Pengaruh Kualitas Pelayanan, Komunikasi dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Nasabah pada KSU Putra Jaya Sejahtera

  • Ni Wayan Amelia Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Anak Agung Ngurah Gede Sadiartha Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Ida I Dewa Ayu Yayati Wilya Dewi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Service Quality, Communication, Company Image, Customer Satisfaction

Abstract

There is attention and findings regarding problems regarding service quality, communication and company image in an effort to improve and increase customer satisfaction in accordance with the aim of this research to determine the influence of service quality, communication and company image on customer satisfaction at KSU Putra Jaya Sejahtera. The number of samples in this research was 96 customers. The sampling method in this research used the proportional stratified random sampling technique. The analysis technique used is Multiple Linear Regression Analysis. The research results show that service quality, communication and company image have a positive and significant partial and simultaneous effect on customer satisfaction at KSU Putra Jaya Sejahtera. Suggestions that can be given to agencies include 1) It is hoped that leaders will improve the quality of service as well as the abilities and knowledge of employees in the world of cooperatives. 2) It is recommended for employees to improve communication with customers. 3) It is recommended for leaders to improve the company's image by promoting their company to make it more famous. 4) It is recommended that KSU Putra Jaya Sejahtera make more efforts to meet customer needs and desires.

References

Ambarwati, I. A. T., Kawiana, I. G. P., & Mahayasa, I. G. A. (2022). Mediasi Kepuasan Konsumen Pada Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Pada PT Prisma Elektrika Bali. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(3), 832-843.

Andriani, N. W. T., Suartina, I. W., & Mahayasa, I. G. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Intervening. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 3(7), 1424-1436.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cavalera, N. D., & Soliha, E. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Bank Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Simpeda Bank Jateng Cabang Utama Semarang. Prosiding SENDI_U .2019 ISBN: 978-979-3649-99-3.

Dewi, K. M., & Ariana, I. K. A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank BPD Bali Cabang Tohpati. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 5(4).

Halimah, S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Hotel Ubud Malang). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 2.

Heriyanto, A. Y. B., Ranti, M., Rojikun, A., & Hernaningsih, F. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan Customer Service Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pengguna Aplikasi BRImo. Ekonomika. 14(2), 258-277.

Herlina, H., & Mulyeni, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen. Indonesian Journal Of Economic And Business. 1(1), 39-47.

Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Marketing Managemen. 15th Edition. Pearson Education, Inc.

Krismantara, K. H., Suartina, I. W., & Mahayasa, I. G. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di UD. Paon Kembar Desa Peguyangan Kangin Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 3(4), 790-798.

Nugroho, R. R., & Seminari, N. K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Major Sukses Berkah. Public Service and Governance Journal. 4(1), 246-257.

Prasetiyo, A. H., Rustamaji, D., Sumarni, S., & Nadhifah, N. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Presepsi Harga Dan Kemampuan Berkomunikasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. JNE Babat Lamongan. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah). 5(1), 463-472.

Rizalfalal, M., Hufron, M., & Rahman, F. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Bank BRI KCP Unit Lawang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen. 9(09).

Subadra, A. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan, Persepsi Nilai Tukar, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Skripsi. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Sukoco, S.A. (2018). New Komunikasi Pemasaran: Teori dan Aplikasinya. Jawa Timur: CV. Pustaka Abadi.

Swastha, B., & Irawan, T. (2018). Marketing Management Consumer Behavior Analysis. 4th Edition. Yogyakarta: BPFE.

Wahab, W. (2020). Pengaruh Citra Koperasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Kantor Kementrian Agama Kota Pekanbaru. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review. 11(4), 351-369.

Weningtyas, E., & Suseno, M.N. (2012). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Psikologika. Volume 17 Nomor 1 Tahun 2012.

Wijanarko, A., & Krisnawati, D. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Anggota Kospin Jasa. Jurnal Ekonomi dan Industri. e-ISSN, 2656, 3169.

Zusmawati, Z., Magdalena, M., Fernos, J., & Ramadhani, A. S. (2023). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menabung. Economics and Digital Business Review. 4(1), 470-482.

Published
2024-10-01
How to Cite
Amelia, N. W., Ngurah Gede Sadiartha, A. A., & Dewa Ayu Yayati Wilya Dewi, I. I. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Komunikasi dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Nasabah pada KSU Putra Jaya Sejahtera. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(10), 2104-2116. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24