PENINGKATAN DISIPLIN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA 2023

  • I Ketut Winantra
Keywords: Peningkatan, Disiplin, Mengajar

Abstract

Abstrak

Perubahan kurikiulum membuat banyak sisi pembelajaran yang dirubah sesuai dengan kebutuhan dan perkembanagan saat ini. Adanya daya dukung dari semua pihak dalam mengembangkan pendidikan kea rah yang lebih baik. Termasuk didalamnya guru sebangai pendidik dan pengakar pada satuan sekolah. Perlunya dilakukan peningkatan disiplin guru dalam pembelajaran agama hindu pada penerapan kurikulum merdeka belajar. Metode Kualitatif interpretative. Adanya model peningkatan disiplin yang harus diakukan dan ditingkatkan dalam mengajar untuk guru pendidikan agama hindu pada penerapan kurikulum merdeka belajar, dengan pendekatan karakter Pancasila. Menemukan metode peningkatan disiplin dalam pembelajaran pendidikan agama hindu untuk pencapain kurikulum merdeka belajar 2023

References

DAMANIK, D. (2023). MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU MATA PELAJARAN PADA PROSES MENGAJAR MELALUI PROGRAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMAN 1 PSEKSU KABUPATEN LAHAT. MANAJERIAL?: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.51878/manajerial.v3i2.2327
Muchdarsyah Sinungun. 2009. Produktivitas Apa dan Bagaimana, Jakarta : Bumi Aksara)
E. Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung : Remaja Rosdakarya. hlm. 37
Mertari, K. S. (2021). Upaya Peningkatan Kedisiplinan dan Kualitas Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 melalui Supervisi Akademik di SD. Journal of Education Action Research, 5(4). https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39063
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno. 2007.Srategi Belajar Mengajar, Bandung : Refika Aditama. hlm. 117-119
USMAN, U. (2022). UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN MENGAJAR GURU MELALUI PEMBERIAN PENGHARGAAN DAN HUKUMAN DI SMPN 19 KABUPATEN TEBO TAHUN AJARAN 2017/2018. MANAJERIAL?: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.51878/manajerial.v2i1.1070
Vebriani, N., Utomo, S., & Su’ad. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1). https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.32778
Published
2024-10-31