INTERPRETASI DAN IMPLEMENTASI KONSEP TRI HITA KARANA DALAM TRADISI KASADA DIGUNUNG BROMO (KAJIAN ETNOPEDAGOGI)

  • DUWI OKTAVIANA
  • I GUSTI AYU SUASTHI
Keywords: Implementasi, Tri Hita Karana, Etnopedagogi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi interpretasi dan implementasi konsep Tri Hita Karana dalam tradisi Kasada di Gunung Bromo dengan menggunakan pendekatan etnopedagogi. Melalui studi ini, diperoleh pemahaman yang mendalam tentang bagaimana nilai-nilai dan praktik-praktik dalam tradisi ini mempengaruhi proses pembelajaran informal dan pembentukan identitas budaya masyarakat Tengger. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif menggunakan pendekatan etnopedagogi dengan teknik analisis dokumen terkait tradisi Kasada kemudian data disajikan dalam bentuk deskriptif naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Tengger menginterpretasikan konsep Tri Hita Karana dalam tradisi Kasada dengan mendalam, menghargai hubungan yang harmonis antara manusia, Tuhan, dan alam. Penerapan konsep Tri Hita Karana tercermin dalam setiap aspek persiapan dan pelaksanaan upacara Kasada. Masyarakat Tengger menunjukkan penghormatan kepada Tuhan, solidaritas dan kerjasama antara sesama manusia, serta penghargaan terhadap lingkungan dan alam melalui praktik-praktik upacara tersebut. Etnopedagogi memainkan peran penting dalam proses pendidikan informal pada masyarakat Tengger melalui tradisi Kasada. Nilai-nilai, norma-norma, dan pengetahuan lokal ditransmisikan dari generasi ke generasi melalui partisipasi dalam upacara ini, membentuk identitas budaya dan spiritual anak-anak dan remaja Tengger. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana tradisi Kasada di Gunung Bromo mencerminkan konsep Tri Hita Karana dan dampaknya terhadap pembelajaran, pendidikan, dan pembentukan identitas budaya masyarakat Tengger. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi pemahaman tentang hubungan antara tradisi keagamaan, nilai-nilai budaya, dan proses pembelajaran di masyarakat lokal.

Author Biographies

DUWI OKTAVIANA

STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja

I GUSTI AYU SUASTHI

Fakultas Pendidikan, Universitas Hindu Indonesia

References

Astutik, J. (2003). Makna Ritual Upacara Kasada dalam Perspektif Antropologi, dalam Agama Tradisional. Yogyakarta: Lkis.
Febriani, R., & Riyanto, E. D. (2021). Upacara Adat Tengger di Ambang Komodifikasi: Merawat Tradisi dari Ancaman Desakralisasi. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 23(2), 148-156. https://katadata.co.id/berita/daerah/6329c132e94ab/menyelami-sejarah-tradisi-kasada-suku-tengger
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5652585/upacara-kasada-asal-tradisi-hingga-rangkaian-prosesinya
Oktaviana, D. (2021). Eksistensi Umat Hindu Suku Tengger di Era Modern. Proseding Mistisisme Nusantara Brahma Widya.
Rahmawati, E., & Suseno, B. (2021). Tradisi masyarakat Tengger Bromo sebagai salah satu aset wisata budaya Indonesia. Jurnal Nusantara, 4(1), 1-15.
Ratih, E. K., & Juwariyah, A. (2020). Konstruksi Sosial Upacara Adat Karo Suku Tengger di Desa Tosari, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Jurnal Analisa Sosiologi, 9(2).
Riyanto, Edi Dwi, and Rahmi Febriani. "Upacara Adat Tengger di Ambang Komodifikasi: Merawat Tradisi dari Ancaman Desakralisasi. "JANTRO, Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya 23.2 (2021).
Sutarto, A. (2009). Sastra Lisan Tengger Pilar Utama Pemertahanan Tradisi Tengger. ATAVISME, 12(1), 9-
Published
2024-04-28