PENGEMBANGAN MEDIA AJAR TEATER MINI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PARTISIPASI SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI UPT SD NEGERI 067954 MEDAN
Abstract
Salah satu tujuan utama pendidikan adalah meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Namun dalam praktiknya, pembelajaran agama Hindu sering kali menghadapi tantangan dalam menarik minat belajar siswa. Banyak siswa yang merasa bosan atau kurang termotivasi saat belajar agama Hindu karena pembelajaran cenderung bersifat monoton dan konvensional, menggunakan metode ceramah dan membaca buku yang terlalu berfokus pada pendekatan verbal. Hal ini berdampak pada kurangnya partisipasi aktif siswa, terutama dalam memahami konsep-konsep yang abstrak dan kompleks.
Penggunaan media visual dan naratif dalam pembelajaran merupakan salah satu pendekatan yang telah terbukti efektif dalam membantu siswa memahami materi secara lebih mendalam. Media visual yang dignakan dalam upaya meningkatkan minat dan partisiapsi siswa dalam pembelajaran adalah teater mini yang menggunakan bahan-bahan daur ulang dan bersifat fleksibel sesuai dengan tema yang dipelajari.
Metode yang digunakan penulis adalah metode kualitatif deskripsi dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, survey dan wawancara yang dilakukan pada siswa kelas 4 UPT SD Negeri 067954 Medan dan menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang memiliki 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan minat dan partisipasi aktif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Selain itu penggunaan teater mini juga memiliki manfaat lain diantaranya adalah memberikan ruang bagi siswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam hal story telling atau bercerita sekaligus memperdalam pemahaman mereka terhadap nilai-nilai agama.
References
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwipayana, I. M. (2018). Pendidikan Agama Hindu Berbasis Karakter. Denpasar: Pustaka Bali Post.
Hamzah, B. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodologis dan Filosofis. Bandung: Pustaka Setia.
Koentjaraningrat. (2002). Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Manuaba, I. M. G. (2014). Pengantar Teologi Hindu. Denpasar: Widya Dharma.
Mukti, P. (2010). Media Pembelajaran dalam Pendidikan Agama. Yogyakarta: Kanisius.
Nurhayati, T. (2018). Media Pembelajaran Inovatif untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Deepublish.
Rai, I. W. (2011). Dharma dan Kehidupan: Panduan Hidup Umat Hindu. Denpasar: Widya Dharma.
Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sedyawati, E. (2013). Citra Hindu dalam Budaya Indonesia. Yogyakarta: LKiS.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suamba, I. K. (2005). Veda Sabda Suci Hindu: Sebuah Tinjauan Filsafat dan Agama. Jakarta: Paramita.
Sudharta, T. (2007). Pengantar Agama Hindu. Surabaya: Paramita.
Sudjana, N. (2005). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tim Penyusun. (2016). Pembelajaran Agama Hindu untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Erlangga.
Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiana, I. B. (2004). Keunikan Ajaran Hindu. Denpasar: Pustaka Manikgeni.
Yasa, I. N. (2010). Upacara Agama Hindu di Bali. Denpasar: Udayana University Press.
Zulfirman, Rony. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, Vol 3 ,No 2 hal 147-153