05 Januari). Persentase Penduduk Usia 5 Tahun Ke Atas yang Mengakses Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam 3 Bulan Terakhir Menurut Kabupaten/Kota.
Bella Eriza Putri, B. E. L. L. A. (2021). Pengaruh ewom, Celebrity endorser, dan kepercayaan terhadap Keputusan pembelian fashion di shopee (Studi Kasus Pada Warga Cipinang Baru Bunder Jakarta Timur) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Bernath, G. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Richeese Factory di Kelapa Gading/Gerry Bernath M/21140513/Pembimbing: Morryessa Brandinie.
Databoks (2018), 2022, Penjualan e-Commerce Indonesia Mencapai US$ 16 Miliar Denpasar: Keraras Emas.
Devi, Langgeng K. I. 2019. Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee (studi kasus pada mahasiswa di Surabaya) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Dewi, NS, & Sudiksa, IB (2019). Peran Kepercayaan Merek Memediasi Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Disertasi Doktor, Universitas Udayana).
Dzulkarnain, E. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. IQTISHADekuitas jurnal Manajemen , 1 (2).
Dzulkharnain, E. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. IQTISHADequity jurnal Manajemen, 1(2).
Fajriyah, A., & Karnowati, N. B. (2023, January). Pengaruh Viral Marketing, Electronic Word Of Mouth, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian di Bangi Cafe Cilacap. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 98-112).
Feriyansyah, A., & Venanza, S. (2021). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone oppo di kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan , 3 (1), 44-53.
Fernando, F. M & Aksari N. A. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 1, 2018: 441469, 441-469.
Fernando, F. M & Aksari N. A. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 1, 2018: 441469, 441-469.
Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multtivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gunarsih, CM, Kalangi, JA, & Tamengkel, LF (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Produktivitas , 2 (1), 69-72.
Hennig-Thurau, T., Gwinner, KP, Walsh, G., & Gremler, DD (2004). Promosi electronic word-of-mouth melalui platform opini konsumen: apa yang memotivasi konsumen untuk mengartikulasikan diri mereka di internet?. Jurnal pemasaran interaktif , 18 (1), 38-52.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.
Iprice insights (2022), Peta E-commerce di Indonesia Iqbal, A., Khan, NA, Malik, A., & Faridi, MR (2022). Pengaruh E-WOM melalui media sosial dan situs belanja terhadap niat pembelian smartphone di India. Pemasaran Inovatif , 18 (2), 13.
Jogi, T. (2022). Pengaruh promosi, kualitas pelayanan, dan Persepsi hargaterhadap keputusan pembelian shopee Di jakarta pusat (Doctoral dissertation, Universitas Nasional).
Joshua, D., & Padmalia, M. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 1-44.
Kotler, P., & Keller, KL (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi ke-15 New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Alih Bahasa: Bob Sabran, Jakarta: Erlangga
Liputan6 (2023), HomeBisnis Hasil Survei: Tokopedia Jadi E-Commerce Paling Dicari untuk Belanja Elektronik
Lupi, F. R., & Nurdin, N. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Dan Penjualan Ecommerce Pada Tokopedia. Com. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 2(1), 20-29.
Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Cetakan Pertama, Penerbit Cakra Ilmu. Yogyakarta .
Mahaputra, DGK, & Setiawan, PY (2019). Peran Sikap Memediasi Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung (Disertasi Doktor, Universitas Udayana).
Mahyuzar, H., & Tundo, T. (2022). Pengaruh e-wom dalam Memediasi hubungan antara aktivitas digital Marketing dan niat membeli di tokopedia. Jurnal Bisnis dan Manajemen Digital , 1 (2), 104-113.
Marwanto, A. (2015). Pemasaran yang sukses. Yogyakarta : Kobis . Nasir, M. (2017). Pengaruh E-Service Quality Dan Diskon Terhadap Minat Beli Pada Situs Online Di Website Zalora. Co.Id Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) , 5 (1).
Nuraeni, YS, & Irawati, D. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ubsi). Pengadaan: Jurnal Ilmiah Manajemen , 9 (4), 439-450.
Nurlaili, N. (2023). Pengaruh Kualitas produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Tokopedia. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(3), 2455-2460.
Nursal, MF, Rianto, MR, Rohaeni, H., & Saputra, F. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Pada Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital , 1 (3), 111-118.
Prastiti. 2023. “Pembelian Barang Elektronik Secara Online”. Hasil Wawancara Pribadi: 31 Desember 2023, Denpasar
Prastiti. 2024. “Pembelian Barang Elektronik Secara Online”. Hasil Wawancara Pribadi: 5 Januari 2024, Denpasar
Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2020). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam , 1 (2), 150-160.
Purnama, L., Suyani, T., & Hardipamungkas, NE (2020). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian jasa online gojek di kota tangerang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara , 2 (1), 45.
Rahayu, S. (2021). Pengaruh harga, kepercayaan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce tokopedia. Mbia , 20 (1), 4050.
Rohmah, A. F. A. (2023). Pengaruh electronic word of mouth (e-wom) terhadap keputusan pembelian pada Marketplace tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro) (Doctoral dissertation, IKIP PGRI Bojonegoro).
Santoso, S. 2012. Statistik Parametik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum
Santoso, S. 2012. Statistik Parametik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum
Sarayar, MCL, Soepeno, D., & Raintung, MC (2021). Pengaruh E-Wom, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli “Folcis Pudding” Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi , 9 (4), 294-303.
Sasmita, A., Ambarita, YM, & Putri, AM (2021). Strategi Pemasaran Tokopedia dalam Persaingan Antar E-Commerce dengan Analisis SWOT. Jurnal Pendidikan Tambusai , 5 (2), 3397-3404.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D, vol. 225. Bandung, Indonesia: Penerbit CV. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan RD. CV Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian(Vol. 30). Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Alfabeta.
Suparjana, Iwe (2022). Pengaruh Kualitas Produk Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Roti Croissant Pada Cv Pelangi Rex's Bakery Denpasar (Disertasi Doktor, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Suratmiyati, S., & Anggoro, Y. (2020). Pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk jasa. MBR (Management and Business Review), 4(1), 52-59.
Ubaidillah, W., & Suyono, S. (2023). Pengaruh citra merek, harga, Dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Competence: Journal of Management Studies, 17(1), 40-53.
Ubaidillah, W., & Suyono, S. (2023). Pengaruh citra merek, harga, Dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Kompetensi: Jurnal Studi Manajemen , 17 (1), 40-53.
Wahyuniari, I. Gusti Ayu Putri, Ni Luh Adisti Abiyoga Wulandari, dan Gusti Alit Suputra. "Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng SunCo." 3, no. 1 (2023): 8596.WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata
Wijaya, I. G. N. S., Pratami, N. W. C. A., Muryatini, N. N., & Yasa, I. G. D. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM), Persepsi Risiko, Kepercayaan Pelanggan, Dan Keputusan Pembelian E-commerce Tokopedia. Jurnal Manajemen, 11(1), 190-209.
Winarno, W. W. (2015). Analisis ekonometrika dan statistika dengan eviews. Wirawan, N. 2017. Satistika Ekonomi dan Bisnis (Buku 2: Statistika Inferensia).