The value The Value of Tri Kaya Parisudha Local Wisdom as a Form of Religious Education Transformation

  • Ni Nyoman Kurnia Wati STAHN Mpu Kuturan Singaraja
  • I Gede Suwindia STAHN Mpu Kuturan Singaraja
Keywords: development of local wisdom, a transformation of religious education

Abstract

This study aims to develop the values ??of local wisdom, especially Tri Kaya Parisudha, in transforming education. The development of the value of local wisdom Tri Kaya Parisudha is due to the increasing loss of local wisdom along with the increasingly rapid development of the times. This type of research is Research and Development (R&D) using a 4D development model. The subjects in this study were two experts or expert practitioners in the field of religion, five internal practitioners at STAHN Mpu Kuturan, and 86 respondents in the limited test. Methods of data collection in this study using interviews, questionnaires, and document studies. The data analysis method used the descriptive qualitative data analysis method. Content validation against indicators of local wisdom values ??was analyzed using Content Validity Ratio (CVR) analysis. Limited test results on the value of local wisdom using the average score of the respondents. Based on the research results at the definition stage, a needs analysis was carried out, namely 1) Performing an analysis of the values ??of Hindu local wisdom. 2) Formulation of local wisdom values ??following the vision and mission of STAH N Mpu Kuturan Singaraja. At the design stage, activities are carried out, including 1. Preparation of indicators for local wisdom values. 2. Preparation of the Tri Kaya Parisudha Questionnaire. Several activities are carried out at the development stage, including a) Content validity test. b) Revised indicators and questionnaires. The product is disseminated through quality assurance (P2M) STAHN Mpu Kuturan Singaraja at the dissemination stage.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, Husnul. 2021. Kearifan Lokal adalah Aspek Kebudayaan, Kenali Ciri-Ciri, Fungsi, dan Bentuknya. Tersedia pada https://hot.liputan6.com/read/4536990/kearifan-lokal-. Diakses pada tanggal 11 Januari 2022.

Adnyana, Putu Budi. 2017. Model Pendidikan Karakter Berbasis Tri Kaya Parisudha Terintegrasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Ejournal Universitas Pendidikan Ganesha. Seminar Nasional Riset Inovatif. ISBN: 978-602-6428-11-0.

Agustiana, G. A. T & Tika, I. N. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta: Ombak.

Alfian, Magdalia. (2013). “Potensi Kearifan lokal dalam Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa”. Prosiding The 5 thn ICSSIS; “Ethnicity and Globalization”, di Jogyakarta pada tanggal 13-14 Juni 2013.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 1997. Kamus Bahasa Indonesia. Surabaya: Apollo.

Eric, Jensen. 2011.Pembelajaran Berbasis Otak. Jakarta: PT Indeks.

Fallahnda, Balqis. 2021. Pengertian Kearifan Lokal: Fungsi, Karakteristik, dan Ciri-Cirinya. Tersedia pada https://tirto.id/pengertian-kearifan-lokal-fungsi-karakteristik-dan-ciri-cirinya-f9mi. Diakses pada tanggal 11 Januari 2022.

Gulo, Yupiter, 2019, Pilihlah “Mindset” Berkembang, Sebab “What You Think, You Become”, (Online), https://www.kompasiana.com.

Handayani, Baiq L. 2011. Transformasi Perilaku Keagamaan (Analisis Terhadap Upaya Purifikasi Aqidah Melalui Ruqyah Syar'iyah Pada Komunitas Muslim Jember. Tersedia pada http://sociologyunej. com/2011/05/transformasi-perilaku-keagamaan.htm. Diakses pada tanggal 11 Januari 2022.

Indrawan, I Putu Oktap. 2020. Integrasi Kearifan Lokal Bali di Dunia Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Webinar Nasional. Denpasar: Universitas Mahasaraswati.

Istiawati, F.N. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Cendikia, 10(1): 1-18.

Kusuma, I. M. W. (2017). Penerapan Ajaran Trikaya Parisudha Melalui Pendekatan Humanistik. Maha Widya Duta, I(1), 98–106.

Lawshe, C. H.1975. A Quantitive Approach to Content Validity. PurdueUniversity: Personnel Psychology, Inc. Hlm. 563-575.

Lodra, I W. 2006. Trikaya Parisudha dalam Segala Aspek Kehidupan. WHD, 465: 26 – 29.

Mansur, Amril. 2006. Implementasi Klarifikasi Nilai dalam Pembelajaran dan Fungsionalisasi Etika Islam, Alfikra. Jurnal Ilmiah Keislaman. Vol 5, No1.

Mustakim, B. 2011. Pendidikan Karakter: Membangun Delapan Karakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta: Samudera Biru.

Nurwardani, Paristiyanti dkk, 2016. Pendidikan Agama Hindu untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Parwati, Ni Nyoman. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Prawiro, M. 2020. Pengertian Nilai: Fungsi, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya. tersedia pada https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-nilai.html. Diakses pada tanggal 11 Januari 2022.

Ratih, Dewi dan Aan Suryana. 2020. Nilai-Nilai Kearifan Lokal Leuweung Gede Kampung Kuta Ciamis Dalam Mengembangkan Green Bihavior Untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa. Jurnal Artefak ,Vol.7 No.2. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ja.v7i2.4199.

Rinawati, Anita. 2015. Transformasi pendidikan untuk menghadapi globalisasi. Ekuitas – Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 3. No. 1.

Setiawan, Ebta. 2021. Kamus Besar Bahasa Indonesia online. https://kbbi.web.id/. Diakses pada tanggal 11 Januari 2022.

Somawati, Veronika Ayu. 2019. Implementasi Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam Membangun Karakter Generasi Muda Hindu di Era Digital. STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Jurnal Pasupati Vol. 6 No.1.

Sudiartha, Ketut, dkk. 2021. Pengembangan Nilai Nilai Kearifan Lokal Dalam Rangka Pemantapan Nilai Nilai Kebangsaan. Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah, 1(1), 110-118. Retrieved from https://prosiding.sthd-jateng.ac.id/index.php/psthd/article/view/35. Diakses pada tanggal 11 Januari 2022.

Sudrajat, Akhmad. Teori –Teori Motivasi. Tersedia pada https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/06/teori-teori-motivasi/. Diakses pada tanggal 1 Juli 2022.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardana, K.M. 2007. Tri Kaya Parisudha. Denpasar: Paramita.

Sukarma, I Wayan. 2017. Pengembangan Kearifan Lokal Seni Budaya Melalui Pendidikan Berbasis Banjar di Bali. Proceeding of 2nd International Conference of Arts Language And Culture. Denpasar: Universitas Bali.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Sumada, I Made. 2017. Peranan Kearifan Lokal Bali dalam Perspektif Kebijakan Publik. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi.Volume VII No. 1.

Suratmini, N. W. (2012). Dharma Sewanam (Indahnya Melayani Sesama). Surabaya: Paramita.

Susanti, Rani. 2013. Teknologi pendidikan dan peranannya dalam Transformasi pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan. Program Studi Teknologi Pendidikan.Vol.2, No.2.

Suwardani, Ni Putu. 2015. Pewarisan Nilai-nilai Kearifan Lokal untuk Memproteksi Masyarakat Bali dari Dampak Negatif Globalisasi. Jurnal Kajian Bali, Volume 05, Nomor 02.

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. 1974. Instructional Development for TrainingTeachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Wardhani, Ni Ketut Srie Kusuma. 2020. Pengembangan Model Pendidikan Agama Hindu Berbasis Pendidikan Karakter. Surabaya: Paramita.

Yusuf, Muhammad Mustafa. 2021. Transformasi Pendidikan : 9 Pilar untuk Peningkatan Mutu Siswa. Tersedia pada https://hafecs.id/transformasi-pendidikan-9-pilar-untuk-peningkatan-mutu-siswa/. Diakses pada tanggal 11 Januari 2022.

Zaeny. 2005. Transformasi Sosial dan Gerakan Islam di Indonesia. Tersedia pada http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:G8CVJBtxkMMJ:serbasejarah.files.wordpress.com. Diakses pada tanggal 11 Januari 2022.

Published
2022-11-18
How to Cite
Wati, N. N. K., & Suwindia, I. G. (2022). The value The Value of Tri Kaya Parisudha Local Wisdom as a Form of Religious Education Transformation. International Journal of Interreligious and Intercultural Studies, 5(2), 85-97. https://doi.org/10.32795/ijiis.vol5.iss2.2022.3021