Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Harum Sari Butik Gianyar

  • Ni Kadek Wulandari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Putu Yudy Wijaya Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Komang Ary Pratiwi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Price, Product Quality, Service Quality, Purchasing Decisions

Abstract

The aim of this research is to determine the influence of price, product quality and service quality on consumer purchasing decisions at Harum Sari Butik. The population in this research is consumers who buy kebaya at Harum Sari Butik with a sample size of 90 respondents who were determined using the purposive sampling method. Data collection was carried out through observation, interviews, documentation, literature study, questionnaires. The data analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis technique. Based on the research results, it can be seen that: Price has a partially positive and significant effect on purchasing decisions. Product quality has a partial positive and significant effect on purchasing decisions. Service quality partially influences purchasing decisions. Price, Product Quality and Service Quality have a positive and significant effect on Purchasing Decisions. Looking at the research results, in the future Harum Sari Butik must adjust the price of each product offered, ensuring that the price of each product from Harum Sari Butik is adjusted to the quality of the product offered both in terms of model or type of fabric of the product so that consumers feel that the price of the product is too expensive and causes a decrease in purchasing decisions

References

Afifi dan Widodo. 2021. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Restoran Aroma Kitchen Kota Padang. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), pp.481- 486.

Amilia, S., 2017. Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), pp.660-669.

Canalys.2021. Global Pc Share Q2 2021. Diakses pada Jumat 15 Oktober 2021 dari https://www.canalys.com/newsroom/Canalys-global-PC-market-Q2- 2021

Darmajaya,Ida Bagus Dicky dan Tjok Gede Raka Sukawati. 2018. Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.E-Jurnal Manajemen Unud,7(12),6391-6419.

Deisy, Malonda, dkk. 2018. Analisis Citra Merek, Harga Produk Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai-Gerai Seluler Di IT Center Manado. Jurnal EMBA 6 (4), 2288 – 2297.

Fadhilah, K.N. dan Sugiyono, S., 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 10(7).

Fatmawati,Nurul dan Euis Soliha. 2017. Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 10(1), 1-20.

Ferrinadewi, Erna. 2008, Merek dan Psikologi Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu : Yogyakarta.

Ferdinand, Augusty Tae. 2006. Metode Penelitian Manajamen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy.

Qiara Media.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Heryanto, Imam. 2015. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80-101.

Indah,dkk. 2020. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Vaseline (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Samudra). Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 11(1), pp.83-94.

Kotler, Amstrong. 2012. Manajemen Pemasaran,Edisi Ketiga Belas Jilid I, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: PT. Erlangga.

Kotler, P dan Keller.L 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas.Erlangga, Jakarta.

Kotler & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 (cetakan keempat).

PT.Macanan Jaya Cemerlang.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran, edisi ke 12, Jilid 1, Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1).

Mardinah dan Idrus. 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Indomie Goreng (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen angkatan 2016 Universitas Muhammadiyah Parepare). DECISION: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1), pp.120-126.

Marpaung, dkk. 2021. Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen STIE Medan. 7(1), 49-64.

Marpaung, Fenny Krisna, Markus Willy Arnold Simarta, Asyifa Sofira dan Silvia Aloyna. 2021. Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen STIE Medan. 7(1), 49-64.

Nasution, S. L. A., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu)”. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43-53.

Nugraha. 2020. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Iphone di Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Nugraha, Rahma dan Heny Kurnianingsih. 2021. Effect Of Product Quality, Price Perception, And Brand Image On Purchase Decision For Bir Bintang In Soloraya. Jurnal Manajemen 11(1), 76-86.

Rafikasari, T. dan Prijati, P., 2021. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Sirkah Purbantara Utama. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 10(4).

Ruliansyah dan Sampurna. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor (Studi Kasus Pada Kosumen Sepeda Motor Yamaha Di Dealer Johar Baru Jakarta Pusat). S1 Manajemen, pp.1-18.

Schiffman & Kanuk. (2004). Prilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Jakarta : PT.Indexs.

Santoso, Singgih.. 2001. SPSS Versi 11,5 Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung:Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung:Alfabeta

Published
2024-11-01
How to Cite
Wulandari, N. K., Wijaya, P. Y., & Pratiwi, K. A. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Harum Sari Butik Gianyar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(11), 2139-2152. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24