Meningkatkan Keputusan Pembelian dengan Content Marketing dan Lifestyle

  • Ida Bagus Gde Abim Prawitra Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Nyoman Adityarini Abiyoga Vena Swara Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Content Markerting, Lifestyle, Buying decision

Abstract

The customer's decision to buy the company's products is the key to the company's success to be able to develop its business. This will show that the products offered have value in the eyes of consumers. This study aims to determine the improvement of purchasing decisions with content marketing and lifestyle at the Indogrind Store. The research population is 988 consumers in 2021 and as many as 99 people will be selected as samples. The data analysis method used is the multiple linear regression method. From the analysis that has been done, it was found that content marketing and lifestyle are able to have a positive and significant influence in improving purchasing decisions. Suggestions for the research proposed are to improve content marketing and increase understanding of consumer lifestyles to improve purchasing decisions.

References

Algiffary, M. A., Wahab, Z., Shihab, M. S., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Online Advertising Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia. Amar (Andalas Management Review), 4(2), 16–31.

Amalia, C. D. (2020). Pengaruh Content Marketing Di Instagram Stories @Lcheesefactory Terhadap Minat Beli Konsumen. Jom Fisip, 7(1), 1–11.

Anggraeni, E. D. (2020). Pengaruh Advertising Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image Pada Konsumen Produk Pembalut Charm Di Kota Depok. Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 419–433.

Dewi, N. P. D. M., Wimba, I. G. A., & Dewi, I. A. S. (2021). Pengaruh Sales Promotion, Personal Selling, Dan Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Dan Minuman Di Padma Resort Legian (Studi Kasus Pada Restoran Yang Ada Di Padma Resort Legian). Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(1), 86–93.

Fadhila, S., Lie, D., Wijaya, A., & Halim, F. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mini Market Mawar Balimbingan. Sultanist: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 53–60.

Fitriana, Sudodo, Y., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1–9.

Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Clothing Line (Survei Pada Konsumen Clothing Line Famo Di Kota Bandung). Journal Of Business Management Education, 3(2), 91–102.

Huda, I., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 32–40.

Huzangi, A., & Astuti, P. B. (2020). Pengaruh Word Of Mouth, Kelompok Acuan, Dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Burung Perkutut Di Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Jimmba), 2(6), 910–926.

Indarti, I., Nurhajati, & Asiyah, S. (2020). Pengaruh Smart Digital Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Millennial Aneka Sport Malang. E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 9(8), 182–196.

Limandono, J. A., & Daharmayanti, D. (2018). Pengaruh Content Marketing Dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement Dengan Sosial Media Marketing Sebagai Variabel Moderasi Di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1), 1–11.

Luthfianto, D. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Cafe Jalan Korea. Jurnal Ekonomi Bisnis, 22(1), 14–25. Ejurnal.Gunadarma.Ac.Id

Megandaru, A. G., & Oktafani, F. (2019). Pengaruh Social Media Marketing, Experiential Marketing, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Band Burgerkill. E-Proceeding Of Management, 6(2), 4501–4507.

Merinda, S., & Suryawardani, B. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Customer Experience Terhadap Customer Loyalty (Studi Kasus Pada Hotel Courtyard By Marriott Bandung Dago Tahun 2020). Ina-Rxiv Papers.

Mongisidi, S. J., Sepang, J., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus Manado Town Square). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2949 – 2958.

Oktafiani, R., & Silaningsih, E. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Xl Di Kota Bogor. Jurnal Visionida, 1(2), 46–48.

Pratama, I. W. E., Wulandari, N. L. A. A., & Sunny, M. P. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dupa Tridatu Pasupati Kaori Di Gianyar. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parawisata, 1(2), 653–663.

Putra, Im. D. B. B., Kawiana, I. G. P., & Suartina, I. W. (2021). Pengaruh Marketing Mix Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dupa. Jurnal Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 13(1), 820–833.

Rismalasari, Slamet, A. R., & Hatneny, A. I. (2016). Pengaruh Lifestyle, Brand Image, Kualitas Produk Dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Three Second Malang. E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 9(7), 1–16.

Rusniati, & Fariany, G. R. (2016). Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online. Prosiding Seminar Nasional Asbis, 330–342.

Solihin, W. A., Tewal, B., & Wenas, R. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi Pada Mahasiswa Unsrat Di Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 511–520.

Somantri, B., Afrianka, R., & Fahrurrazi. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Cakrawala-Repositori Imwi, 3(1), 1–10.

Wahyundari, S. P. D., Suartina, I. W., & Pratiwi, K. A. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Pesan Iklan Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Konsumen Shampo Pantene Di Kota Denpasar Utara). Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(3), 873–881.

Wahyuningtyas, Y. E., & Prijati. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Harga Dan Gaya Hidup (Lifestyle) Terhadap Keputusan Pembelian Kedai Hitz. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(6), 1–16.

Wicaksana, I. (2021). Pengaruh Pemasaran Digital Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Usia Muda. Jurnal Manajemen Kewirahusahaan, 18(01), 1–10.

Widya, C. A., & Riptiono, S. (2019). Pengaruh Online Consumer Review Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Consumer Trust Sebagai Intervening (Studi Pada Pengguna Instagram Di 1 Kecamatan Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Jimmba), 1(1), 76–84.

Yanti, F. Y., Larasati, M., & Perwito. (2021). Pengaruh Direct And Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Rajutan Di Cv. Kampoeng Radjoet Binong Bandung Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 323–338.

Yodi, H. P., Widyastuti, S., & Noor, L. S. (2020). The Effects Of Content And Influencer Marketing On Purchasing Decisions Of Fashion Erigo Company. Dinasti International Journal Of Economic, Finance, & Accounting, 1(2), 345–357.

Yusuf, R., Hendrayati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Iimu Sosial, 1(2), 506–515.

Published
2024-02-01
How to Cite
Prawitra, I. B. G. A., & Swara, N. N. A. A. V. (2024). Meningkatkan Keputusan Pembelian dengan Content Marketing dan Lifestyle. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(2), 183-194. Retrieved from https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyaamrita/article/view/3572